10 Fakta Penting Nggak Penting tentang Raket Nyamuk

Raket Nyamuk

Gw pemakai raket nyamuk. Baru sebulanan kurang sih, karena di rumah kontrakan gw banyak nyamuk sekali. Waktu beli raket nyamuk, rumah belum dikasih kawat nyamuk waktu itu.

Nah, ternyata, dari sebulan pengalaman make raket nyamuk, ada banyak sekali insight dan fakta penting nggak penting tentang raket nyamuk! Gw coba bagi beberapa yaa..

disclaimer: fakta-fakta ini mungkin nggak sama dengan fakta yang teman-teman rasakan, mungkin karena perbedaan merek raket nyamuk. Yang gw pakai adalah merek Toyosaki warna hijau, yang bisa diisi ulang baterenya dengan dicolokin ke colokan, dan ada lampunya gitu.

#1 Ledakan pertama tidak mematikan nyamuk. Tahu kan, kalo raket nyamuk kita kenain ke nyamuk, terjadi ledakan-ledakan “pletar-tar-tarr” gitu?

Ternyata, nyamuk nggak langsung mati saat kena ledakan pertama. Kalo nyamuknya langsung mental ke lantai, kita bisa ngeliat nyamuknya menggelepar-gelepar. Bahkan kadang2 nyamuk masih bisa terbang abis kena ledakan pertama.

Perlu ledakan bertubi-tubi, sambil melihat tubuh nyamuk terbakar gosong bahkan jadi abu, untuk memastikan nyamuk itu mati.

#2 Semakin gemuk nyamuk, semakin lama ledakan-ledakannya. Coba aja, pingsanin nyamuk kurus dan nyamuk gemuk (yang abis kenyang nyedot darah), lalu jatuhin ke raket nyamuk. Nyamuk yang penuh darah meledak-ledak lebih lama daripada yang kurus.

Diduga (ini dugaan ngasal), terkait dengan darah yang ada di perut nyamuk, yang bersifat konduktor. Semakin banyak darah, semakin lama reaksinya dengan aliran listrik di raket nyamuk.

#3 Nyamuk yang terbakar gosong di raket nyamuk sama dengan manusia yang terbakar gosong di atap KRL. Sama-sama bau, sama-sama kelihatan gosong dan menghitam, dan sama-sama mati. Kok tahu? Iya tahu, jaman SMP-SMA gw sering naik kereta ke sekolah dan udah beberapa kali ngeliat orang tewas gosong karena naik-naik atap KRL.

Paling bedanya, sekali megang kawat listrik di atas kereta, manusia langsung koit, ga kaya nyamuk di fakta #1 tadi.

#4 Ledakan-ledakan di raket nyamuk bikin jasad nyamuk jadi abu dan menghilang! Kalo ada nyamuk dengan jasad yang masih utuh nyangkut di kawat raket nyamuk, terus kita pencet terus tombolnya, nyamuknya akan meledak-ledak, dan setelah ledakannya berhenti, jasad nyamuknya menghilang! Kemana ya?

Gw berteori bahwa nyamuknya terbakar hingga menjadi abu. Dari listrik kan bisa menimbulkan api ya. Nah, begitu juga dengan nyamuk. Gara-gara tersetrum listrik kawat nyamuk, tubuh nyamuk terbakar hebat hingga jadi abu dan hilang jasadnya karena abunya terbang.

#5 Lampu di raket nyamuk itu hampir nggak berguna buat nyerang nyamuk. Waktu gw beli raket nyamuk, di bungkusnya ada bacaan, lupa persisnya, kalo ga salah intinya gini: Senter, untuk mencari nyamuk di kegelapan.

Lah, begitu gw nyobain malem-malem matiin lampu rumah terus nyalain senter di raket nyamuk, ga bisa nyari nyamuk dengan lampu senter itu.

#6 Nyamuk seneng bergerombol di kasa nyamuk dan di barang-barang yang berwarna hitam. Seranglah! Di rumah gw, nyamuk-nyamuk sering bergerombol di kasa nyamuk. Itu sering jadi sasaran empuk serangan raket nyamuk gw.

Entah apa yang bikin mereka begitu. Mungkin mereka masih ngerasa “ini baunya udah bau luar rumah, tapi kok gw ga bisa keluar ya?”, karena belum semua nyamuk udah kenal kalo rumah gw udah dipasangin kawat nyamuk kali ya?

Tas hitam yang digeletakin di lantai, jaket hitam, atau apapun yang berwarna hitam, nyamuk seneng banget itu gerombol di atasnya. Mantep juga buat jadi target operasi raket nyamuk kita.

#7 Kalo pas dipake nggak kedengeran bunyi ledakan “pletar-tar-tarr”, berarti batere raket nyamuknya abis. Gw udah ngalamin dua kali. Kalo baterenya udah lemah, berarti raket nyamuknya ngeluarin listrik dengan tegangan dan arus yang lebih kecil dari normalnya, makanya nggak bisa bikin nyamuk meledak-ledak.

#8 Menghabisi nyamuk dengan raket nyamuk bikin kita berasa sangat keren. Rasanya tuh mirip banget Jedi Knight, atau Samurai, atau ahli Kungfu Pedang yang lagi menghabisi musuh-musuhnya. Atau berasa kaya Taufik Hidayat yang lagi forehand, backhand, dan smash ya?

Lihat nyamuk bergerombol, pencet tombol dan ayunkan raket nyamuk ke mereka, daaan…. “pletar-tar-tar pletar-tar-tar-tar-tar pletar-tar”. Bullseye!

Err, nggak gitu ya? Ya udah, minimal gw deh yang merasa keren.

#9 Raket nyamuk adalah alat pembasmi nyamuk paling aman, hampir tanpa efek samping. Obat nyamuk semprot, racunnya menempel di bantal, berhari-hari *korban iklan*. Obat nyamuk bakar, baunya bikin batuk-batuk, abunya jadi sampah. Obat nyamuk elektrik, racunnya kita isep juga kan meski ga kelihatan. Raket nyamuk sebaliknya, dia bebas itu semua.

Efek sampingnya paling, emm, bikin kita berasa keren.

#10 Raket nyamuk rechargable nggak bisa dicolokin di colokan tembok! Tepatnya ke colokan yang kaya begini. Plastik di sekeliling bolongan colokannya itu nyangkut di pegangan raketnya, bikin dua batang besinya nggak bisa masuk ke lobang colokannya. *maafkan kalau deskripsinya kurang menjelaskan*

Kalo semua colokan tembok kaya gambar itu, lebih baik beli satu kabel ekstensi yang rata, kaya gini ya..

Iklan

30 pemikiran pada “10 Fakta Penting Nggak Penting tentang Raket Nyamuk

  1. Fakta tambahan. Kawat nyamuk tidak boleh penyok, kalau penyok kedalam dan terlalu dekat dengan kawat nyamuk yang dalam, kalau dipencet tanpa ada nyamuk pun akan ada percikan listriknya sehingga mengganggu pemakaian.

    Nyamuk biasanya nggak sekaligus menyerang manusia, jadi bertahap, mungkin senior duluan kali ya. Akibatnya membasmi nyamuk dengan raket sampai nyamuk habis bisa bikin kita setengah begadang. Kalau nyamuk banyak masih mending pake semprotan.

    Suka

  2. Gw ada satu fakta lagi tentang raket nyamuk,, jaman gw masih kecil dulu, raket nyamuk suka dijadiin alat sama orang2 yang tak bertanggungjawab buat nyetrum orang lagi tidur ampe bangun kayak yg kesurupan. seiring berjalannya waktu, para ilmuwan memodifikasi bentuk jaringan kawat menjadi 3 lapisan, 2 lapisan terluar gak ada listriknya, yg nyetrum cuma jaringan kawat yg didalem. jadi kita gak kan kesetrum meskipun menyentuh kawat bagian luar dalam keadaan aktif. terima kasih atas penemuan para ilmuwan (yg mungkin dulunya pernah jadi korban disetrum temennya )

    Suka

      1. hhaha, beneran gan, ane dah coba .. klo gak coba pake obeng dalam keadaan aktif, kalo kawat luar disentuh, pasti gak kan ada percikan api,,
        kalo kawat dalem baru deh .. pletarrr .. tar.. tar !!!

        Suka

  3. Mas merk raket yang bagus dan awet apa, saya pake merk Panda dan Toyosaki, komponen di circuitnya panas. Kasih saran dong, raket nyamuknya buat bikin sesuatu. makasih profesorcilik.wordpress.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s