Berhenti Sejenak, Refleksi 6 Bulan Seorang Full-Time Entrepreneur

reflection
(cc) photo credit: Kristina B
Kalo beberapa postingan terakhir 1-2 bulan ini terasa agak ngawang dan ga konkret, tentang passion dan impian aja, sekarang mau cerita yang lebih konkret aja deh. Tentang gimana perjalanan gw di Univind beberapa bulan terakhir ini. Sekedar buat ngerefresh, terakhir gw ngasih update itu di postingan ini: Sekarang Saya adalah Full-time Entrepreneur 🙂

Sekarang gw mau cerita gimana kondisi gw pribadi dan kondisi perusahaan konsultan web gw, Univind.

Dari November 2009 – April 2010, berarti udah hampir enam bulan gw jadi entrepreneur penuh waktu, dan enam bulan pula Univind berjalan full time (dulu sampingan kuliah).

Udah enam bulan pula laporan keuangan perusahaan dibuat. Alhamdulillah, ternyata Univind ga salah bikin strategi untuk dari awal seriusin bikin laporan keuangan. Laporan keuangan ini bener-bener jadi salah satu indikator terbaik untuk ngukur kinerja usaha.

Sejak pertama dibuat bulan Oktober 2009 sampai bulan Februari 2010, laporan keuangan Univind itu selalu merah. Artinya kita merugi, pendapatan lebih sedikit dari pengeluaran. Alhamdulillahnya, ruginya itu progresif. Setiap bulan, kerugian selalu berkurang, karena pendapatan (lewat unit bisnis hosting namanya NeoHoster dan proyek-proyek) berhasil ditingkatkan, dan pengeluaran berhasil ditekan.

Alhamdulillah, untuk pertama kalinya, laporan keuangan bulan Maret 2010 berhasil menjadi biru, artinya kita berhasil meraup keuntungan. Nggak gede, masih kecil banget, ga signifikan. Tapi tetap sangat disyukuri, karena ini nunjukin bahwa Univind berkembang.

Teruus, sejak pertama jadi entrepreneur fulltime, gw dan Kamal nggak gajian dalam beberapa bulan. Mendahulukan tim kita dulu, baru kita sendiri. Baru sejak awal bulan Maret kemarin, Alhamdulillah kita bener2-bener bisa gajian, langsung dalam jumlah yang ‘layak’ dan ‘mendekati standar’ gaji yang lain 🙂

Terus juga, alhamdulillah, ternyata hal yang dulu pas masih kuliah gw cuma bisa denger ga percaya, ternyata beneran kenyataan. Yaitu kenyataan bahwa di IT, kita nggak bakal kehabisan proyek. Jadi Univind sekarang sudah beberapa kali menolak atau mengalihkan atau merekomendasikan ke temen-temen kita yang lain, tawaran-tawaran proyek yang tidak bisa dipegang oleh kita. Ayo buka usaha di bidang IT, insya Allah selalu ada pintu rezeki terbuka!

NeoHoster alhamdulillah setiap bulannya selalu meningkat juga omsetnya. Dua kali bagi hasil dengan Pak Yugo, dosen Fasilkom yang jadi investor NeoHoster bulan Maret dan April ini, jumlahnya selalu bertambah. Uang halal yang diputar dengan jujur dan halal, hasilnya juga berkah, yaitu berlipat ganda. Alhamdulillah 🙂

Tentang proyek-proyek yang dijalankan oleh Univind, kita Alhamdulillah udah megang berbagai jenis klien, dari lembaga penelitian di tingkat fakultas, perusahaan menengah, LSM, seorang tokoh publik, bahkan kita juga insya Allah bakal kerjasama dengan kampus sendiri, Fasilkom UI.

Terus lagi, secara personal, gw dan Kamal juga saling membuka jaringan pribadi masing-masing. Gw lebih aktif di komunitas blogger, aktivis online, dan bisnis Internet. Sedangkan Kamal lebih aktif di komunitas-komunitas pengusaha, seperti komunitas Tangan Di Atas (TDA) Kota Depok, komunitas pengusaha UI, dan yang lainnya. Ini ‘strategi’ tak tertulis, supaya jaringan Univind juga makin meluas di berbagai bidang, seiring bertambahnya jaringan pribadi para founder-nya.

Seneng banget juga, karena kita Alhamdulillah sering menemukan & mendapatkan hal-hal tak terduga. Tawaran kerjasama, undangan-undangan ini itu, koneksi baru, kesempatan-kesempatan pengembangan diri dan usaha, dan semua hal yang membuat kita sangat bersyukur.

Jalan ini ga selalu bahagia dan lancar-lancar saja. Selalu ada masalah yang menerpa di Univind, baik itu masalah komunikasi, masalah dengan klien, masalah teknis (contohnya ini), masalah yang tidak terduga, dan masalah-masalah lainnya. Tapi semua masalah itu alhamdulillah bisa diatasi, dan kalo ngambil bahasa Kamal, membuat kita “naik kelas”.

Dan, semua yang disebutin di atas ga bakal terwujud tanpa kerja tim. Tanpa sebuah keluarga bernama UnivindCrew. 6-person crew inilah yang membuat semua cerita di sini bisa terjadi.

Eko, ownernya Univind juga & yang 2 tahun lalu ngediriin NeoHoster, meskipun sekarang ga full time di Univind karena masih kerja juga tempat lain, punya porsi sangat besar dalam bikin NeoHoster bisa jadi kaya gini sekarang. Ayo ko, cepetan full di Univind 😀

Rizkiansyah yang jadi ujung tombak NeoHoster. Dia bener-bener belajar dari 0 enam bulan lalu saat diajakin gabung di Univind. Sekarang dia berhasil bikin omset NeoHoster naik jadi lebih dari 5 kali lipat dibandingin dulu. Alhamdulillaah..

Terus Ai, yang semangat belajarnya tinggi banget, membangun sistem keuangan Univind dari 0. Berkat Ai, kita jadi bersyukur, nasihat pebisnis senior untuk “bikin laporan keuangan yang bener” itu bisa dijalani juga. Entah apa jadinya kalo dulu kita ga dapet partner seperti Ai.

Isti, yang gabung di Univind baru sejak 2010, paling semangat buat gabung di Univind, tapi sempet ditunda2 karena belum ada proyek juga. Sejak ada Isti, Alhamdulillah, pemasukan Univind lewat proyek jadi lebih lancar. Dan kalo lg ada Isti, kantor pasti rame, ada jajan-jajan makan-makan juga, hehe

Dan terakhir ya Kamal, founder, leader, dan inspiratornya Univind. Satu paragraf ga cukup buat nyeritain, pokoknya sejarah Univind ya sejarah Kamal juga. Silakan search di blog ini buat tahu ceritanya 😀

UnivindCrew
UnivindCrew. Ki-ka: Rizki, Isti, Ai, Ikhlas (ga masuk UnivindCrew, tapi termasuk ownernya Univind), Ilman, Eko, Kamal

Intinya, I’m very happy with my life.

Menjadi pengusaha, di bidang Internet, memang merupakan passion sekaligus impian gw dan Kamal. Kami bener-bener bersyukur dan bahagia menempuh jalan “nekad” seperti ini.

Alhamdulillaah..

pesan sponsor: gw bisa bahagia hidup seperti ini karena Alhamdulillah sudah nemu passion gw. Temen-temen sudah bahagia belum? Kalau belum, mudah-mudahan ebook karya gw ini bisa membantu. Passion: Find and Live It!

Iklan

17 pemikiran pada “Berhenti Sejenak, Refleksi 6 Bulan Seorang Full-Time Entrepreneur

  1. #1 havban
    do’ain ane selalu ya 😀
    proyeknya Univind masih kecil2, belum kuat buat bayar orang selevel ente hehe

    #2 nisa
    siip, sudah diganti! makasih banyak ya nis
    amiiiin buat do’anya.. sama2 jadi lebih baik lagi!

    #3 anas
    amiiin, sama2, mudah2an bisa keterima di MIT yaa 🙂

    Suka

  2. Wah, keren euy refleksinya man. Sangat manusiawi. Blog saya terlalu artikel-ish jadi kurang personal rasanya.

    Sure i learn a lot from you. Happy enterpreneur-ing! 🙂

    Suka

  3. Wahh keren euy udah jd enterpreneur bidang IT. I respect about it! Hmmm..brrti boleh minta saran2xa dalam mengembangkan web pribadi atau blog misalnya hehehe…
    Sukses deh Man!

    Suka

  4. #5 avicienna
    hihihi, iya, udah banyak..
    tapi tenang aja, pasarnya juga masih gede kok 🙂

    #6 Fikri Rasyid
    makasih banyak fik!
    saya juga belajar banyak 🙂

    #7 soezack
    amiiin.. sama2 bersemangat yaa

    #8 Zakky
    boleh2, insya Allah bisa.. emang bidang usahanya tentang itu, hehe

    #9 Rizky Syaiful
    fastabiqul khairat? ayuuk.. 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s