20 Kebiasaan Buruk yang Menggerogoti Diri Kita

Top 20 Self-Sabotaging Behaviors

ini hasil survei di Amerika sana, tapi menarik juga buat mencermati 20 besar kebiasaan buruk yang menggerogoti diri kita. Ayo-ayo, silakan ngobrol dengan diri sendiri, apakah kita punya salah satu (atau lebih?) kebiasaan ini?

  1. Menunda-nunda
  2. Terlalu berlebihan dalam makan, minum, atau menghabiskan sesuatu
  3. Bertindak impulsif/nggak memikirkan akibat tindakannya
  4. Gampang teralihkan atau kehilangan fokus
  5. Malas olahraga
  6. Makan yang nggak bergizi
  7. Mengambil terlalu banyak hal (maksudnya terlalu sibuk kali ya?)
  8. Mengabaikan atau menganggap remeh masalah dalam hubungan pribadi, pekerjaan, atau kesehatan
  9. Memiliki harapan yang tidak realistis/berlebihan
  10. Terlalu sering mengkritik/men-judge diri sendiri atau orang lain
  11. Sebenernya butuh bantuan, tapi nggak minta tolong
  12. Terlalu terburu-buru dalam melakukan sesuatu
  13. Terlalu terobsesi dengan perjalanan, membeli sesuatu, atau hal lain (hmm, gw ga yakin gw ngerti poin yang ini)
  14. Terlalu melebih-lebihkan resiko dari terjadinya sesuatu yang buruk
  15. Terlalu sering khawatir
  16. Tidak menyelesaikan apa yang sudah dimulai
  17. Gagal menyampaikan apa yang jadi kebutuhan, hak, atau keinginan diri sendiri
  18. Memasukkan sesuatu terlalu ke hati (terlalu personal)
  19. Memutuskan sesuatu dengan berbicara diri sendiri, tapi kemudian menyesalinya
  20. Menunda kenikmatan yang tidak perlu (gw nggak yakin gw bener menerjemahkan poin yang ini juga).

Dapet link ini dari mas @nataliardianto di milis #StartupLokal

NB: gw menerjemahkan ‘Self-Sabotaging’ sebagai ‘Menggerogoti Diri Sendiri’. apakah terjemahan ini benar?

 

Iklan

3 pemikiran pada “20 Kebiasaan Buruk yang Menggerogoti Diri Kita

  1. ini kalo di psikologi kayanya soal self-talk deh man

    sering denger kan orang bilang “kalo dari awal udah merasa gak mungkin bisa untuk melakukan sesuatu ya udah, akhirnya beneran jadi gak bisa” padahal sebenernya kalo dia yakin bisa dan mau usaha mungkin aja sebenernya bisa dilakukan kan

    makanya judulnya self-sabotaging, mensabotase (potensi) diri sendiri, membatasi diri sendiri, perhitungan lah, kebanyakan mikir lah, kebanyakan galau (melankolis)

    tapi ini menurut gw lho ya 😉

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s