"The Connected Dots" di 2010 dan Resolusi 2011


(cc) photo credit: [ Mooi ]

Bukan buat keren-kerenan apalagi formalitas, gw nulis ini buat menandai milestone tahunan dalam kehidupan gw.

Supaya tahu sekarang gw sedang berdiri di titik apa, titik-titik apa yang sudah gw lewati, dan titik-titik apa yang akan gw hadapi di tahun-tahun mendatang menuju pencapaian impian-impian besar gw.

Jadi, ini dia pencapaian-pencapaian gw di 2010, hal-hal yang memburuk dari gw di 2010 lalu, evaluasi Resolusi 2010 gw, dan tentu saja, Resolusi 2011!

Pencapaian-pencapaian positif di 2010

Secara umum, tahun 2010 adalah tahun pertama gw benar-benar memasuki dunia pasca kampus. Terjun ke masyarakat, mencari nafkah, melihat potret masyarakat, bertemu orang-orang yang benar-benar heterogen, dsb. Jadi, pencapaian terbesar gw di tahun 2010 adalah gw sudah selesai beradaptasi dengan kehidupan bermasyarakat. Sekarang, insya Allah gw sudah siap menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Alhamdulillah 🙂

Here goes the detail, tentang hal-hal baru, pencapaian-pencapaian positif dalam hidup gw selama 2010. Alhamdulillah, Allah masih mengaruniakan gw rezeki dan hal-hal berikut ini:

#1 Lebih banyak lagi aktif di komunitas, untuk belajar dan networking. Di tahun-tahun sebelumnya gw aktif di komunitas FreSh! dan blogger. Tahun 2010 nambah lagi dengan rutin dateng di acara komunitas #StartupLokal dan dua kali dateng di acara FOWAB (Forum Web Anak Bandung). Juga beberapa kali diundang Marketeers New Wave Lunch, terinspirasi di TEDx dan Ignite, dan ikut Pesta Blogger tiap tahun tanpa putus.

#2 Gabung di komunitas #StartupLokal. Ini gw jadikan satu poin sendiri, karena Alhamdulillah hal ini termasuk yang ngasih pengaruh paling besar di hidup gw tahun 2010. Dengan gabung di sini, gw jadi kenal banget dengan para foundernya @nataliardianto @nuniek @salsabeela @sagad, serta banyak owner Startup-startup lain.

Gw jg gabung di milis #StartupLokal dimana banyak ilmu bertebaran dari orang-orang yang sudah duluan di bidang ini, membuka wawasan gw tentang dunia bisnis Internet. Jadi dapet banyak ide-ide baru dari segi bisnis, dan orang-orang untuk belajar dan bertanya, untuk mengembangkan anakUI.com, passion gw.

#3 Menjadi entrepreneur full-time, ternyata beneran bisa menghidupi diri sendiri! Alhamdulillah banget, sesuatu yang nggak gw bayangkan sebelumnya saat kuliah, sekarang tercapai. Usaha gw dan teman2 yang bernama Univind benar-benar bisa menghidupi gw dan Univind!

Gw jadi full-time entrepreneur sejak lulus dari kampus Agustus 2009. Walaupun baru gajian di 2010 (September-Desember 2009 ga gajian karena ga ada proyek), sekarang pendapatannya nggak sebanyak yang kerja di perusahaan besar, ga aman seperti yang memilih jalur PNS, tapi Alhamdulillah tetap bisa membuat gw menabung, berzakat + shadaqah, dan membayar pajak (yang ini belum, hihi).

Makasih banyak ya Kamal (my best friend and partner ever), Isti, Eko, Rizki, Ai, Dwi, dan Syahril, buat kerja keras kita di Univind selama ini ya 🙂

#4 Merilis E-book passion: find and live it!. Ini E-book sederhana yang ngejelasin apa itu passion dan cara menemukannya. Alhamdulillah, tanggapan orang-orang terhadap e-book gw positif semua. Walaupun belum bisa seperti @ReneCC (penulis buku Your Job Is Not Your Career) yang inspiratif banget, tapi alhamdulillah, masih bisa sedikit berkontribusi membantu teman-teman yang masih belum bahagia karena belum nemu passion-nya.

Nggak jelas pasti berapa banyak E-book gw ini didownload/dibaca, apalagi link 4Shared-nya hilang tiba-tiba. Tapi insya Allah, e-book ini sedikitnya udah dibaca 3.000 orang, menurut hitungan di Slideshare, Scribd, dan 4Shared sebelum tiba-tiba hilang.

#5 Banyak pengalaman dan kesempatan baru. Beberapa bulan lalu gw dapet tawaran jadi reporter freelance di Detik untuk menulis advertorial pada masa Pilkada Depok (ini salah satu tulisan gw). Terus juga gw nggak melewatkan kesempatan ikutan kompetisi/lomba yang ada di Internet, yang sesuai dengan yang gw bisa. Gw secara rutin juga mengisi photoblog gw.

Belum lagi pengalaman-pengalaman baru yang berhubungan dengan dunia profesional dan bisnis. Ketemu orang-orang baru, bekerjasama dengan orang-orang baru, mengerjakan proyek-proyek yang baru, semua alhamdulillah menambah wawasan gw 🙂

#6 Adanya BarudakUNPAS.com di kampus Univ. Pasundan. Salah satu mimpi gw yang gw definisikan tahun lalu adalah ngeliat adanya website-website kaya anakUI.com di kampus-kampus lain seluruh Indonesia. Kenapa? Karena mahasiswa perlu media untuk mengekspresikan pemikiran2nya. Media yang ‘mahasiswa banget’. Ga cuma berharap buat tampil di TV atau koran. Hari gini masa tetep pengen demo doang sih?

Terus lagi, masyarakat Indonesia perlu lebih banyak lagi halaman-halaman yang bermanfaat, untuk setidaknya mengurangi banyaknya halaman2 situs porno. Berbagai ilmu yang didapatkan selama jadi mahasiswa harus dibagi lagi bukan? Dan, beberapa minggu lalu gw dapet kabar bahwa ada rekan di Univ. Pasundan Bandung terinspirasi untuk membuat BarudakUNPAS.com di kampusnya. Alhamdulillah 🙂

Hal-hal yang tidak tercapai di 2010

#1 Ayo ngeBlog! tidak terurus kembali. Setelah ganti themes dan semangatnya bertambah, eh ternyata setelah sedikit utak-atik, tampilannya jadi error. Sampe sekarang belum meluangkan waktu untuk menengok Ayo ngeBlog!

Ayo ngeBlog!-nya diapain lagi ya? Rasanya “tugas” saya mengajak orang lain untuk ngeBlog sudah selesai, karena jumlah blogger sudah lewat sejuta, dan lebih banyak lagi blogger-blogger baru yang punya lebih banyak semangat juga untuk mengajak orang lain untuk ngeBlog.

#2 Kurang olahraga! Yak, berat badan saya bertambah 3-4 kg setelah lulus, dengan lingkar pinggang celana bahan yang sudah ngepas dan lobang gesper yang bergeser satu. Gagal nih resolusi untuk bersepeda ke kantor. Main futsal juga udah nggak rutin lagi seminggu sekali.

#3 Kurang baca buku, baik buku umum atau buku agama! Kerasa sih, kualitas intelektual dan spiritual gw menurun di 2010 kemarin. Ada teman yang menyadari kalau gw ‘berbeda’ dari biasanya. Ternyata karena gw kurang masukan positif. Gw kurang baca buku di 2010 ini. Setahun aja, gw rasanya cuma baca kurang dari 10 buku deh. Kalo nggak ada input positif dari ilmu, hal positif apa ya yang bisa gw keluarkan untuk orang lain?

Untuk ringkasannya, ini evaluasi resolusi 2010 gw:

  1. Secara umum, tahun 2010 ga boleh lebih jelek dari 2009. tercapai, dengan catatan.
  2. Memanfaatkan waktu dan menemukan pola hidup baru setelah lulus kemarin, secara optimal. tercapai.
  3. Aktif dateng kajian-kajian keislaman buat nambah ilmu akhirat. sedikit tercapai. gw cuma dengerin podcast kajian dari Kajian.net
  4. Nambah ilmu tentang dunia online (minimal yang berhubungan dengan usaha gw), marketing, manajemen perusahaan, komunitas. tercapai.
  5. Mencapai target yang telah ditetapkan bareng-bareng untuk usaha gw, Univind. sedikit tercapai.
  6. Mengembangkan anakUI.com menjadi lebih besar dan lebih bermanfaat lagi. tercapai.
  7. Menulis minimal satu buah e-book tentang sesuatu yang gw cukup kuasai. tercapai.
  8. Membangkitkan kembali Ayo ngeBlog!. tidak tercapai.
  9. Makin aktif nulis dan ngeBlog. agak tercapai.
  10. Lepas dari ketergantungan finansial dengan orang tua. tercapai.
  11. Hadir di forum-forum networking lebih banyak lagi. tercapai.
  12. Naik sepeda ke kantor! tidak tercapai.
  13. Mengambil setiap kesempatan positif yang ada di depan mata secara maksimal. tercapai.
  14. Pergi ke luar negeri, entah untuk konferensi, seminar, kompetisi, atau sekedar jalan2. tidak tercapai.

Jadi, setelah melihat pencapaian dan pentidakcapaian gw di 2010, serta merefleksikan lagi impian-impian besar gw, dengan mengucap bismillaahirrohmaanirrohiim, inilah Resolusi 2011 gw:

  1. Rutin berolahraga. Entah bersepeda ke kantor, jogging pagi-pagi, atau main futsal rutin, pokoknya harus olahraga!
  2. Baca setidaknya dua buku per bulan. Satu buku agama, satu buku tentang bidang yang gw minati: bisnis, Internet, marketing, manajemen, dan sejenisnya.
  3. Model pendapatan untuk anakUI.com sudah berjalan, dan anakUI.com berjalan dengan delegasi tugas yang jelas. Next pengembangan anakUI.com terutama adalah kedua hal ini.
  4. Melihat atau mendukung lahirnya website komunitas citizen journalism di kampus lain. Tahun lalu ada BarudakUNPAS.com, 2011 gw harus bantu lagi di kampus yang lain!
  5. Membuat dua buah e-book. Satu insya Allah untuk E-book Passion volume 2, yang satunya lagi belum ditentukan.
  6. Nambah ilmu akhirat dengan rajin ikutan/mendengarkan kajian agama. Hei, hidup ini tidak selalu tentang dunia bukan? Siapkanlah kehidupanmu setelah mati juga 🙂
  7. Menjalankan hidup gw yang baru dengan baik. Ada hal besar yang akan terjadi dalam hidup gw di 2011, Insya Allah. Eit, jangan cuma berpikiran ke “situ” ya! 😛
  8. Berbicara di forum yang dihadiri lebih dari 500 orang tentang hal yang jadi passion gw. Pengen banget bisa menginspirasi banyak orang. Siapkah gw? Harus siap!
  9. Pergi ke luar negeri, entah untuk konferensi, seminar, kompetisi, atau sekedar jalan2.
  10. Memiliki kendaraan bermotor sendiri. Tunggangan gw lima tahun terakhir adalah motor Supra X keluaran 2002 yang tentu saja milik papa. Gw harus punya kendaraan bermotor gw sendiri.

Mungkin sepanjang tahun 2011 ini gw ga ngebaca lagi resolusi-resolusi gw ini. Tapi mudah-mudahan ini semua udah tercatat dalam alam bawah sadar, sebagaimana impian-impian besar jangka panjang dalam hidup gw sudah tercatat dalam alam bawah sadar gw. Dan resolusi 2011 ini adalah satu langkah lagi menuju pencapaian impian-impian besar gw itu. Insya Allah.

Apa resolusi 2011 kamu? Share linknya di komentar ya, biar kita semua bisa saling mendo’akan supaya resolusi-resolusi itu tercapai. Bismillah, 2011, kami datang!

Harusnya postingan ini diposting dari 1 Januari. Tapi karena provider hosting Dagdigdug ini error terus saat memposting (sekarang juga masih), jadilah baru sekarang diposting

Iklan

6 pemikiran pada “"The Connected Dots" di 2010 dan Resolusi 2011

  1. Lebih banyak lagi aktif di komunitas, untuk belajar dan networking.

    Hehe… Hati2 jgn sampe blunder bang Ilman, imbangi dengan konsistensi mengelola komunitas yg sudah ada. Klo sekarang ayongeblog nya uda ga keurus, jgn2 besok2 anakui yg malah ga keurus… 😛

    Btw, kaget juga saya univind crew ada 8 orang. Mantep deh. Perkembangannya cepat sekali…

    Ah ya, tadi siang saya mampir ke mahali lho. Udah liat wisma univind nya. Deket bgt sama masjid ya. Hehe… Tapi maaf ga sempet mampir masuk, soalnya pas di sana turun ujan. Huhu… Jadi langsung ngerjain urusan lain deh…

    Suka

  2. #1 sidicx
    ahahaha.. ehm jg deh 😀

    #2 Adit
    insya Allah nggak dit.. kan resolusinya ‘gabung di komunitas’, bukan ‘bikin komunitas baru’ 😉

    gabung di komunitas2 bwt networking dan berbagi ilmu, tapi intinya tetep di anakUI.com 🙂

    UnivindCrew ada 8 orang itu jg termasuk yg NeoHoster.. NeoHosternya 4 orang, yg di development/consulting-nya 4 orang 🙂

    #3 Wahyu Awaludin
    iya nih yu, belum pernah sama sekali nih gw..
    jangan2 kita bareng lagi ke luar negerinya? hehe

    #4 Fikri Rasyid
    ayo fik, buruan bikin! insya Allah gw bantuin ide, ilmu2, dsb deh.. 😀

    #5 jasa company profile-gita
    amiin, sama2 ya 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s