Ide & Peluang Bisnis Mahasiswa

Lemonade
Ngejual minuman ringan bisa jadi bisnis mahasiswa ya..

Tanggal 11 April 2012 yang lalu, gw membagi hasil #BelajarBisnis lewat Twitter @ilmanakbar gw membagi beberapa ide dan peluang usaha/bisnis sederhana yang bisa dimulai oleh mahasiswa.

Mari simak sharing Twitnya 😉

saat gw udah lulus kuliah gini, jadi nyesel dulu pas kuliah kenapa ga nyobain banyak bisnis ya. padahal, banyak ide #bisnismhsw yg bs dijalanin

jadi, topik #belajarbisnis malem ini tentang #bisnismhsw, yaitu ide-ide bisnis sederhana yg bs dijalanin saat kuliah, lumayan, nambah-nambah jajan 😀

#bisnismhsw 1. jualan kaos-kaos, bisa kaos unik, kaos bola, dsb. beli kaos di tanah abang/Bandung, misalnya 30ribu, jual aja 50ribu. dari 10 kaos, dapet untung 200rb!

#bisnismhsw 2. jualan pernak-pernik khas kampus kaya kaos, gantungan kunci, pin, dsb. jual waktu ada open house kampus. anak-anak SMA pd beli!

#bisnismhsw 3. fotokopi buku teks kuliah. dari segi legalitas emang masih abu-abu, tapi tetep ini peluang bisnis oke di setiap awal semester

#bisnismhsw 4. jual nasi dalam bungkus/kotak, ambil pesanan dari temen-temen yang males turun ke kantin atau masih sibuk belajar/ngerjain tugas

oh iya, ide-ide #bisnismhsw ini bisa dipake buat jadi seksi Danus (dana usaha) di kepanitiaan-kepanitiaan. dulu berasa susahnya nyari duit bwt acara 😀

#bisnismhsw 5. ikutan bisnis Oriflame, yg modalnya cuma 39.900 > http://bit.ly/HJBkQ5

#bisnismhsw 6. jualan kripik/makanan ringan. cari distributor biar dapet harga murah, trus jual-jualin keliling di kelas atau tawarin lewat social media

#bisnismhsw 7. ngoordinir bikin jaket angkatan!

#bisnismhsw 8. makelarin guru privat.. cari orangtua-orangtua yg anaknya butuh guru privat, cari temen-temen yg mau ngajar (banyak lho!), dapet komisi deh

#bisnismhsw 9. jualan pulsa. tapi hati-hati sama yg suka ngutang! banyak temen saya bisnis jualan pulsanya berenti karena banyak yang ngutang

#bisnismhsw 10. jualan online, entah lewat Kaskus, FB, BBM, Multiply, dsb. yang dijual bisa macem2: baju, sepatu, snack, buku, dsb.

apalagi ya, potensi bisnis buat temen-temen yg msh kuliah? sharing yaa, temen-temen yang kuliah punya bisnis apa?

NB: tadinya gw pengen menjabarkan kultwit gw menjadi artikel panjang kaya gini, tapi nggak sempet-sempet, ya udah deh jadi kopi paste twit-twit gw aja hehe..

Iklan

6 pemikiran pada “Ide & Peluang Bisnis Mahasiswa

  1. Ngoordinir jaket/kaos angkatan dan jualan pulsa di mahasiswa itu menurut saya beresiko kak. Dan saya kapok karena banyak yang gak bayar saat kaos sudah jadi. Untungnya masih impas, belum rugi.

    Suka

  2. Waaah saya jd inget wkt kuliah tinggkat 2 di ui, pas baru mask semester 3, saya dengan temen saya ncan (banibacan.wordpress.com) bisnis kecil2an dengan jualan keperluan asrama. Jd kita wkt itu ikut kepanitian penyambutan maba di asrama, kebetulan kami jd humas, so, kita punya database temen2 maba asarama dund, eh lgsg aj kita promo lwt sms ketemen2 maba. Dri jualan magic com mpe gayung kita jual coba hahahah. Tapi ini emang seru jualan pas jaman kuliah. Dan uangnya lumayan bgt. Saya juga pernah jualan kamus, flashdisk, picok lampung dll, ketemen2 kuliah dan dosen yg ngajar saya. Mgkn bbrp yg sebutin lumayan buat jd salah satu alternatif mulai bisnis kecil2an tuk temen2 mahasiswa. Apalagi buat maba, banyaaaaaak bgt gan peluangnya. Oya salam kenal mas ilman

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s