SEAGamesnya udah selese kapan tahu, masih ada aja iklannya di tengah jalan


Diambil siang ini di bawah jembatan penyeberangan Pasar Festival, Kuningan,
Jaksel

Iklan

Sekarang sih emang ada sop iga sapi, kalo ntar?


Kalo dulu, emangnya ga ada sop iga sapinya?

Diambil di restoran padang di deket Rumah Sakit Islam Jakarta, Cempaka Putih

Apa Tindakan Kecilmu untuk Membuat Dunia Lebih Baik?

Gw percaya, dan akan selalu percaya bahwa perubahan besar akan terjadi dari perubahan-perubahan kecil.

Terjadi secara bertahap, iya, pastinya. Tapi poin pentingnya, perubahan itu dapat dilakukan oleh siapapun.

Hal kecil yang kita lakukan, apabila dilakukan bersama-sama secara konsisten, dilakukan di berbagai tempat, di lingkungan kita sendiri, nantinya akan menciptakan perubahan dalam lingkup yang lebih besar. I have a faith of that.

Sejak gw percaya hal itu, sikap mental gw berubah. Gw tidak lagi menggantungkan perubahan apa yang gw mau kepada pihak lain. Apa yang gw mau ubah dari dunia, gw ubah dari diri gw sendiri..

“If we could change ourselves, the tendencies in the world would also change. As a man changes his own nature, so does the attitude of the world change towards him. … We need not wait to see what others do.” – Mahatma Gandhi

Ini hal-hal kecil yang biasa gw lakukan yang gw yakin akan menciptakan perubahan suatu saat nanti:

#1 Untuk mengurangi sampah plastik, gw sering menolak plastik saat berbelanja di warung/minimarket yang cuma sedikit, bisa dipegang atau dimasukin tas.

Untuk alasan yang sama, gw sering membawa plastik sendiri saat belanja telor dan beras di warung. Sambil nyengir, gw selalu jelasin kalo mbak2 yang jaga warung atau kasirnya ngeliat dengan heran, hehe..

#2 Untuk membebaskan Indonesia dari korupsi, gw berusaha selalu jujur. Mulai dari tidak pernah mencontek dan menyalin tugas saat sekolah dan kuliah, tidak titip absen di kelas, tidak ‘damai’ saat ditilang polisi, sampai jujur saat mau bikin SIM. Hasilnya, alhamdulillah hati gw tenang, rasanya semua berkah, dan ga pernah ada masalah tentang itu..

#3 Untuk membuat sikap mental para pengendara bermotor di jalan raya lebih baik, gw selalu taat rambu, tidak melawan arus, tidak naik di trotoar, tidak nyerobot di jalur busway, dan selalu berhenti di belakang garis. Orang yang baik itu pasti punya perilaku yang baik juga di jalan raya.

#4 Untuk mengurangi pengangguran, gw (dan kawan-kawan) menciptakan bisnis sendiri. Alhamdulillah, di bisnis gw yang lama, kita udah berhasil membebaskan 8 orang dari pengangguran, termasuk gw dan kawan gw sesama pemilik..

#5 Untuk menghemat energi, gw mematikan lampu yang nggak dipakai di rumah, serta menggunakan timer untuk mematikan kipas angin saat tidur di malam hari.

#6 Untuk mendukung daur ulang, gw memisahkan sampah plastik, kardus, kaca, dan kaleng yang bisa didaur ulang dengan sampah dapur biasa di rumah gw.

Setelah plastik tempat sampah daur ulangnya penuh, gw kasih tetangga yang bakal ngejual lagi ke pengumpul sampah-sampah daur ulang.

#7 Untuk mencegah banjir, gw nggak buang sampah sembarangan. Nyimpen sampah di kantong/tas kalo tidak ada tempat sampah terdekat, tidak membuang sampah dari dalam mobil, ga buang sampah di kolong meja kelas, di bawah kursi angkot, apalagi ngebuang sampah di kali atau got.

Apa hal kecil yang sudah kamu lakukan yang kamu percaya itu akan membuat dunia lebih baik? Ayo berbagi di komentar, tindakan kecilmu bisa jadi akan menginspirasi orang lain, lho! 🙂

Warna-warni Sepeda Ontel Kota Tua Jakarta


Diambil di sela-sela pemotretan gw (cieh!) sebagai model Kaosloggue, kaos
khas Jakarta di Kota Tua dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Tentang Kaosloggue, follow @kaosloggue atau cek webnya di
kaosloggue.com.