Profil Website 'User Generated Content' Indonesia: Kompasiana, Gantibaju.com, Kaskus, Fotografer.net, Keluarga SalingSilang

Saya melakukan ‘penelitian tidak ilmiah’ pada lima website komunitas berbasis user generated content yang bisa dibilang paling populer di Indonesia: Kaskus, Kompasiana, GantiBaju.com, Fotografer.net, dan Keluarga SalingSilang (Politikana, Ngerumpi, BicaraFilm, dsb).

Penelitian ini dilakukan karena saya ingin mengetahui mengapa anggota-anggota di website-website tersebut sangat aktif di sana. Saya pengen mengambil insight-nya untuk peningkatan dan perbaikan di anakUI.com, situs komunitasnya anak-anakUI (Universitas Indonesia), yang juga user generated content. Tidak disangka, hasilnya menarik juga untuk dibuat artikel.

“Mengapa para anggota aktif membuat dan mengirim konten?” dan “hal-hal apa yang kelima situs itu punya secara umum yang membuat para anggota mereka terus aktif?”. itulah pertanyaan yang ingin dijawab lewat ‘penelitian tidak ilmiah’ ini.

Penelitiannya sederhana aja, cuma Googling dan bertanya langsung kepada anggota-anggotanya, untuk dapat testimoni mengapa mereka aktif di sana. Juga dari observasi saya sendiri sebagai anggota di beberapa situs itu, mengamati interaksi antar anggota di situs-situs tersebut.

Di tulisan ini, saya menampilkan profil singkat masing-masing website berdasarkan hasil Googling dan bertanya langsung itu. Kesimpulan dari ‘penelitian tidak ilmiah’ ini bisa dilihat di Empat Hal yang Membuat Anggota Komunitas Aktif di Website Berbasis User Generated Content.

Kelima website ini punya tipe user generated content yang berbeda. Kompasiana dan Keluarga SalingSilang tipenya artikel, Kaskus tipenya forum, GantiBaju.com tipenya kompetisi disain kaos, dan Fotografer.net tipenya galeri foto.

Profil-profil ini bukan tentang sejarah atau apa, tapi lebih mengenai konsep, fitur, tagline, dan aspek komunitas dari masing-masing website ini.

Kompasiana

Logo Kompasiana
Kompasiana adalah media citizen journalism. Bisa dibilang, Kompasiana itu kaya blog rame-rame, serba ada.  Ada kategori Politik, Humaniora, Ekonomi, Olahraga, Fiksi, dan masih banyak lagi. Kompasianer aktif membuat tulisan, nanti dikomentari oleh Kompasianer lainnya. Kompasiana sering dijadikan tempat untuk belajar menulis dan mengungkapkan pendapat.

Tagline: sharing.connecting
Tujuan utamanya: tempat menuangkan pemikiran, berbagi (tentang topik apapun) & bersosialisasi antar Kompasianers (sebutan untuk anggota)

Fitur dan konsep:

  • Tulisannya langsung terpublish, dimoderasi setelah terpublish
  • Kompasianer bisa memberikan rating pada tulisan.
  • ada Headline (5 tulisan yang langsung terlihat saat membuka Kompasiana), Highlight (tulisan-tulisan lain yang diangkat), dan Terekomendasi. Ketiga ini dipilih oleh Admin Kompasiana
  • Ada juga bagian tulisan Teraktual, Inspiratif, Bermanfaat, Menarik, yang diambil secara otomatis berdasarkan jumlah rating. Letaknya lebih ‘tersembunyi’ dibandingkan Headline, Highlight, dan Terekomendasi.
  • Kompasianer bisa menghapus komentar yang ada di tulisannya
  • Sangat mendorong agar Kompasianer memiliki akun dengan identitas yang jelas dan nyata
  • Tulisan-tulisan yang bagus memiliki kesempatan untuk ‘naik’ ke Kompas.com atau dijadiin buku oleh penerbit Gramedia
  • Orang-orang terkenal/tokoh publik banyak yang memiliki akun di Kompasiana, jadi setiap gathering bisa mengenal mereka
  • Sesama Kompasianer bisa menjadi friends

Bentuk rewards:

  • Masuk Headline, Highlight, Terekomendasi, Teraktual, Inspiratif, Bermanfaat, Menarik.
  • Kesempatan untuk mengembangkan kemampuan menulisnya
  • Kepuasan batin karena berbagi & dikomentari
  • Mendapat informasi baru
  • Mendapatkan network dan teman-teman bar
  • Bisa mengenal tokoh-tokoh publik secara personal

Gantibaju.com

Logo Gantibaju.com
Sederhananya, ini toko kaos online. Akan tetapi, disain kaos yang dijual adalah disain dari anggota komunitasnya. Gaban (sebutan untuk anggota Gantibaju.com) dapat mengupload disain kaosnya, kemudian di-vote oleh Gabans yang lain. 10 disain dengan voting tertinggi setiap bulan akan dicetak dan dijual.

Tagline: Kompetisi desain kaos terbesar di Indonesia (title browser), proudly presents Indonesia (logo)
Tujuan utamanya: mendorong disainer Indonesia untuk berkarya dan meningkatkan rasa cinta kepada Indonesia dalam bentuk disain kaos

Fitur dan konsep:

  • Selain tema disain yang bebas, di waktu-waktu tertentu ada tema disain khusus, misalnya tentang hantu tradisional atau pahlawan nasional
  • Kalo disainnya menang dan dijadikan kaos, Gaban akan: dapet hadiah 1 juta dan royalti penjualan kaos
  • Disainer sangat-sangat diapresiasi dengan ada namanya di halaman penjualan kaos dan disablon di kaos hasil disainnya
  • Bisa follow Gaban lain
  • Anggota komunitas yang tidak bisa disain dapat memvoting disain yang ada atau bernarsis ria mengirimkan fotonya berkaos Gantibaju
  • Forumnya aktif banget sebagai tempat berkomunikasi antar Gaban, berbagi ilmu, dan untuk mendukung tujuan utama

Bentuk rewards:

  • Hadiah & royalti saat disainnya menang dan dicetak
  • Apresiasi & reputasi disainer yang bertambah
  • Kepuasan batin karena bisa berkarya
  • Mendapatkan network dan teman-teman baru
  • Mendapatkan inspirasi & ilmu-ilmu baru tentang disain

Kaskus

Logo Kaskus
Rasanya hampir tidak ada orang Indonesia yang tidak kenal Kaskus. Kaskus adalah forum diskusi online, yang membahas berbagai macam topik. Ada banyak sekali sub forum di Kaskus, yang bersifat regional/daerah (misalnya Semarang, Depok, Makassar, Melbourne, Germany, dsb), hobi (misalnya Movies, Music, Games, Tanaman, Memasak, Supranatural, dsb), sampai Jokes, Debate Club, Pendidikan, Curhat, dsb. Karena itu bisa dibilang Kaskus adalah komunitas “terbanyak” di Indonesia.

Tagline: The Largest Indonesian Community
Tujuan utamanya: berbagi informasi (tentang topik apapun) dan berkomunitas sesuai daerah/minat

Fitur dan konsep:

  • Kaskuser (sebutan bagi anggota Kaskus) membuka topik pembicaraan dengan membuat postingan yang disebut thread. Kaskuser yang lain tinggal me-reply
  • Ada sistem cendol/GRP (Good Reputation Point) atau bata/BRP (Bad Reputation Point) untuk memberi nilai kepada seorang Kaskuser
  • Ada Forum Jual Beli (FJB), yang menjual berbagai macam barang.
  • Cendol/GRP sangat dikejar oleh Kaskuser, lebih-lebih bagi yang berjualan di FJB, untuk menunjukkan reputasi pribadi yang baik.
  • GRP hanya bisa diberikan setelah memiliki jumlah posting sebanyak 2000 posts.
  • Setiap melewati jumlah posts tertentu, ada gelar yang diberikan, mulai dari Newbie, Kaskus Addict, sampai yang paling tinggi, Made in Kaskus
  • Menjadi Hot Thread (beberapa thread pilihan Admin/Moderator yang ditampilkan di halaman depan Kaskus) itu ibarat anugerah besar bagi Kaskusers, karena bisa dipilih dari ratusan-ribuan thread yang ada di Kaskus
  • Komunitas yang jumlahnya banyak itu, sesuai daerah atau hobi, membuat Kaskuser betah di Kaskus karena menemukan keluarga atau teman-teman yang sama

Bentuk rewards:

  • Menjadi Hot Thread
  • Mendapatkan cendol/GRP atau rating dari Kaskuser lain
  • Bisa memberikan cendol kepada Kaskuser lain
  • Gelar setelah melewati jumlah posts tertentu
  • Kepuasan batin karena bisa berbagi
  • Mendapatkan network dan teman-teman baru
  • Mendapatkan informasi baru

Fotografer.net

Logo Fotografer.net
Fotografer.net (FN) adalah komunitas khusus fotografer baik pro atau pemula, atau hanya pecinta fotografi. Di FN, semua FN-ers (sebutan anggota FN) menjadi terdorong untuk aktif mengupload karya fotografinya, karena FN-ers yang lain harus memberi nilai dan kritik terhadap foto yang diupload.

Tagline: Portal Penggemar Fotografi Indonesia
Tujuan utamanya: Tempat berkumpulnya fotografer maupun peminat fotografi, saling belajar tentang dunia fotografi

Fitur dan konsep:

  • Fitur utamanya adalah Galeri Foto. FN-ers dapat mengupload karya fotografinya untuk kemudian dikritik/dikomentari oleh FN-ers lainnya
  • Ada forum diskusi sebagai tempat komunikasi antar FN-ers, berbagi ilmu, dan  mendukung fitur utama.
  • FN-ers hanya bisa mengupload 1 foto per harinya, dan sebelum mengupload harus memberikan rating dan kritik ke minimal 2 foto.
  • Mengupload foto di FN membuat ‘ketagihan’ karena foto pasti selalu dinilai orang lain, sebagaimana mekanisme di atas
  • Di halaman utama FN, ada Foto Pilihan Editor dan Fotografer Pilihan Editor setiap bulannya
  • Ada sistem poin, yang bertambah setiap mengupload foto, memberikan/diberikan kritik. Poin ini menunjukkan ‘jam terbang’ FN-ers
  • Untuk menjadi anggota, harus menunjukkan identitas asli
  • Ada Bursa FN, tempat jual beli perangkat fotografi antar FN

Bentuk rewards:

  • Sistem poin, setelah melewati jumlah tertentu bisa melakukan hal yang lebih, seperti merating jelek sebuah karya
  • Menjadi Foto atau Fotografer Pilihan Editor
  • Mendapat ilmu baru tentang fotografi
  • Mendapatkan network dan teman-teman baru,
  • Kepuasan batin karena bisa berbagi dan berkarya

Keluarga SalingSilang

Logo SalingSilang
Terdapat banyak website yang menjadi ‘anggota keluarga’ SalingSilang, dengan konsep yang berbeda-beda dan spesifik, seperti Politikana, Ngerumpi, Bicarafilm, dan masih ada yang lain. Konsepnya adalah blog keroyokan tempat menuangkan pemikiran mereka dalam bentuk tulisan, kemudian dikomentari oleh warga/user lainnya. Yang menarik adalah tulisan-tulisan tersebut dimoderasi oleh warga/user dengan memberi rating. Tulisan yang ratingnya tinggi otomatis masuk di Headline.

Tagline: Ngerumpi. Tapi pake Hati (Ngerumpi), Diskusi 2.0 Politik, Pemilu Indonesia (Politikana), Tidak cukup hanya nonton (Bicarafilm), dan masih ada yang lain.
Tujuan utamanya: Untuk berbagi dan berdiskusi, sesuai topik-topik website

Fitur dan konsep:

  • Tulisan masuk Headline berdasarkan rating yang diberikan pembaca
  • Untuk mengimbangi sistem rating, ada Pilihan Editor
  • Selain artikel, konten yang bisa dimasukkan oleh warga/user
  • Beda situs, beda tema dan ciri khas komunitasnya.
  • Di kolom komentar, warga/user bisa saling me-mention, dan mereka bisa melihat siapa yang me-mention mereka.
  • Ada sistem pamor yang naik/turunnya sesuai aktifitas di website.
  • Adanya sistem Aura, warnanya akan berubah seiring keaktifan, tapi tidak akan turun
  • Ada daftar warga teraktif
  • Bisa mem-follow warga lainnya

Bentuk rewards:

  • Masuk Headlines karena banyak di-rating atau dipilih editor menjadi Pilihan Editor
  • Adanya sistem Pamor & Aura
  • Kepuasan batin karena berbagi & dikomentari,
  • Mendapatkan network dan teman-teman baru,
  • Kesempatan untuk mengembangkan kemampuan menulisnya
  • Mendapat informasi baru
Iklan

2 pemikiran pada “Profil Website 'User Generated Content' Indonesia: Kompasiana, Gantibaju.com, Kaskus, Fotografer.net, Keluarga SalingSilang

  1. hi kak ilman, wah artikelnya bangus dan bermanfaat sekali bagi saya..
    thank deh pokoknya :yes:

    tq: main-main ke humas fasilkom dong…….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s