Tips Latihan Speaking & Listening Bahasa Inggris yang Mudah & Menyenangkan

2680057771_97ee6f348b

Kantor tempat saya kerja sekarang mengharuskan saya untuk sering berkomunikasi dengan bule dari New Zealand, lewat Skype calling. Fiuh, tak terbayang kalau saya masih belum pede untuk ngobrol dalam bahasa inggris aktif. Bisa-bisa saya kerjaan kantor nggak selesai.

Untunglah, seperti saya ceritakan di tulisan kemarin, sejak tahun 2009 kemarin, saya sudah pede untuk berkomunikasi dengan bule beneran. Walaupun demikian, saya terus latihan sendiri hingga saat ini, mengasah kemampuan speaking dan belajar bahasa inggris aktif saya.

Supaya bisa cas-cis-cus ngobrol bahasa inggris, belajarnya cuma dua hal: listening dan speaking. Dan cara belajarnya bisa sangat mengasyikkan kok, bahkan nggak harus bayar!

Pertama banget, belajar listening-nya dari US English dulu ya

Di antara semua english-speaking country, kalau mau belajar listening, sebaiknya belajarlah dari bule amerika.

Kenapa? Soalnya berdasarkan pengalaman saya dan banyak orang, bule amerika secara umum itu pelafalannya paling jelas dan gampang dimengerti. Juga, mereka kalo ngomong sering pake simple english yang dimengerti sama anak SD.

Kalau mau berinvestasi, kamu bisa ikut kursus yang punya kelas khusus percakapan.

Seperti lembaga bahasa inggris LIA yang punya conversation class. Keuntungannya, di sini biasanya ada bule beneran, sehingga kita bisa langsung praktek dengan mantap. Kekurangannya, ya harus bayar. Tapi bayar buat kursus ya hasilnya bakal kembali ke diri sendiri, investasi ilmu dong.

Kamu juga bisa menonton acara anak-anak atau mendengar lagu anak-anak.

Jelas mereka akan berbicara dengan simple english. Misalnya saja Barney and Friends, atau Blues Clues, atau Dora The Explorer, dsb. Channelnya Nickelodeon atau Disney Junior gitu deh coba cari.

Untuk belajar mendengarkan lagu, coba di YouTube cari aja dengan keyword nursery rhymes, nanti akan banyak sekali keluar video-video lagu anak-anak bule. *pengalaman nontonin video YouTube ke anak*

Tonton juga berbagai video berbahasa inggris yang menyediakan transkripnya.

Rekomendasi saya, ini video-video inspiratif yang bikin semangat: Steve Jobs’ 2005 Stanford Commencement Address atau Derek Siver

Coba tonton full tanpa membaca transkrip/subtitle-nya, lalu baca transkripnya kalau ada poin-poin yang terlewatkan.

Oh iya, pakai earphone/headphone akan lebih baik karena kamu akan lebih jelas mendengarnya.

Kupingnya sudah biasa mendengar percakapan bahasa inggris? Level kesulitan berikutnya adalah dengarkan percakapan orang bule beneran dalam film atau serial TV.

Sekali lagi, baiknya tonton film atau serial dari Amerika atau yang dimainkan aktor-aktor Amerika, demi kenyamanan dan membangun kepercayaan diri. Rekomendasi saya, bisa tonton serial TV populer seperti How I Met Your Mother.

Oh iya, buat belajar, film atau serial drama lebih baik ya. Kalau film action biasanya banyak adegan teriak-teriaknya, jadi apa yang mereka omongin ga kedengeran jelas :))

Mau level kesulitan lebih tinggi lagi? Coba dengarkan dan tebak lirik lagu-lagu bahasa Inggris!

Pastinya, pilih lagi yang pop, khususnya dengan tempo lambat. Jangan pilih lagu rock, apalagi hardcore atau metal 😛

Mulai dengan lagu-lagu favorit yang memang kamu sukai. Saya dulu mulai menebak lirik lagu bahasa Inggris dari lagu-lagu Westlife. Kalau masih belum pede dengarkan lagu-lagu bahasa Inggris, dengerin aja lagu anak-anak nursery rhymes itu.

Terakhir, kamu bisa praktek dengan ngobrol langsung dengan tenganmu. Role play istilahnya

Percuma bisa denger bahasa Inggris tapi tidak pede mengucapkannya. Kamu harus latihan ngobrol bahasa inggris supaya pede.

Kamu bisa bikin program english day, misalnya dalam satu hari, itulah hari kamu dan teman-teman (satu kosan, satu organisasi, atau sekeluarga), saling berbicara dalam bahasa inggris. Cobain, seru deh! Atau kalau di kampus ada kegiatan mahasiswa seperti english club atau debat bahasa inggris, ikut saja!

Belajar bahasa Inggris itu nggak susah, bener deh. Walaupun butuh waktu sangat lama, hampir 15 tahun, dari SD hingga kuliah tingkat akhir, untuk bisa pede berkomunikasi dalam bahasa inggris aktif, Alhamdulillah saya bisa juga.

Mulailah dari mental mau belajar dan berkembang, lalu lanjutkan dengan latihan menyenangkan tanpa putus seperti tertulis di atas, insya Allah kita akan bisa bahasa inggris dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Let’s practice speaking english!

Photo Credit: e³°°° via Compfight cc

Iklan

7 pemikiran pada “Tips Latihan Speaking & Listening Bahasa Inggris yang Mudah & Menyenangkan

    1. oh ya saya mau tanya, berapa lama ka menonton nursery rhymes dan program anak2 dan selain menonton apa yang dilakukan kaka selama masih di tahap menonton nursery ryhmes dan program anak2 lainnya?

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s