Ayo, Buat Gerakan Kebaikan yang Efeknya Berantai! (1/2)

Windmills

Semua pasti sudah tahu pentingnya berbuat baik dan memberi manfaat kepada orang lain. Tapi, bagaimana kalau kebaikan tersebut bisa “berantai“, menciptakan kebaikan-kebaikan lain yang awalnya hanya satu awalan kebaikan itu?

Kebaikan yang berantai dan menyebar ke seluruh penjuru dunia, sehingga memberikan manfaat yang lebih besar lagi. Akankah lebih baik lagi bukan?

Dalam insya Allah dua postingan ke depan, saya akan menunjukkan secara singkat beberapa inspirasi gerakan kebaikan yang efeknya berantai. Dari yang levelnya dunia, sehingga sepertinya mustahil dilakukan, hingga yang levelnya lokal, yang dilakukan oleh orang-orang biasa seperti Anda dan saya.

Mudah-mudahan kita tergerak untuk berbuat kebaikan sekecil apapun🙂

WordPress Logo

Sebagian besar kita cuma tahu WordPress adalah penyedia blog gratisan. Tapi lebih dari itu, WordPress itu adalah sistem yang bisa dipake untuk membuat website-website. Intinya, bikin website jadi gampang pake WordPress! GRATIS!

Nah, dari sistem yang bisa dipake gratis itulah, banyak orang jualan jasa “bikinin website”, kaya gw dulu. Ada juga jasa pembuatan themes atau tampilan website dengan WordPress. Fakta menariknya, 14,7% website yang ada di seluruh dunia ini menggunakan WordPress! (termasuk blog ini).

Saat tulisan ini dibuat, versi 3.2 yang paling baru dari WordPress udah didownload sampe lebih dari 5,2 juta kali! Belum versi-versi sebelumnya. Bayangkan manfaat yang didapatkan oleh masyarakat dunia yang menggunakan WordPress, gratis pula.

PS: gw pernah kenalan dengan foundernya loh😛

Efek berantai WordPress: 1) memudahkan orang untuk membuat website, gratis pula 2) menciptakan jenis bisnis baru, orang-orang bisa menjual jasa bikin website 3) mempopulerkan ngeBlog ke dunia, lewat WordPress.com

Google Logo

Siapa yang nggak tahu Google? Situs pencari terbesar di dunia. Berkat adanya Google, terbuka jenis pekerjaan baru, yang sebelumnya tidak pernah ada, misalnya: Search Engine Optimization (SEO) Consultant yang bisa membantu supaya website punya posisi lebih bagus di hasil pencarian Google, Search Engine Marketing (SEM) Consultant yang membantu kita untuk beriklan di Google, dan sebagainya..

Google juga punya berbagai layanan lain, yang membantu pribadi atau perusahaan untuk jadi lebih baik. Dan di masing-masing itu, ada lapangan pekerjaan sebagai konsultan yang terbuka.

Efek berantai Google: 1) menciptakan jenis bisnis & lapangan pekerjaan baru dari berbagai layanannya, serta 2) menciptakan kemungkinan-kemungkinan kebaikan lain tanpa batas

Facebook Logo

Pernah main game FarmVille atau Pet Society di FB kan? Nah, itu 2 jenis games di Facebook. Jadi, Facebook itu mengizinkan kita semua, siapapun, bikin aplikasi/games buat dimainin di Facebook secara gratis, plus nyari duit dari sana!

Darimana duitnya? Ternyata kita bisa beli entah koin atau chip virtual gitu, yang bisa dipake buat ngembangin karakter game kita! Bisa juga dari iklan yang ada di dalam gamesnya. Dan, perusahaan yang bikin game bisa dapet sampe US$60 juta per tahun!

Efek berantai Facebook: menciptakan bisnis & lapangan pekerjaan baru dari platform untuk games-games dan aplikasinya

TEDx Logo

Pernah denger apa itu TED? Dengan tagline-nya Ideas Worth Spreading, TED adalah konferensi yang sangat inspiratif, yang mengundang pembicara-pembicara yang telah berkontribusi positif untuk dunia untuk sharing di sana. Al Gore, Bill Clinton, Karen Amstrong, Salman Khan, Bill Gates, adalah beberapa pembicara yang pernah ngisi TED.

Nah, sejak tahun 2009, mereka membuka program TEDx. ‘x’ di sini artinya independently organized event, yang artinya kita bisa bikin TED di tempat kita masing-masing, dengan pembicara inspiratif yang kita pilih sendiri. Familiar dengan TEDxJakarta, TEDxBandung, atau TEDxUI? Itu beberapa (dari masih ada lagi di kota lain di Indonesia). Sejak ada TEDx, seluruh dunia mengalami ‘demam’ ide, membuat sharing hal positif seperti menjadi sebuah kebutuhan.

Efek berantai TEDx: tersebarnya inspirasi kebaikan ke seluruh dunia, dalam bentuk: 1) TEDx yang bisa kita buat sendiri, menyebarkan inspirasi di tempat kita sendiri 2) video presentasi TED yang bisa ditonton dimanapun kapanpun oleh siapapun

Terasa ‘mustahil’ (padahal sih nggak sama sekali) karena yang dicontohkan adalah hal-hal dari luar negeri? Di bagian 2 postingan ini, insya Allah gw bakal nyeritain yang dari Indonesia, yang gw saksikan sendiri perkembangannya. Sehingga menciptakan kebaikan yang berantai itu tidak terasa mustahil🙂

Belum kebayang melakukan sesuatu yang rasanya bisa jadi berantai? Mulailah dari yang sederhana: lakukan hal yang bermanfaat untuk orang lain🙂

update: ini bagian 2-nya

2 pemikiran pada “Ayo, Buat Gerakan Kebaikan yang Efeknya Berantai! (1/2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s