Merasa Sangat Sibuk Tapi Nggak Ada Hasilnya?

Pernahkah kita merasa, sepertinya selama satu minggu ke belakang kita sangat sibuk sekali? Banyak banget yang dikerjain, bahkan sampe tidurnya malem atau begadang-begadang. Sampe nggak sempet ngetwit, ngeblog, apalagi dateng ke acara-acara networking. Tapi, kalau dilihat-lihat, kok ya nggak ada hasil signifikan yang kelihatan dari ke-sangat-sibuk-sekali-an kita itu?

Gw pernah. Lumayan sering malah. Ga tiap minggu sih, tapi sering. Kenapa ya?

Ada yang pernah merasakan hal itu? Berbagi di sini dong, kalo gw kepikiran beberapa jawaban dari pertanyaan “kenapa” tersebut:

  1. Kita beneran sibuk dan produktif, saking sibuknya, kita sampe ga inget persis apa aja yang udah kita lakuin.
  2. Kita beneran sibuk, tapi ga bener2 100% waktu kita dipake sibuk. Karena sambil ngerjain kesibukan kita, kita nyeling-nyelingin dengan aktivitas main-main (ngetwit lah, ngecek fesbuk lah, main game lah, chatting lah), jadi konsentrasi terpecah.
  3. Kita beneran sibuk, tapi apa yang kita lakukan adalah hal-hal yang terlalu remeh-temeh buat kita. Jadi nggak berbekas. Tapi standar “remeh” di sini tuh nggak bisa disamain untuk setiap orang ya, karena setiap orang kan punya value yang beda-beda untuk menilai itu.
  4. Kita beneran sibuk, tapi lupa mengingat makna kesibukan itu. Misalnya cuma mengejar duit dan semua yang keduniawian, tapi lupa dengan kehidupan sebenernya di after life. Lupa ibadah yang khusyuk dan dekat dengan Tuhan lah pokoknya.
  5. Kita salah punya kesibukan, bukan kesibukan yang emang jadi kewajiban atau passion kita. Jadi sesibuk apapun kita, tapi karena itu “salah” dan “bukan kita banget”, ya kita nggak menghasilkan apa-apa.
  6. Kita nggak sibuk, cuma pencitraan sibuk. Ada di depan komputer seharian, padahal nggak ngapa-ngapain selain main.
  7. Ada lagi? Tambahin dong..

Gw selalu berharap yang kena di gw itu adalah yang nomer 1. Tapi setelah jujur dengan diri sendiri, sayangnya yang paling sering “kena” di gw itu adalah nomer 2 dan 4.

Menurut gw, kalau kita sudah tahu nomer berapa penyebab perasaan sibuk-banget-tapi-ga-ada-hasilnya itu, sebenernya solusinya udah jelas banget. Tapi tetep aja, meskipun udah sadar, tapi berikutnya masiiih aja melakukan lagi.

Yah, memang manusia emang perlu saling mengingatkan. Tulisan ini pun sebenernya ditulis untuk mengingatkan yang nulis sendiri nih.. Jiyaah, curcol 😛

Iklan

4 pemikiran pada “Merasa Sangat Sibuk Tapi Nggak Ada Hasilnya?

    1. nggak kontradiksi kok ka.. jadinya itu, kita sibuuk banget ampe begadang2, ternyata gara2 kita sering nyelang-nyeling kerjaan kita sama main, alias ga fokus.. jadi sibuk yg ga fokus, jadi ga maksimal.. gitu lho maksudnya hehe

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s