Wawancara dengan @FazaMeonk (Komikus @JukiHoki) tentang Kampanye #BeraniBeda Si Juki

Adakah teman-teman di sini yang belum tahu tentang tokoh fiksional bernama Si Juki?

si Juki

Sekilas untuk yang belum tahu, Si Juki ini adalah tokoh yang dikenal sebagai orang yang anti mainstream. Dia akrab hadir lewat komik strip di Facebooknya, juga lewat status-status Twitternya, cerita di blognya SiJuki.com, sempat muncul di Malesbanget.com & Liputan9, komik yang bisa dibaca online di Ngomik.com, dan bahkan ada bukunya di toko-toko buku.

Nah, saking anti mainstream-nya, si tokoh fiksi ini mencalonkan diri sebagai Presiden RI 2014, dengan kampanyenya dengan tagline #BeraniBeda. Coba masuk dulu dan lihat websitenya beranibeda.com, lalu kembali baca lagi tulisan ini.

Si Juki Berani Beda

Sudah lihat websitenya? Gimana tanggapan teman-teman? Gokil kan, tokoh kartun punya website pencalonan yang JAUH LEBIH KEREN & NGENA dibandingin kampanye calon presiden dan anggota DPR beneran?

Secara pribadi, saya merekomendasikan teman-teman untuk mulai saat ini mengikuti Si Juki. Selain untuk alasan hiburan, Si Juki yang anti mainstream ini menurut saya udah masuk level menginspirasi. Kampanye #BeraniBeda ini contohnya, secara halus menegur dan mengingatkan kita untuk tidak mau ikut-ikutan hal salah yang dilakukan oleh banyak orang.

Saya jadi penasaran banget dengan Si Juki. Saya pun menghubungi sang kreator, yang dikenal dengan nama Faza Meonk (@FazaMeonk) lewat Facebook untuk berbicara lebih lanjut mengenai SI Juki dan kampanye #BeraniBeda-nya.

Ini dia wawancara saya dengan Faza sang pencipta tokoh Juki.

1. Apa latar belakang pembuatan kampanye #BeraniBeda Si Juki ini? Apakah karena Juki merasa bahwa pencitraannya sudah sukses, lebih-lebih lagi setelah magang kemarin di Liputan 9 & MBDC, jadi Juki merasa pantas untuk maju sebagai capres?

Atau… Jangan-jangan ada partai tertentu yang mendukung di belakang Juki? *Mata Najwa*

Latar belakang kampanye #BeraniBeda ini sebenarnya merupakan bentuk sindiran kami (tim sukses Juki) terhadap negara ini yang sempat kami anggap sebagai negara autopilot. Di negara yang autopilot ini, kami yakin karakter fiksi juga bisa memimpin.

Selain itu kami juga ingin memberi pilihan capres alternatif bagi orang-orang yang masih bingung atau masih belum merasa dapat pilihan yang oke.

Peluncuran website beranibeda(dot)com ini baru awal. Ke depannya akan ada kejutan-kejutan baru. Karena kami tidak ingin terlihat main-main, kami serius memajukan Juki sebagai capres independen.

Seperti capres-capres lainnya yang punya media massa, Juki juga didukung beberapa media, salah satunya Liputan 9.

Tenang aja, kami tidak ada dukungan dari partai tertentu. murni ngesarkas. Hehe

Si Juki Magang di Liputan 9

2. Sebagai *uhuk* penggemar Juki *uhuk*, saya memang sudah penasaran dengan teaser #BeraniBeda. Eh saya surprise banget eksekusi kampanye-nya keren begini, jauh lebih keren dari kampanye calon presiden yang lain.

Mengapa membuat konsep dan eksekusi #BeraniBeda dalam bentuk kampanye pilpres begini? Apa karena momen 2014 saja atau ada alasan lain?

Selain karena alasan di nomor 1, kita mau iseng aja ngasih liat bahwa kampanye itu bisa nggak harus mahal, nggak harus nempel poster di pohon, di sudut-sudut jalan.

Harapannya semoga kampanye ini bisa menginspirasi para caleg/capres di masa mendatang agar lebih kreatif lagi dalam mengemas kampanye nya.

Ya, momen 2014 ini pastinya ga akan kita sia-siakan. intinya masih banyak kejutan2 berikutnya utk campaign #beranibeda ini

Stay tune!😉

3. Apa sih tujuan yang ingin mas Faza sebagai komikus capai dari kampanye #BeraniBeda khususnya dan karakter Si Juki umumnya? Apakah ingin supaya anak2 muda Indonesia melek & sadar akan hak politiknya? Atau agar mereka jadi generasi yang lebih baik lagi karena terinspirasi Si Juki? Atau ada lg yang lain?

Sebagai komikus, dengan kampanye #BeraniBeda ini saya mau karakter Juki makin dikenal oleh masyarakat.

Selain itu #BeraniBeda juga mengajak anak-anak muda zaman sekarang semangat untuk percaya diri, menjadi diri sendiri serta kreatif + inovatif. Harapannya gerakan ini tidak hanya jadi gerakan semata, tapi bisa mengispirasi anak-anak muda.

Selain itu, saya pengen anak muda lebih melek dan peduli akan politik.

4. Sekarang yuk ngobrol tentang industri komik. Secara bisnis, bagaimana sih cara komikus-komikus mendapat pemasukan dari karakternya? Yang terlihat jelas itu iklan sponsor di komik strip dan buku kalau diterbitkan. Apa lagi?

Sebenernya sekarang udah bukan zamannya lagi jadi komikus saja. Saya lebih memposisikan diri sebagai kreator IP (intelectual property)

Dalam hal ini saya melakukan branding karakter fiksi, Si Juki. Juki saya anggap sebagai publik figur yang bisa berkomunikasi dengan masyarakat lewat media komik, sosial media, web, video, dll

Dalam usaha mempopulerkan karakter lokal kayak Juki ini hitungannya investasi jangka panjang sih. Namun sambil mengembangkannya, pemasukan untuk kami di antara lain, dari buku yang diterbitkan, advertiser (sponsor) (untuk brand-brand besar nggak cuma asal nempel banner di komik strip, biasanya kami menawarkan pakai campaign untuk produknya), lalu dari penjualan merchandise.

Ke depannya kami juga sedang menyiapkan cara-cara memonetize yang baru, semoga bisa diterapkan.

intinya jadi kreator zaman sekarang harus fleksibel dan kreatif agar dapat bertahan hidup🙂

5. Bagaimana dengan jualan merchandise? Seberapa banyak merchandise Juki terjual selama ini? Gampang lakunya nggak sih jualan merchandise itu? Apakah jumlah likes/followers banyak menjamin sebuah karakter komik akan laku merchandise-nya, atau ada lagi syarat suksesnya?

Seberapa banyak, datanya ada di tim merchandise sih. Tapi sejauh ini yang paling cepat lakunya merchandise seperti kaos. Dan jumlah likers/followers yang banyak tentunya membantu akan terjualnya merchandise.

Selain jualan online kami juga suka buka stand di pameran-pameran / event offline.

Yang pasti merchandise harus unik dari segi konten dan formnya😀

Merchandise Juki

6. Terakhir, apa masukan dari mas Faza bagi para komikus/kreator muda yang ingin mengikuti atau bahkan melampaui jejak kesuksesan Si Juki?

Sekarang zamannya kita sebagai kreator IP. Komik, animasi, game, merchandise dll hanyalah produk/media yang digunakan untuk berkomunikasi. Yuk mulai melek dan bangun IP kita.

Yang perlu digarisbawahi, zaman berputar makin cepat, teknologi terus berkembang. Sebagai kreator kudu bisa beradaptasi dan cepat tanggap atas perubahan. Peduli dengan lingkungan sekitar, dan perluas networking dengan rekan-rekan di bidang apapun.

Pokoknya terus berinovasi secara kreatif deh.🙂

7. Terakhir banget, terimakasih sekali sudah merilis nama lengkap Juki. Seharusnya sih kita bisa nebak dengan jelas, cuma kok saya tetep aja surprise begitu baca nama lengkap di riwayat hidupnya hahaha.

Haha mainstream banget ya namanya :))

Siapp makasih dukungannya

Yak, itu hasil wawancara dengan Faza Meonk sang kreator Si Juki.

Saya sih terinspirasi sekali, dan sangat menunggu kejutan-kejutan berikutnya dari Si Juki. Bagaimana dengan kamu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s