Saya Sudah Sharing di Kelas Cerdas Komunitas “Buku untuk Papua”, dan Saya Belajar Banyak Hal

Beserta Komunitas Buku untuk Papua

A great teacher begins with a good teacher – STKIP Surya

Selalu menyenangkan rasanya, bisa mengenal dan belajar dari orang-orang baru.

Perjalanan empat jam dari Pasar Minggu ke Serpong dengan Communiter Line & angkot menuju Gading Serpong, tepatnya di STKIP Surya, terbayar sudah.

Awalnya saya diminta untuk sharing di komunitas Buku untuk Papua, chapter Karawaci/Tangerang. Materi yang saya bawakan persis dengan apa yang saya bawakan di SMK Sumbangsih beberapa waktu lalu (dengan lebih banyak improvisasi tentu saja).

Saya berbagi mengenai Ayo Berkarya lewat Internet! Ini adalah kepercayaan saya, bahwa kita harus memanfaatkan Internet dengan menciptakan karya, dengan posting hal-hal bermanfaat. Ngeblog, membuat status bermanfaat (inspiratif, lucu, seru, dsb), membuat video YouTube, dan sebagainya. Mengapa? Karena kita harus menjadi manusia yang terbaik bagi manusia lainnya, menjadi bermakna lewat karya yang kita ciptakan.

Tapi pada akhirnya malah saya sendiri yang belajar banyak hal dari mereka:

Profesor Yohannes Surya, yang sukses membawa anak-anak Indonesia juara olimpiade sains dunia, memang bervisi besar untuk memajukan negeri ini. Ia mendirikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya untuk menciptakan guru-guru berkualitas yang akan menyebar ke seluruh penjuru tanah air dan mendidik anak-anak di seluruh Indonesia.

Mahasiswa yang belajar di STKIP Surya semuanya mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah (Pemda)-nya masing-masing. Mereka dibiayai untuk belajar dan tinggal di ibukota (well, Gading Serpong pinggir jakarta sih), untuk mengabdi selama beberapa tahun untuk mengajar setelah selesai masa studinya.

Di kelas kemarin, dari beberapa belas peserta, saya menemukan serunya keanekaragaman Indonesia di sana. Sebagian besar memang berasal dari tanah Papua, karena ini sharing untuk komunitas Buku untuk Papua.  Ada dari Kepulauan Yapen, ada dari Sorong, ada dari Puncak Jaya. Ada pula yang berasal dari Palembang, Kalimantan Tengah, juga Jakarta.

Dari anak-anak Papua ini, saya merasakan semangat belajar dan kepercayaan diri yang terpancar. Di sharing ini, saya yang memang interaktif bercerita sekaligus bertanya ke mereka, melihat bahwa mereka aktif memberi pendapat dan berdiskusi. Pertanyaan mereka pun bagus-bagus.

Mereka yang rata-rata angkatan baru (2014) ini baru sekitar 2-3 tahun ini menggunakan Internet, sejak mereka SMA. Aktivitas yang paling sering mereka lakukan itu adalah nge-Facebook dan Googling berita-berita unik. Makanya saya diminta panitia sharing tentang hal ini, untuk membukakan mata mereka bahwa banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan (dan berikan) saat kita berkarya lewat Internet.

Saya terkejut, bahwa ada beberapa orang di antara mereka yang suka ngeblog. Setelah sharing ini, insya Allah mereka akan lebih semangat untuk ngeblog lagi.

Sampai bertemu di sharing berikutnya lagi, kawan-kawan! 🙂

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Saya Sudah Sharing di Kelas Cerdas Komunitas “Buku untuk Papua”, dan Saya Belajar Banyak Hal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s