Selamat Jalan Pak Hembing, Ahli Akupunktur (+ Cerita Saat Gw Kecil)

Hembing Wijayakusuma, Tempo Interaktif

Hembing, Maestro Herbal Indonesia, Telah Tiada (Tempo Interaktif)

Kaget, denger berita ini barusan di timeline twitter. Gw emang ga kenal dr. Hembing Wijayakusuma secara pribadi, apalagi dia kenal gw, tapi gw punya kenangan spesial tentang beliau saat gw masih kecil dulu.

Jadi, sekitar 15 tahun lalu, kalo ga salah pas 3 SD, gw hampir setiap minggu sekali selalu bertemu beliau. Jadi gw itu dari kecil punya sinusitis. Salah satu pengobatan alternatif yang ortu gw jalankan buat gw adalah akupunktur, ya di dr. Hembing ini.

Pulang sekolah dari SD di Lenteng Agung, kalo ga salah setiap hari Rabu, gw yang udah dibekali dengan kartu telepon dan duit untuk beli tiket KRL pulang sekolah naik KRL sendirian dari stasiun Univ. Pancasila ke stasiun Cikini.

Sampe di stasiun Cikini, gw nelepon papah pake kartu telepon itu, “pah, aku udah sampe stasiun”. Kemudian papah jemput dari kantornya di deket situ. Setelah itu, kita ke tempat praktek akupunkturnya dr. Hembing (yang entah dimana gw pun ga tahu sampe sekarang).

Sesampainya di tempat praktek, gw tiduran di meja praktek gitu (ada banyak meja dan ruangan di sana). Lalu dr. Hembing datengin tempat pasiennya satu-satu lalu meng-akupunkturin mereka.

Kalau ga salah inget, titik-titik penusukan jarum gw adalah di hidung (kiri-kanan), di belakang kuping (kiri-kanan), serta di pergelangan tangan. Bener-bener ga sakit!

Setelah ini, giliran perawat asistennya yang melanjutkan pekerjaannya, yaitu menjepit setiap jarumnya dengan kabel, mengalirkan listrik voltase rendah. Abis itu, dia menyetel timer (ga inget berapa lama. emang bocah inget waktu? :P), dan mencabut jepitan listriknya. Tapi lupa siapa yang mencabut jarumnya, susternya atau dr. Hembing sendiri.

Satu hal yang gw inget juga adalah waktu dr. Hembing sedang berhalangan praktek. Asistennya yang menusukkan jarum ke gw. Hiks, ternyata sama dia sakit, beda banget ama dr. Hembing. Untung cuma sekali.

Ga inget berapa lama papah membawa gw ke tempat dr. Hembing, tapi yang pasti, beliau berkesan cukup dalem di gw 🙂

Selamat jalan dr. Hembing, terimakasih banyak atas pengobatannya, Anda akan selalu aku kenang  😥

Satu pemikiran pada “Selamat Jalan Pak Hembing, Ahli Akupunktur (+ Cerita Saat Gw Kecil)

Tinggalkan Balasan

