I Have a Dream! Inspirasi dari New Wave Marketing Power Lunch "Marketing to The Stars"


bersama pasangan mas Anang dan mbak Ollie. foto dari The-Marketeers

I have a dream, a song to sing
To help me cope with anything
..
(ABBA – I Have a Dream)

Ga ada hal yang paling bikin ngiri sedunia (dalam arti positif) selain ngeliat orang lain dalam usia yang relatif tidak berbeda dengan kita sudah melakukan hal-hal kebaikan dan bermanfaat lebih banyak dari kita.

Juga nggak ada yang bikin semangat kita memuncak selain merasakan orang-orang terdekat di sekitar kita juga memancarkan semangat positif.

Juga nggak ada yang bikin optimisme kita terhadap masa depan kita dan bangsa Indonesia membuncah selain berbagi mimpi-mimpi bersama untuk Indonesia.

Itulah yang gw rasakan saat gw diundang (lagi! alhamdulillah ๐Ÿ™‚ ) oleh MarkPlus dalam acara bernama Youth New Wave Marketing Power Lunch.

Mengapa Youth? Karena yang diundang di sini adalah puluhan pemuda Indonesia yang inspiratif dan berprestasi. Intermezzo: Kenapa pemuda, bukan pemuda dan pemudi? karena tidak ada definisi ‘pemudi’ dalam UU No. 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, yang artinya pemuda adalah pemuda laki-laki dan pemuda perempuan ๐Ÿ™‚

Para pemuda tersebut (juga orang-orang yang sudah lewat rentang usia pemuda 16-30 tahun tapi masih berjiwa muda dan mendukung kaum muda) diundang untuk membagi mimpi mereka.

Mimpi?

Ya! Karena mimpi adalah kunci untuk menaklukkan dunia (Nidji – Laskar Pelangi), masa depan Indonesia (dan dunia) ditentukan oleh mimpi-mimpi para pemuda saat ini yang akan dicapai bersama-sama.

Dalam diskusi yang dipimpin oleh pak Hermawan Kartajaya (HK), terungkap mimpi-mimpi dan inspirasi-inspirasi dari para pemuda tersebut (urutan random)

# Pak Ciputra, guru dan inspirator entrepreneur Indonesia, bilang, Indonesia tidak maju-maju karena kita dididik untuk memiliki mental pencari kerja. Kita perlu banyak entrepreneur untuk membuat Indonesia maju.

# Pak Ci saat ini sudah berumur 78 tahun, tapi dia masih punya mimpi, dalam 25 tahun, akan ada 4 juta pemuda entrepreneur yang akan mengubah Indonesia! Orang tua yang masih berani bermimpi, benar-benar berjiwa muda! FYI, tahun 2008 cuma sekitar 400 ribu saja.

# Pak Ci bilang, SBY menyetujui dimasukkannya entrepreneurship dalam kurikulum pendidikan.

# Pak HK dulu kerja di Sampoerna, terus keluar karena mendirikan MarkPlus pada 1 Mei 1990. Pak Ciputra, Pak Dahlan Iskan (pendiri Jawa Pos), dan Putra Sampoerna (pendiri Sampoerna) adalah guru-guru entrepreneur-nya Pak HK.


suasana diskusi. foto dari The-Marketeers

# Pemuda-pemuda yang berkarya dalam bidang musik mengatakan bahwa bermusik itu adalah menyebarkan cinta, bisa menginspirasi masyarakat lewat musik (ini perkataan Sari vokalis White Shoes and The Couples Company, CMIIW).

# Majalah Rolling Stones Indonesia punya visi untuk mendokumentasikan karya-karya musik dari bangsa ini. Supaya nanti pemuda-pemuda kita tahu bahwa kita pernah punya Koes Plus, The Rollies, dsb.

# Mas Yoris Sebastian bilang, dia megang majalah MTV Trax Indonesia, konsep majalah yang tetep orisinal walaupun brand MTV-nya nggak lokal, konsepnya pernah ditiru oleh Thailand.

# Mas Kristiono Setyadi, juara Southeast Asia Yahoo! Open Hack Day, punya mimpi bahwa Indonesia akan menjadi Silicon Valley-nya Asia (note: Silicon Valley adalah nama daerah di US tempat perusahaan2 teknologi berada. kiblatnya teknologi)

# Bupati Cimahi punya mimpi bahwa Cimahi jadi the next Silicon Valley-nya Indonesia

# Andrie Jarot, host Apa Kabar Indonesia Pagi di TVOne punya mimpi bahwa kalau kita meng-googling kata ‘Indonesia’, hasil yang keluar adalah berita-berita bagus dan positif tentang Indonesia.

# Danny Oei Wirianto, Chief Marketing Officer Kaskus bilang, buat dan banggalah dengan brand-brand Indonesia. Seperti Kaskus, Koprol, dll..

# Andrew Trigg, suami dari news anchor Metro TV Marissa Trigg, bule yang cukup fasih berbahasa Indonesia :), mengatakan bahwa cuma orang-orang asing yang tidak mengenal Indonesia yang menilai bahwa Indonesia itu identik dengan terorisme, dsb dll.

# Pandji mengatakan bahwa Madrid itu dibom lebih banyak dari Jakarta. Tapi kenapa orang-orang lebih banyak yang berkunjung ke sana? Karena orang-orang belum tahu Indonesia!

# Mas Yoris Sebastian bilang, Indonesia itu juara dunia Creative Entrepreneur 5 tahun berturut-turut! Kita harus yakin dengan bangsa kita sendiri!

# Mas Yoris Sebastian juga bilang bahwa Indonesia harus fokus ke TV, bagaimana membuat konten-konten yang mencerdaskan, nggak melulu meliat sisi komersilnya saja.

# Founder majalah GoGirl!, Nina Moran cerita singkat tentang perjalannya membangun GoGirl! dengan adik2nya. Dulu pernah ditipu berjuta-juta, namun dalam usianya sekarang yang 5 tahun, oplahnya mencapai 120 ribu eksemplar!

# Alanda Kariza, Direktur Indonesian Youth Conference bilang bahwa dukungan pemerintah dan media itu sangat penting untuk mendorong semangat pemuda melakukan kegiatan positif. Media jangan melulu memberitakan hal-hal negatif saja.

# Ditambahkan oleh yang lain (lupa apakah juara olimpiade atau atlet atau yang lainnya), pemerintah baru ‘merangkul’ & media baru mengangkat topik tentang prestasi saat para pemuda sudah mencapai prestasinya. Pas awal-awal berjuang itu sulit sekali, seringkali dengan dana sendiri dan tidak adanya dukungan media.

# Sigit Budiarto, atlet bulu tangkis nasional Indonesia mengatakan bahwa dukungan pemerintah terhadap atlet-atlet bulutangkis Indonesia itu sangat kurang.

# Salah seorang (lupa namanya) dari pengelola Indonesian Basketball League DetEksi Basketball League (DBL) bilang, DBL (liga basket pelajar) itu dikelola profesional, sehingga atlet-atlet pelajar pun akan jadi atlet profesional. DBL itu nomor 2 terbesar dalam jumlah penonton setelah liga sepakbola!

# Doni Tata, rider Indonesia yang pernah membalap beberapa kali di MotoGP 250, bilang kalo di tahun 2010 ini karena dukungan dana dari sponsor dll berkurang, beliau cuma bisa tampil di kejuaraan tingkat Asia. Tahun ini kita ga bisa ngeliat dia ngebalap di MotoGP! Sayang banget ya. Gw ngobrol sedikit sama dia di akhir acara, dan dia masih 19 tahun!

# Di akhir acara, Pak HK menyampaikan bahwa dalam UU Kepemudaan, peran pemuda dalam segala aspek pembanguna nasional itu ada 3 (yang kemudian gw temukan di Pasal 16): Kekuatan moral (moral force), kontrol sosial (social control), dan agen perubahan (agent of change).

# Pak HK juga bilang kalo pemuda harus mengembangkan kapasitas dirinya sebagai pemimpin (leader), wirausaha (entrepreneur), dan pelopor (pioneer). (NB: semua itu ada di Pasal 26-29)


Semua peran pemuda. dicomot dengan izin dari Flickr-nya Mbak Ollie

# Penutup, Deputi Menteri Bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda dan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Pak Budi Setiawan meyakinkan sekali lagi bahwa pemuda itu memang benar-benar pengubah bangsa. W.R. Soepratman, pencipta lagu Indonesia Raya belum berusia 20 tahun saat menghadiriKongres Pemuda II tahun 1928.

# Pak Budi Setiawan juga mendorong pemuda agar memiliki sifat DORAEMON: Dream, Opportunity, Reform, Action, Energy, Mapping, Organizing dan Networking.

NB: Poin-poin di atas tercatat karena saya dan beberapa orang nge-live tweet dengan hashtag #markplus atau #marketeersyouthlunch dari mas Yoris. Saya inget banget pasti ada poin yang terlewat. Kalau ada yang inget, tolong disampaikan ya.

Di akhir, mewakili semua pemuda Indonesia, para pemuda yang diwakili oleh 11 orang pemuda laki-laki dan 11 orang pemuda perempuan kemudian menuliskan impian-impiannya untuk Indonesia lalu dimasukkan ke dalam Indonesia Youth Time Cube 2020: I have a Dream!


Shandy Sondoro memasukkan impiannya. foto dari The-Marketeers


Time Cube yang menyimpan mimpi-mimpi pemuda Indonesia. gambar dari blog Pak Hermawan Kartajaya

Kubus berisi mimpi ini akan dibuka 10 tahun lagi, tanggal 22 Februari 2020. Dan bersama-sama kita akan lihat apakah mimpi-mimpi pemuda Indonesia ini akan tercapai. Insya Allah, IT WILL! ๐Ÿ™‚

..
If you see the wonder (wonder) of a fairy tale
You can take the future even if you fail

Inilah mimpi-mimpi mereka untuk Indonesia. Kalau teman-teman, apa mimpi kalian untuk Indonesia? ๐Ÿ™‚

Review lainnya, yang juga jadi sumber informasi tulisan ini bisa dilihat di

Foto-foto

Iklan

10 pemikiran pada “I Have a Dream! Inspirasi dari New Wave Marketing Power Lunch "Marketing to The Stars"

  1. duuhhh, menyesal sekali gak dapet info apa2 tentang acara ini (katro n ndeso mode=ON),

    tapi ALhamdulillah ada yang berbaik hati mau menuliskan insight acaranya di blog ini…=P (thanks a lot bro)

    wah yg paling keren yang terakhir tuh, yang time cube…

    ini acaranya bulanan ya Man?? ajak2 donk bos kalo ada lagi, makasih sangad… =)

    Suka

  2. #1 ramadoni
    nggak tahu sih bakal bulanan apa nggak, tapi ini alhamdulillah ane diundang sama MarkPlusnya.. sama yg namanya mas Edo (@villahadis). bisa kenal & dikenal karena waktu itu ane ikutan nulis blog untuk dapet tiket MarkPlus Conference gratis buat blogger..

    Suka

  3. #3 lenidisini
    let’s share and spread the power of dream ya!
    keep sharing juga len! ๐Ÿ˜‰

    #4 Brian Arfi
    hahaha.. itu juga review kok..
    beda orang beda gaya penulisannya ๐Ÿ˜‰

    Suka

  4. Kak Ilman emang pantes disebut mahasiswa berprestasi.Tulisan yang ada selalu memberikan pengaruh positif bagi yang membaca.

    Thanks buat tuilisan-tulisannya.
    @bikin web dari dulu ga jadi-jadi….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s