#TantanganMenulis 1: Menulis tentang Diri Sendiri

Menulis

Saya amat percaya kita harus bisa dan rajin menulis. Setidaknya menulis untuk kita baca sendiri. Saya pernah menulis di blog ini tentang berbagai manfaat yang sudah saya rasakan sendiri dengan menulis.

Namun, kebanyakan dari kita nggak memulai-mulai menulis. Ada yang merasa tulisannya jelek, nggak pede untuk dibaca oleh orang lain. Bahkan ada yang nggak punya ide mau nulis apa! Hihi dulu pas dikasih peer mengarang sama guru Bahasa Indonesia ke mana emang?

Nggak tahu mau nulis apa adalah excuse atau alasan terbesar buat mereka yang nggak mau nulis. Padahal, hidup kita adalah sumber ide tulisan yang amat banyak! Kita hafal kehidupan kita sendiri, kita punya banyak cerita baik serunya masa kecil, malu-malunya masa remaja, sibuknya masa kuliah, dan sebagainya.

Dan bisa jadi, kisah kehidupan kita sendiri itu bisa jadi membawa manfaat besar sekali bagi orang lain. Misalnya, cerita istri saya saat ia mengasuh anak kami yang masih balita. Banyak ibu-ibu muda lainnya yang membaca tulisan-tulisan istri saya dan mendapatkan inspirasi untuk diterapkan ke anak-anaknya.

Ya, bisa jadi kisah kehidupan kita akan bermanfaat bagi orang lain!

Oleh karena itu, lewat tulisan ini saya mau membuat sebuah tantangan bagi teman-teman semua pembaca blog saya. Tantangan ini rencananya akan saya adakan secara cukup rutin, dengan judul #TantanganMenulis.

Untuk #TantanganMenulis yang pertama kali ini, saya mau mendorong teman-teman menulis sesuatu di blog teman-teman dengan tema yang paling mudah: menulis tentang diri sendiri.

Ketentuan #TantanganMenulis 1:

  1. Tulis di blog masing-masing tentang tema pokoknya cerita dari diri teman-teman sendiri. Boleh pengalaman tak terlupakan, boleh inspirasi dari keluarga terdekat, pokoknya cerita tentang diri sendiri.
  2. Panjang tulisan bebas, gaya tulisan bebas.
  3. Kalau sudah selesai, email ke saya ilmanakbar@gmail.com dengan subject #TantanganMenulis 1.
  4. Tulisan teman-teman akan saya kumpulkan judul dan link-nya, kemudian saya promosikan lewat blogpost dan email (lumayan dapat pembaca!).
  5. Tapi seandainya teman-teman malu dibaca orang lain, berikan keterangan semacam “jangan dipromosikan lagi ya” supaya tidak saya sebarkan.
  6. Ditunggu tulisan dan linknya di email saya paling lama hari Jum’at ini, tanggal 13 Februari 2015.
  7. Sebagai kenang-kenangan, satu orang yang saya rasa menulisnya ‘dari hati’ akan saya berikan buku pertama saya, 101 Young CEO.

Ini bukan kompetisi, cuma seru-seruan aja, supaya lebih banyak lagi yang bisa merasakan seru dan manfaatnya menulis.

Jadi, ditunggu tulisannya, atau sebarkan sebanyak-banyaknya ya teman-teman!

Photo Credit: Hope For Gorilla via Compfight cc

13 pemikiran pada “#TantanganMenulis 1: Menulis tentang Diri Sendiri

  1. mas, boleh kunjungi blog ku gak?
    coba dikasih tanggapan tentang postan yang “Risalah Hidup” itu tentang diri sendiri, siapa tau ada koreksi yang bisa diperbaiki supaya tulisan saya bisa lebih baik. terimakasih lohh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s