Ayo Perbanyak Pengguna Internet di Indonesia! (Cerita Training Blog ILO – Fasilkom UI)

image

Hari Selasa 8 November dan barusan, Sabtu 12 November 2011, gw diminta kampus gw (Fakultas Ilmu Komputer Univ. Indonesia) buat ngisi training blog bagi anggota-anggota konfederasi serikat buruh anggota ILO (International Labour Organization) di Indonesia.. Judul acaranya “Computer and Internet Literacy for Leaders and Staff from Four Trade Union Confederation” Ini bener-bener berkesan banget buat gw..

Ini pengalaman baru banget, buat sharing dan ngelatih blog buat orang-orang yang rata-rata sebelumnya jarang menggunakan Internet.

Mereka sebelumnya aktif memperjuangkan hak-hak pekerja/buruh di dunia nyata, dan di training itu (trainingnya 2 minggu, btw) mereka dilatih buat bisa berjuang lewat media baru, Internet. Sebelum bagian gw ngasih training tentang blog, udah ada sesi-sesi di hari-hari sebelumnya yang ngajarin tentang email, Facebook, YouTube, dan berbagai layanan di Internet lainnya..

Bagian paling spesial dari training ini adalah sebagian dari peserta ini benar-benar buta Internet sebelumnya. Ini terjadi khususnya di peserta yang usianya udah ga muda lagi. Sebagian peserta yang usianya lebih muda rasanya hanya perlu dikasih contoh satu, maksimal dua, kali. Sedangkan yang lebih tua ini benar-benar perlu dituntun setiap melakukan suatu langkah..

Makanya, yang diajarkan adalah benar-benar hal mendasar, seperti membuat blog, membuat postingan, bahkan masih ada yang lupa dengan caranya mengakses email meski sebelumnya sudah diajarkan.

Training ini memberikan gw insight paling penting: bahwa Internet literacy (tingkat melek Internet) di Indonesia masih cukup rendah. Jelas, dari sekitar 240 juta penduduk Indonesia, pengguna Internetnya baru 21%. Artinya, baru kurang dari 50 jutanya.

Dipikir-pikir, mengenalkan Internet (plus cara ber-Internet yang sehat dan aman) itu sama pentingnya dengan ngembangin ekosistem startup digital di Indonesia ya..

Kalo lebih banyak lagi rakyat Indonesia “melek” Internet, insya Allah lebih banyak lagi kesempatan yang terbuka buat mereka. Bahkan dalam satu laporan, meningkatnya jumlah pengguna Internet mobile broadband di suatu negara akan meningkatkan GDP masyarakatnya.

Intinyaa.. Kalo kita punya kesempatan buat membagi ilmu kita tentang Internet kepada orang lain, khususnya yang belum “melek” Internet, ayo diambil! Ilmu yang bermanfaat insya Allah ngasih pahala yang terus mengalir kan 😉

Iklan

2 pemikiran pada “Ayo Perbanyak Pengguna Internet di Indonesia! (Cerita Training Blog ILO – Fasilkom UI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s