Apa yang Kamu Lakukan di Waktu Luang dengan Ponsel Cerdasmu?

5127055942_c56a0f72c5_b

Siapa yang punya ponsel cerdas alias smartphone? Teman-teman yang membaca tulisan ini sebagian besar pasti punya ya.

Nah, hal-hal apa yang biasa kamu lakukan dalam waktu luangmu di smartphone kamu? Apakah itu hal produktif yang membuat diri kamu berkembang dan menjadi lebih baik?

Setiap hari saya berangkat dan pulang kerja menggunakan kereta Commuter Line. Di dalam kereta, tentu ada yang duduk, lebih banyak yang berdiri, seperti saya. Di posisi itu, saya bisa melihat dengan cukup leluasa apa yang dilakukan oleh penumpang lain dengan smartphone-nya.

Sebagian besar penumpang yang duduk mengakses hapenya, sebagian yang berdiri dengan pegangan yang enak bisa memegang handphone dengan satu atau tangannya.

Apa yang mereka lakukan?

Ada yang chatting, ada yang mengecek socmednya, ada yang mendengarkan lagu/radio, ada yang main game, ada yang baca-baca artikel, ada yang nonton film/video, ada yang baca situs berita, sekali dua kali saya menemukan ada yang baca Qur’an.

Buat saya sendiri, karena saya hobi baca, saya suka download ebook gratis yang saya baca dengan aplikasi Aldiko (Android only). Aplikasinya mudah banget untuk membaca buku, gratis pula.

Kalau tidak baca buku digital, saya baca artikel-artikel bagus yang telah saya temukan dan saya bookmark dalam aplikasi Pocket. Jadi artikel-artikel itu bisa dibaca kapan-kapan bahkan tanpa koneksi internet.

Saat sedang bosan membaca, saya membuka YouTube dan mencari video-video inspirasi dari TED. Buat yang belum tahu, TED adalah forum tempat para ahli di bidang mereka masing-masing sharing dalam bentuk presentasi. Banyak sekali ilmu, inspirasi, dan hal-hal baru yang bisa ditonton di sana. Energi positifnya kuat sekali setelah menonton video dari TED.

Kalau sedang punya inspirasi ide tulisan untuk ditaruh di blog, saya menulis. Saya biasa menulis di dalam aplikasi Evernote, karena mudah dan cepat untuk membuat catatan. Dalam perjalanan sekitar 45-60 menit ini, biasanya jadi satu tulisan draft. Di rumah tinggal dirapihkan lalu dipublish. Tulisan ini misalnya, saya draft dalam perjalanan.

Teman saya bahkan berhasil menerbitkan novelnya dari menulis di BlackBerry-nya sepanjang perjalanan di bis!

Saya juga gabung di beberapa komunitas lewat WhatsApp, komunitas yang juga saling menularkan inspirasi dan energi positif.

Tentu, saya juga sesekali main game, nonton musik di YouTube, atau membuka-buka social media.

Tapi dengan utamanya melakukan hal-hal di atas, saya merasa diri ini bisa memanfaatkan waktu dengan optimal. Yang utama, saya merasa sudah memanfaatkan potensi besar ponsel cerdas saya untuk mencerdaskan pemiliknya. Sayang dong punya handphone keren tapi nggak bikin kita makin keren dan bermanfaat?

Bahkan tukang mie ayam sederhana pun, bisa menulis TUJUH JUDUL BUKU! (bahkan jauh lebih banyak dari saya yang baru satu). Kuncinya ada di memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang bermanfaat.

Inilah cara saya mengisi waktu luang dengan smartphone saya, bagaimana dengan kamu? Share yaa..

Photo Credit: zilverbat. via Compfight cc

Iklan

5 pemikiran pada “Apa yang Kamu Lakukan di Waktu Luang dengan Ponsel Cerdasmu?

  1. high five for Evernote 🙂 tapi kalau saya kebanyakan dengerin lagu dan ngayal sambil liatin orang2 di sekitar ataaau malah kepo liatin orang yg lagi update status *kalau kebaca* hihihihi

    Suka

  2. Kalo gw:
    – Baca buku/paper
    – Blogging
    – Dengerin musik
    – Edit foto
    – Ngoprek server & coding sesekali (ha!)

    Next pengen belajar trading. Toh Metatrader ada di Android juga hehe

    Suka

    1. eh bisa coding di Android ya? apa nama appsnya?

      eh sekalian nanya, kalau view source di browser Android, bisa nggak sih? Chrome for Android kayanya nggak bisa deh ya?

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s