Tamparan Inspirasi Bisnis: "Baru Pertama Kali Berbisnis? Mulai deh dengan Dagang Barang!"

Slap!

Halo teman-teman, lama banget ya gw nggak bikin postingan. Di tulisan sekarang, gw pengen cerita tentang sesuatu yang “menampar” gw banget. Tulisan ini bakal cukup panjang, tapi kalo nggak mau baca panjang-panjang, inti tulisan ini tuh gini: kalau teman-teman mau belajar buka usaha/bisnis, mulai deh dengan dagang barang!

Jadi, hari Minggu, 18 Maret 2012 yang lalu, gw dan istri gw @momopururu berkunjung ke rumah dua orang pebisnis. Pertama ke rumah pemilik usaha penjualan cloth diaper (clodi), popok diapers yang bisa dicuci. Kedua, ke rumah sahabat gw @sidicx & @lenidisini yang baru melahirkan putri pertama mereka. Mereka punya bisnis jualan macem-macem cemilan dengan bendera Sobat Ngemil.

Dari dua tempat itu, mendengar cerita bisnis mereka, gw mendapatkan inspirasi bisnis yang luar biasa, saking luar biasanya sampai gw merasa “tertampar”.

Intinya, bisnis mereka yang umurnya baru beberapa bulan aja udah bisa menghasilkan omset (dan keuntungan) yang besar, jauh lebih besar dari 3 bisnis yang pernah (dan sedang) gw miliki. Gw yang udah mulai bisnis dari 2006 (6 tahun!) kok ya belum bisa menyamai mereka, deket aja nggak..

Ternyata jawabannya simpel: mereka belajar bisnis dengan cara sederhana, yaitu berdagang. Gw (dan partner-partner gw dulu) belajar bisnis dengan cara yang rumit. Baca lebih lanjut

Iklan