MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: anakUI.com dan Website Komunitas Mahasiswa Se-Indonesia

Screenshot anakUI.com

Saya (sekarang mantan) mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Tahun 2007, saat saya kuliah tahun kedua di kampus Universitas Indonesia, saya merasa kekurangan media informasi tentang kampus saya sendiri. Berita-berita nasional kan udah ada ya, di Detik.com/Kompas.com, tapi kok nggak ada sumber berita ter-update tentang kampus sendiri?

Website resmi UI isinya cuma berita yang formal, kurang banget sisi mahasiswanya. Di kampus udah ada sih, media-media cetak mahasiswa kaya buletin gitu, tapi munculnya cuma 1-2 bulan sekali. Sangat kuraaang banget buat orang-orang yang “haus” informasi seperti saya ini.

Terus tiba-tiba kepikiran, “kenapa nggak bikin website media informasi khusus buat kampus Universitas Indonesia?”. AHA! Abis itu saya brainstorming konsep dengan sahabat saya. Terus buat memastikan apakah banyak juga anak-anakUI yg butuh media informasi tentang UI kaya saya, saya bikin survei singkat ke beberapa temen di berbagai fakultas.

Sekitar satu bulan setelah ide itu pertama muncul, jeng-jeng-jeng, muncullah anakUI.com! Apa itu anakUI.com? anakUI.com adalah website media informasi berbasis komunitas. anak-anakUI yang terdaftar itu bisa mosting tulisan-tulisan mereka, yang berhubungan dengan kampus UI, dunia kemahasiswaan, ataupun opini tentang apapun.

Jadi, anakUI.com itu memfasilitasi anak-anakUI, mahasiswa aktif atau yang sudah bukan jadi mahasiswa lagi, buat menyuarakan pemikirannya, atau berbagi tentang hal-hal terbaru yang ada di kampus UI. Plus, keberadaan anakUI.com diperkuat dengan media sosial berupa Twitter (@anakuidotcom) & Facebook Fanpage (facebook.com/anakuidotcom). FB & Twitter membagi link ke tulisan-tulisan baru di anakUI.com, sekaligus meng-update hal-hal singkat yang paling aktual di UI, yang tidak diangkat dalam bentuk artikel di anakUI.com.

Flashback tiga tahun lalu, anakUI.com bener-bener kecil. Tulisan cuma dua hari sekali dipublish satu, tapi pelan-pelan banyak anak-anakUI yg tahu, yang daftar, yang ikut posting, yang meramaikan komentar.

Hingga akhirnya seperti sekarang ini, punya lebih dari 5400 member terdaftar, yang posting lebih banyak, satu hari ada 2-3 tulisan yang dipublish. Total postingan selama tiga tahun lebih ini sudah lewat dari angka 1.200 postingan, Twitternya sekarang punya lebih dari 6 ribu follower, dan FB Fanpage-nya punya lebih dari 12 ribu fans.

Alhamdulillah, kerja keras semua tim anakUI.com terasa dampaknya sekarang ^^. anakUI.com (katanya sih) bisa merekam sejarah mahasiswa-mahasiswa UI. Banyak yang bilang terbantu dengan anakUI.com, karena bisa tahu apa yang lagi “HOT” di UI. Alhamdulillaah 🙂

Ke depannya, masih banyak rencana yang akan dieksekusi, buat bikin anakUI.com lebih dicintai anak-anakUI lagi. Buat bikin anakUI.com lebih merangkul semua komunitas atau organisasi di UI. Dan buat bikin anakUI.com jadi media komunitas nomer satu di UI, seperti visi dan impian yang telah ditetapkan di awal 🙂

Sementara tim anakUI.com terus berlari mencapai visi anakUI.com di kampus sendiri, saya punya impian buat ngeliat di kampus2 lain juga ada yg seperti anakUI.com. Dengan semua hal positif yang saya rasakan dengan adanya anakUI.com, saya pengen supaya kampus-kampus lain punya media komunitas seperti anakUI.com juga. Pengen bangeet, ngebantu nyebarin ide dan semangat untuk pembuatan website-kaya-anakUI.com di kampus lain.

Alhamdulillah, satu udah ada, yang foundernya diskusi online bareng saya sebelum bikin. Namanya BarudakUNPAS.com dari Universitas Pasundan Bandung. Plus yang lain yang saya temuin, SahabatPNJ.com dari Politeknik Negeri Jakarta, dan Komunitas Blogger IPB (bloggeripb.org).

Nah, sekarang sedikit analisis mengenai kenapa adanya anakUI.com bisa (sedikit) menanggulangi pemborosan energi di planet bumi ini.

  1. Dengan media informasi berupa website, penebangan kayu untuk dijadikan kertas bisa dikurangi. Proses pengolahan dari kayu jadi kertas kan juga membutuhkan listrik dan sumber daya lain, energi yang keluar banyak. Dengan mengurangi penggunaan kertas, kita bisa membantu menjaga pepohonan, dan mengurangi pemborosan energi. Kecil banget sih memang, tapi setidak-tidaknya itu merupakan kontribusi 🙂
  2. Selain itu, anakUI.com juga ada versi mobile-nya, jadi nggak selalu harus dibuka dari komputer. Nah, listrik yang digunakan oleh handphone itu lebih sedikit dibandingkan versi komputer bukan? Dengan membuat versi mobile, bahkan pemborosan energi juga bisa dikurangi!

Yuk, kampus-kampus yang mahasiswanya belum punya website komunitasnya, bikin yuk, insya Allah saya mau bantuin. Buat anakUI.com, BloggerIPB, SahabatPNJ, BarudakUNPAS.com, dan yang lain yang udah ada, terus bertahan ya, berikan manfaat yang sebesar-besarnya buat kampus, Indonesia, dan dunia. Maju terus website komunitas mahasiswa! 🙂

Iklan

10 pemikiran pada “MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: anakUI.com dan Website Komunitas Mahasiswa Se-Indonesia

  1. yaa…
    andai setiap kampus mempunyai portalnya masing-masing. Karena kecenderungan mahasiswa saat ini(terutama di kota besar) tak begitu peduli dengan keadaan sekitar.

    tentu dengan forum seperti AnakUI.com mempertemukan semua pendapat dari mahasiswa terhadap kampusnya sendiri.

    Suka

  2. #5 Dwi Wahyudi
    makasih sudah berkunjuung! 🙂

    #6 Agung Cahyadi
    amiin, mudah2an anakUI.com dan website-website lain yg sejenis bisa terus bermanfaat yaa 🙂

    #7 ikhsan
    amiiin, do’akan semoga dapet yg terbaik, makasih banyaak! 🙂

    Suka

  3. Mantabh! Sesuai prediksi. 5 besar, dan Saya dukung terus Ilman untuk jadi number 1.

    AnakUI.Com benar2 keren dan juga keterlibatan advanced ilman di wordcamp,socmed dll memang tak sembarang orang yang bisa. Butuh passion (ada tuh slidenya dari ilman kan hehe..)

    Maju terus!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s