Teknologi 4G, Cepatlah Datang! Kami Menantimu!

Internet Access Here Sign
XL Jajal Kemampuan 4G LTE.  Berita di Detikinet itu membuatku tersenyum. Tersenyum, membayangkan beberapa tahun lagi masyarakat Indonesia akan menikmati Internet cepat. Lebih cepat dari istilah “broadband” sekarang.

Aku baru lulus dari kampus sekitar 2 tahun lalu. Sekarang ngejalanin usaha sendiri, web consultant dan website komunitas anak-anak Universitas Indonesia, almamaterku dulu. Aku juga aktif di komunitas StartupLokal, komunitas para pengusaha startup seperti aku ini.

Ngebayangin kan, karena aku cari makan dari Internet, betapa kecepatan Internet itu berpengaruh besar dalam hidup aku. Sekarang sih aku (dan pasti kamu juga) ngerasa sabar-sabar aja dengan kecepatan Internet Indonesia yang cuma segini, paling mentok di 1Mbps. Yang lebih cepet, masih lebih mahal. Masih cukup jauh di bawah rata-rata kecepatan Internet di dunia yang 1.8Mbps.

Jadi, ga salah dong, kalo aku berharap banget 4G itu bisa segera dipake secara luas di Indonesia. Berharap juga lebih murah harganya dan kualitasnya stabil ga putus-nyambung mulu.

Aku berandai-andai dan berharap, apa aja yang bakal kita semua dapatkan kalo teknologi 4G itu benar-benar udah dipake luas di Indonesia. Buat dunia bisnis khususnya dan buat masyarakat Indonesia umumnya. Apa ya?Kalo buat bisnis:

  • Bisnis-bisnis dan startup-startup yang ada sekarang bakal berkembang lebih cepat. Bisnisku juga, amiin!
  • Akan bermunculan lebih banyak entrepreneur-entrepreneur internet muda. Efeknya adalah berkurangnya pengangguran di Indonesia.
  • Akan banyak lagi inovasi kreatif di bidang teknologi web dan bermunculannya startup-startup dengan model bisnis kuat. Indonesia bakal lebih dilirik lagi oleh para pemodal ventura.
  • Indonesia akan punya “Silicon Valley” entah di Bandung, Jogja, atau Jakarta, yang memunculkan perusahaan-perusahaan ternama yang punya manfaat kuat bagi dunia

Kalo buat masyarakat secara umum:

  • Tentu saja masyarakat lebih cepat lagi mengakses informasi. Dengan kecepatan ujicoba XL kemarin yang mencapai 100Mbps, ngebuka website itu udah sama kaya kedip aja, langsung kebuka semua
  • Akan ada lebih banyak lagi photoblog dan video blog. Konten-konten positif ini harus dan akan menggantikan foto-foto dan video-video porno yang banyak bertebaran.
  • Karena foto, musik, dan video bisa diakses lebih cepat, yuk ucapkan selamat datang masa keemasan industri kreatif digital
  • Akses Internet akan merata ke daerah-daerah luar kota besar. Kalo sekarang, di perkotaan sudah dapet 3G dan di pedesaan dapet sinyal GSM, nantinya kalo di perkotaan sudah dapet 4G, di daerah bakal ada 3G dong harusnya.

Tapi namanya teknologi, ada dampak positif dan minusnya. Beberapa dampak negatif yang bisa aku bayangkan sekarang:

  • Karena kecepatan akses ke internet lebih cepat, tentu akses ke konten-konten porno lebih cepat juga. Dan bisa jadi bakal mendorong orang untuk mengakses yang porno-porno lebih sering lagi.
  • Kesenjangan digital, anak-anak daerah tergagap-gagap menggunakan email, blog, Facebook, dsb. Mereka pun jadi rentan terhadap keamanan Internet (misal pencurian data pribadi, privasi, dsb).
  • Masih banyak orangtua yang buta terhadap teknologi. Mereka nggak ngawasin anak-anak remajanya berinternet dan menggunakan perangkat-perangkat digitalnya.

Aku menghela nafas. Gimana ya cara mengatasi dampak-dampak negatif itu. Ah, itu semua bukan tugas pemerintah sendirian kok. Masyarakat bareng-bareng, dengan satu gerakan yang terpadu, bisa bikin dunia Internet Indonesia jadi lebih baik lagi.

Kalau jadi orang tua nanti, aku kan mengajarkan keluarga dan anak-anakku tentang menggunakan teknologi Internet yang sehat. Mau 3G kek, 4G kek, 5G kek, teknologi canggih tidak ada manfaatnya, kecuali digunakan dalam kebaikan. Betul kan?

Aku pun kembali tersenyum.

Iklan

4 pemikiran pada “Teknologi 4G, Cepatlah Datang! Kami Menantimu!

  1. Film-film indie Indonesia di beoscope.com bisa ditonton tanpa terputus-putus.

    Video silat di VideoSilat.com berani memasang video kualitas HQ.

    Suka

  2. betul ^_^ semoga dampak positifnya jauh lebih banyak dan kita bisa nyumbang solusi untuk meminimalkan dampak negatifnya..

    nah. gimana tuh?
    hhe
    *lama ga buka blog ilman, ketinggalan deh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s