Alhamdulillah, Terimakasih atas 2014 yang Menakjubkan. Selamat Datang 2015!

Sunrise 2015

Postingan terakhir di tahun 2014 ini saya awali dengan amat bersyukur. Alhamdulillah. 2014 adalah tahun terbaik dalam hidup saya sejauh ini.

Sekilas hidup saya beberapa tahun ke belakang, bagi saya tahun 2012 adalah salah satu masa paling down dalam hidup saya. Padahal saya dikaruniai anak tahun 2012 setelah menikah tahun sebelumnya. Ternyata saya amat sangat tidak mensyukuri nikmat rezeki yang Allah berikan, sehingga tahun itu Allah cabut rezeki berupa hidup yang lapang. Saat itu hidup saya terasa amaaat berat.

Tahun 2013 alhamdulillah adalah masa-masa diingatkan oleh Allah SWT untuk bersyukur, mendekat kepada-Nya, dan akhirnya bangkit kembali. Tahun 2014 ini adalah masa-masa saya sudah berjalan kembali menuju tujuan hidup saya.

Di postingan ini, saya akan menuliskan hal-hal yang saya amaaaaaat syukuri dalam kehidupan saya di tahun 2014.

 

Keluarga yang bahagia

Istri cantik dan solehah. Anak balita perempuan yang amat lucu dan menggemaskan. Tidak pernah ada hari yang tidak menyenangkan kalau dilewatkan bersama mereka 🙂

 

Menyelesaikan kuliah S2

Kehidupan kuliah pascasarjana yang dijalani sejak 2012 berjalan penuh drama, saya rasakan jadi beban yang beraaaat sekali. Tapi alhamdulillah mentor saya, rekan satu kelompok saya, dan keluarga saya mendukung saya untuk menyelesaikannya. Tidak sempurna seperti yang saya inginkan, tapi yang penting alhamdulillah kuliah S2 ini selesai juga. Maret 2014 selesai sidang dan urusan tesis, namun baru wisuda awal Desember 2014 ini.

Oh iya, saya belajar wirausaha kreatif di Institut Kesenian Jakarta, dengan gelar Magister Seni (M.Sn). Kenapa seni? Karena saya memang sangat passionate dengan dunia bisnis atau entrepreneurship. Saya juga passionate dengan dunia kreatif, khususnya dunia kepenulisan.

 

Lebih banyak silaturahmi dan bertemu orang secara personal

Saya adalah orang extrovert, yang menyerap energi dari orang lain di sekitar saya. Tahun 2012 menjadi tahun paling down dalam hidup saya karena saya tidak banyak bertemu dengan orang lain. Saya terlalu sibuk bekerja (juga euforia menjadi ayah baru kali ya), sehingga tidak meluangkan waktu untuk bertemu orang-orang lain dan menyerap energinya.

Tahun ini alhamdulillah saya dan istri mencoba menyambung kembali tali silaturahmi dengan sahabat lama dengan berkunjung ke rumah mereka, memenuhi berbagai undangan, maupun bertemu personal sambil ngopi-ngopi dengan beberapa teman lama dan baru. It works for me!

 

Aktif lagi networking di komunitas

Tahun 2014 juga menandakan tahun saya kembali aktif menyerap energi dan memperbesar jaringan pertemanan lewat komunitas dengan event networkingnya.

Saya sudah 2 kali ikut kopdar Social Media Strategist Club (SMSC), sebuah komunitas penggiat industri digital, hadir di Trainer Development Class komunitas Cerdas Mulia milik Arry Rahmawan, Content Marketing Meetup, TEDx Jakarta. Yang paling anyar, saya bergabung di komunitas Jamaah Online Shop, sebuah komunitas entrepreneur.

 

Menuju impian menjadi seorang digital marketing professional

Tahun 2014, saya dua kali berpindah perusahaan, semuanya semakin menguatkan saya menuju salah satu cara mencapai tujuan hidup saya: menjadi seorang profesional di bidang digital marketing.

April 2014 saya dipindahkan oleh direktur saya ke perusahaan lain yang masih satu grup dengan tempat kerja saya sebelumnya, sebuah agensi periklanan digital bernama Gopher Indonesia. Di sana saya belajar banyak sekali mengenai search engine marketing, bagaimana sebuah agensi/konsultan bekerja, bagaimana menangani klien, bagaimana membuat proposal dan report ke klien.

Oktober 2014 saya mengundurkan diri dari sana. Saya diajak bergabung di tim digital marketing dari salah satu startup paling hot di Indonesia, yaitu Traveloka. Di tempat baru ini semakin banyak hal yang saya pelajari secara mendalam, seperti search engine optimization, framework marketing untuk mencapai tujuan bisnis, analisis data, dan sebagainya.

 

Banyak belajar di bidang digital marketing

Selain ilmu digital marketing yang didapatkan sambil bekerja, tahun ini alhamdulillah saya cukup banyak menimba ilmu di training/workshop. Oleh Gopher, saya diikutkan (baca: dibayarin!) training mengenai Google AdWords dan mendapat sertifikasi di bidang tersebut. Saya juga secara otodidak banyak membaca materi-materi mendalam, juga ikut training & sertifikasi secara online atas inisiatif sendiri.

Berbagai training online yang saya ikuti: Moz untuk search engine optimization, Google Analytics Academy, QuickSprout untuk berbagai topik di digital marketing. Beberapa sertifikasi yang saya dapatkan tahun ini: Google AdWords, Google Analytics, dan Inbound Marketing.

 

Lebih sering berbagi/sharing sebagai pembicara

Alhamdulillah niatan saya untuk berbagi kebermanfaatan kepada orang lain semakin ke sini semakin dimudahkan. Dari yang paling sederhana dulu dimulai lewat blog, kemudian diberi kesempatan menulis buku, kemudian semakin banyak yang meminta saya untuk berbicara langsung. Tahun ini adalah tahun terbanyak saya diundang atau mengajukan diri menjadi pembicara dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Dari mengajar anak-anak SD di Kelas Inspirasi, sharing tentang optimasi SEO ke relawan website Ruang Belajar dari Indonesia Mengajar, berbagi tentang serunya berkarya lewat Internet ke anak-anak SMK Sumbangsih dan komunitas Buku untuk Papua, cerita tentang membangun personal branding di event Selasar.com, seminar Pharalistic Fakultas Farmasi UI, Kopdar Jamaah Online Shop, berbagi cara membangun digital campaign di pembekalan Jenius Lokal, serta yang paling berkesan adalah saat pertama kalinya saya ke Surabaya dan diundang berbagi inspirasi di Festival Big Heart Indonesia dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Lebih banyak lagi menulis di blog

Karena tahun ini adalah tahun yang menakjubkan dan penuh inspirasi, saya menemukan bahwa tahun ini saya menulis lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Tahun 2014 saya menulis total sekitar 55 postingan. Ditambah 18 postingan di blog I Love Digital Marketing (blog tempat saya menuliskan hasil belajar digital marketing), total tahun ini saya menulis sekitar 70 postingan! Alhamdulillah 🙂

Sepanjang tahun 2013 hanya 5. Tahun 2012 ada 35, tapi sebagian besarnya itu berbentuk gambar (sekarang saya menggunakan Tumblr untuk berbagi gambar atau hal-hal ringan).

Teko hanya menuangkan apa yang ada di dalamnya. Begitu pula manusia, hanya bisa menulis apa yang ada di kepalanya. Kalau kepalanya penuh inspirasi tulisan, banyak pula tulisan akan dibuat. Betul kan?

 

Rencana Tahun 2015?

Saya percaya dan insya Allah akan terus percaya dengan keajaiban berbagi kebaikan. Kita akan menuai apa yang kita tanam. Menanam kebaikan, menuai kebaikan. Nggak berharap balasan dari manusia, karena percayalah ada Allah SWT yang akan membalas semua kebaikan dengan sempurna (bahkan dari niat sudah berpahala!) .

Rencana saya di tahun 2015 adalah terus memperbanyak aktivitas berbagi. Antara lain:

  • Meluncurkan buku kedua. Saat ini masih dalam proses penulisan, do’akan bisa selesai di Januari 2015 ya naskahnya. Amiin.
  • Menseriuskan blog I Love Digital Marketing, blog seumur jagung milik saya yang berbagi hal-hal yang saya pelajari mengenai digital marketing. Saya sangat ingin membantu website, blog, atau toko online teman-teman  saya untuk mendapatkan traffic dan pelanggan.
  • Membangkitkan kembali anakUI.com, website komunitas mahasiswa Universitas Indonesia yang saya dirikan tahun 2007 lalu yang selama ini agak terlantar karena saya lebih fokus menghidup keluarga dulu. Dengan tim dan partner yang punya semangat yang sama, insya Allah di 2015 saya mau menjadikan anakUI.com semakin bermanfaat seperti visi awal didirikan.
  • Traveling keliling Indonesia, melihat sisi lain ciptaan Allah SWT.
  • Kalau diizinkan, ingin menambah jumlah anak lagi, memberi adik untuk anak pertama saya 🙂

Bagaimana dengan teman-teman? Kalau teman-teman sudah menulis refleksi akhir tahun dan resolusi awal tahun, silakan bagi lewat komentar atau reply email yaa.. Saya mau baca juga supaya bisa dido’akan rencana-rencananya.

Tuhan, terimakasih atas 2014 yang menakjubkan ini. Kami siap menyambut tahun yang baru dengan menjadi orang yang jauuuuh lebih baik dan bermanfaat lagi.

Selamat datang 2015!

Photo Credit: maggo28 via Compfight cc

Iklan

10 pemikiran pada “Alhamdulillah, Terimakasih atas 2014 yang Menakjubkan. Selamat Datang 2015!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s