Apa Sih yang Sedang Dikerjakan di 2012 Ini?

Udah lama nggak ngupdate kabar apa yang sedang gw lakukan sekarang ya.. Sekarang gw ceritain aah, apa yang sedang gw kerjakan, dalam hal kehidupan bisnis dan profesional gw..

Ada empat hal yang sedang gw kerjakan saat ini.

Pertama, gw sekarang ngantor, tepatnya di IDS | International Design School. IDS adalah sekolah & tempat kursus di bidang visual kreatif, seperti desain grafis, animasi, multimedia, dan sebagainya.

01 (100)
Oh tidak, kantor saya tidak seperti ini. Orang kreatif mah nggak ada yang pake dasi 😀

Tugas gw di sini adalah menciptakan, menjual, dan mengembangkan program kursus/sekolah di bidang bisnis. Karena ini program baru, gw harus nyari pasarnya dan ngejual ke mereka. Jadi, meskipun status gw tidak lagi full-time entrepreneur seperti di akhir 2009, gw masih terus berbisnis, alias intrapreneurship.

Jadi, meskipun capek juga rasanya tiap hari ngantor, gw enjoy banget karena kerjaan gw di sana ya passion gw, terus gw belajar banyak buanget dari ngantor begini. Banyak pola pikir gw yang nggak positif dari saat kuliah maupun saat bikin bisnis sendiri dulu yang berubah 😉

Kedua, sekarang gw kuliah lagi, S2 di bidang Bisnis Kreatif, program yang diselenggarakan kantor gw bersama Institut Kesenian Jakarta. Gw kerja Senin – Jum’at, jadi Sabtu kuliah.

Jangan heran ya, kalo hampir tiap Sabtu gw ngetwit dengan hashtag #S2BisnisKreatif. Artinya gw lagi kuliah, huehehe..

Di sini, mahasiswanya harus bikin bisnis (dalam kelompok), dan bisnisnya harus beneran diluncurkan selama kuliah. Soalnya, bahan tesis adalah tentang bisnis kita masing-masing. Jadi selese S2 Bisnis Kreatif ini, ada bisnis baru yang gw punya, insya Allah..

Sen. Joyce Elliott lectures
Temen-temen kuliah gw juga nggak bule-bule kaya gini sih sebenernya

Cerita gw kuliah di sini cukup unik. Awalnya karena setelah Univind bubar, gw menikah, gw mau jalan bisnis sendirian aja. Ngurusin anakUI.com dan bikin bisnis lainnya.

Tapi akhirnya gw jadi self-employee aja, nggak sampai jadi pengusaha beneran. Kerjaan gw itu nge-freelance nulis di Detik, di Penn-Olson (sekarang gw udah resign dari sana), juga sesekali ngisi training, dan ngerjain proyek website.

Jalan beberapa bulan, istri tercinta ngingetin gw, kalo gw itu stuck, nggak berkembang. Gw pun mengakui kalo dalam beberapa bulan setelah nikah itu, gw nggak berkembang.

Nggak ada karya baru yang gw hasilkan, ilmu yang nambah nggak signifikan, bisnis nggak berkembang, apalagi dari sisi finansial keluarga yang tidak nambah-nambah 😛

Kemudian Isti ngedorong buat kuliah lagi, yaitu kuliah bisnis. Sempet nyari-nyari peluang beasiswa kuliah di luar, gw pun direkomendasiin lagi dengan program S2 Bisnis Kreatifnya IDS – IKJ. Kenapa “lagi”? Karena tahun lalunya gw dikenalin dengan program ini, tapi masih belum tertarik.

Gw pun main ke IDS buat nanya-nanya lebih jauh tentang program ini. Tanpa disangka, gw malah diajakin  mas @AdezAulia buat gabung kerja di IDS, menjadi anggota timnya. Kebeneran, gw udah kenal mas Adez dan beberapa orang lain di IDS lebih dari setahun.

Jadilah, gw kuliah di IDS sesuai dengan keinginan gw mengembangkan diri, nambahin jaringan, & belajar bisnis, plus kerja full-time di IDS untuk dapet ilmu bisnis tambahan dari mas Adez & IDS.

Ketiga, gw masih ngejalanin anakUI.com. Sekarang semua peluang bisnis yang bisa disamber, gw samber buat anakUI.com.

Kopi Darat anakUI.com
ini anakUI.com waktu kopi darat di bulan puasa 2011 kemarin

anakUI.com punya massa, 18ribu lebih follower twitter, 7ribu member website, serta traffic ke website yang mencapai 1.500 visits per hari.

Jadi bagi pengusaha yang ingin berpartner dengan anakUI.com untuk menjangkau anak-anak UI, silakan banget, ntar kita revenue sharing..

Keempat, gw ngerintis bisnis Oriflame bareng istri gw.. Tahu Oriflame kan ya? Ini tuh merek dari Swedia, untuk berbagai produk perawatan tubuh, dari kosmetik, lotion, sabun, sampo, parfum, sampai minuman diet..

Terus apa bisnisnya? Oriflame itu adalah MLM, jadi gw sekarang menjalankan bisnis MLM alias network marketing.

Loh, MLM kan penipuan? MLM kan cuma nguntungin orang yang masuk duluan? MLM kan haram? MLM kan citranya jelek? Pasti ada temen-temen yang mikir begitu. Soalnya gw juga mikir gitu sebelum gabung Oriflame.

Gw udah ngebedah sistem bisnisnya Oriflame, ngebandingin dengan sistem piramida bertingkat, ngelakuin evaluasi buat ngecek sebuah MLM beneran bisnis atau cuma money game, juga  ngebandingin dengan fatwa ulama mengenai MLM.

Kesimpulannya, MLM yang jelek, yang penipuan, yang nguntungin cuma yg masuk duluan, yang haram, itu tergantung sistem bisnis & produknya. Masih ada kok MLM yang beneran bisnis, halal, legal, seperti Oriflame yang gw dan istri sedang merintis ini.

Insya Allah, tanpa keraguan, gw bilang sistem bisnisnya Oriflame ini masuk akal, fair, halal, dan menguntungkan, asal kita emang mau berusaha keras. Gw gabung di jaringan bisnis BossFamily alias BossLuarBiasa.

peluang bisnis kecil

Lebih detail tentang Oriflame insya Allah ada di postingan berikutnya yaa..

Yapp, sekian dulu update cerita tentang lagi ngapain gw sekarang.. Gw harus bikin posting ini supaya jadi catatan perjalanan naik-turunnya hidup gw dan bisnis gw 🙂

Semangat, mari kita terus #BelajarBisnis!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s