E-Book Gratis: Mau Masuk Jurusan Apa Saat Kuliah? (Sebarkan ke Anak-anak SMA!)

kau tahu..

Sejak SMA, ehm, lebih 10 tahun lalu, ehm, saya sudah berminat dengan dunia teknologi, khususnya komputer dan Internet. Saat SMA dulu saya otodidak belajar bahasa pemrograman HTML. Karena saya sudah tahu minat saya ini, saya mantap memilih jurusan komputer selepas SMA.

Saya mencari-cari sendiri, kampus mana yang punya jurusan itu. Saya ingat, saya pernah ngeprint halaman jurusan Teknik Informatika dari website ITB serta Ilmu Komputer UI, karena itu dua perguruan tinggi dengan jurusan komputer yang katanya oke punya se-Indonesia. Tapi saya juga memiliki brosur fakultas TI-nya Binus University, dengan beberapa jurusannya. Semua kertas itu saya masukkan ke dalam binder file, sehingga setiap kali membuka binder, saya selalu melihat semua kampus dengan program komputer itu. Saya pun jadi sangat paham seperti apa kurikulum perkuliahan yang akan saya jalani kelak. Singkat kata, alhamdulillah saya diterima di Ilmu Komputer UI tahun 2005. Sejak masuk, lulus kuliah tahun 2009, hingga sekarang bekerja, saya sangat bersyukur tidak salah pilih jurusan.

Dari cerita ini, terlihat jelas bahwa saat saya SMA, saya sudah tahu apa minat saya, nanti saya mau jadi apa, saya tahu jurusan apa yang mendukung saya mau jadi apa, dan saya sudah mencari-cari di mana kampus dengan jurusan itu.

Tapi masalahnya, banyak juga di antara anak-anak SMA sekarang (dari dulu sih), yang belum tahu di mana dia akan kuliah. Yang mencari-cari jati diri seperti ini umumnya akan menerima saja pilihan jurusan dari ayah-ibu-om-tante-pokoknya yang lebih tua, tentang jurusan yang prospek lulusannya paling bagus. Padahal jurusan itu belum tentu cocok dengan dirinya. Banyak cerita, dia yang sudah diterima kuliah negeri di jurusan X, akhirnya pindah kampus, atau stres berat saat kuliah, atau cuti tidak masuk-masuk lagi, bahkan DO.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada sahabat saya, adik kelas di kampus dulu, yang membuat sebuah e-book yang mengumpulkan penjelasan berbagai jurusan yang umum ada di kampus-kampus.

Sahabat saya ini, namanya Mesa Rahmi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia angkatan 2006, pernah menjadi Pengajar Muda. Tahu Pengajar Muda? Itu loh, program dari Gerakan Indonesia Mengajar-nya Anies Baswedan, yang mengirim lulusan-lulusan terbaik universitas untuk menjadi guru SD selama 1 tahun di daerah terpencil di Indonesia.

E-book penjelasan jurusan ini tidak sembarang penjelasan lho, tapi dari masing-masing alumni jurusan tersebut yang tentu udah pernah mengalami susah senangnya jurusan itu. Mesa mengompilasi jawaban dari berbagai Pengajar Muda yang memang berasal dari berbagai kampus. Karena mereka adalah orang-orang terpilih, penjelasan dari mereka seru untuk dibaca lho!

Kalau kamu sudah SMA, mohon share tulisan ini atau forward ke adik/sepupu atau anak-anak SMA lain yang kamu tahu dia lagi bingung mau ngambil kuliah di mana. Mudah-mudahan dengan membaca e-book ini, adik-adik kita di SMA bisa memilih jurusan yang terbaik dan yang paling sesuai dengan dirinya. Sehingga ia tidak perlu lagi dipaksa oleh orang yang lebih tua dan menyesal karena salah jurusan di kemudian hari.

[button link=”https://ilmanakbar.files.wordpress.com/2014/04/mau-kemana.pdf” size=”large” style=”download” color=”red”]Download E-Book: Mau Kemana?[/button]

atau

download di sini jika tombol di atas tidak tampil dengan baik

Photo Credit: rainboWaves via Compfight cc

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s