Ikuti Kata Hatimu: 3 Idiots, Film India dengan Segudang Inspirasi

3 Idiots
gambar nyuplik dari CuriPandang

Bener yang orang-orang pada bilang lewat tweet atau lewat blog. 3 Idiots adalah film yang wajib ditonton!

Jadi, 3 Idiots bercerita tentang kisah 3 sekawan bernama Rancho, Raju, dan Farhan, dalam menjalani kehidupan kuliahnya di salah satu institut engineering terkemuka di India. Di situ diceritain kalau sistem pendidikannya itu nggak menjadikan mahasiswanya sebagai manusia, tapi jadi mesin, yang paradigmanya kuliah, lulus dengan nilai bagus, dapet kerjaan, gaji tinggi, hidup bahagia (familiar dengan hidup kita kan?). Sistem pendidikannya nggak membuat manusia itu semangat mencari ilmu, melainkan cuma mendapatkan gelar semata.

Selain itu, di film ini diceritakan tentang orang tua yang (maaf) kolot, yang merasa mengerti bagaimana membuat anaknya bahagia dengan cara memilihkan jalan hidup anaknya. Padahal belum tentu jalan yang dipilihkan itu disukai oleh anaknya.

Inti later belakang ceritanya sih begitu.. Gw ga mau cerita banyak-banyak karena gw masih amazed banget sama filmnya. Bayangin, ini film 3 jam diputer, gw nonton tengah malem (mulai jam 22), tapi bener2 gw nikmatin 100% dari awal sampe akhir! Biarlah teman-teman penasaran aja dengan film keren ini 😀

Faktor besar yang membuat film ini keren adalah karena banyaknya inspirasi yang ada di sana. Nilai-nilai yang diangkat sama film itu benar-benar adalah nilai-nilai yang gw yakini. Beberapa di antaranya ada di bawah (NB: kalian harus nonton untuk benar-benar menghayati nilai-nilai ini! 🙂 )

  • Berpikir positif dalam berbagai kondisi akan sangat membantu. Walaupun berpikir positif belum tentu menyelesaikan masalah, setidaknya itu akan membantu kita tidak memperpanjang masalah. Satu hal yang selalu diangkat dalam 3 Idiots adalah quotes-nya Rancho: all is well (semua baik-baik saja). Dan itu
  • Jangan cuma mengejar impian sendiri, bantu orang lain mewujudkan impiannya. Rancho melakukan itu semua, menyadarkan Raju untuk mengatasi ketakutan-ketakutan dalam hidupnya, dan menyadarkan Farhan untuk mengikuti kata hatinya.
  • Ikuti kata hati kita, jangan berpura-pura, lakukan apa yang memang benar-benar kita sukai. Kalau bertentangan dengan apa yang orang tua kita inginkan? Bicaralah baik-baik dengan mereka, tunjukkan bukti kalau kita memang serius di bidang itu. Tunjukkan suatu prestasi yang sekiranya akan ‘melunakkan’ hati mereka. Semua orang tua bisa dipastikan ingin anaknya bahagia di masa depan. Kalau jalan yang mereka berikan tidak kita sukai, yakinkan mereka bahwa jalan yang kita pilih akan membuat kita bahagia. Farhan did that! 🙂
  • Jangan pernah takut menghadapi hidup. Hilangkan ketakutan-ketakutan tak beralasan yang membuat kita tidak berkembang. Takut menghadapi sendirian? Cari sahabat untuk berjuang bersama.
  • Bergaullah dengan teman-teman inspiratif, yang bareng-bareng akan saling mendukung dalam kebaikan. 3 Idiots itu, masing-masing saling menginspirasi satu sama lain dengan caranya masing-masing.
  • Hidup ini jangan mengejar kesuksesan. Sukses itu cuma efek, bonus, dari apa yang kita tekuni. Seperti yang dibilang di film: Pursue excellence, and success will follow, pants down.
  • Practice what you preach. Jangan cuma bisa ngomong atau menasihati doang, lakukanlah apa yang udah diomongin. Atau yang lebih baik lagi, bicaralah lewat tindakan kita. Rancho yang emang sangat positif dan bersemangat, begitu ditantangin sama Raju & Farhan supaya melakukan apa yang dia suka omongin, dia langsung membuktikannya!
  • Harusnya masih ada lagi, tapi gw lupa. Quotes di IMDB pun nggak lengkap, padahal ada banyak kalimat-kalimat bagus di sana.

Terakhir, ini komentar yang bisa gw kasih tentang film 3 Idiots-nya:

  • Ceritanya kuat banget. Alur filmnya maju-mundur-maju-mundur tapi bener-bener membentuk cerita yang utuh.
  • Kocak. Bener-bener ini film menghibur banget! Asli ga bisa dijelasin, harus nonton sendiri
  • Full musik! Bukan film India namanya kalo ga pake musik atau joget2. Tapi beneran, semua musiknya bagus-bagus.. Bikin pengen goyang di bangku bioskop! :D.
  • Lagunya juga inspiratif. Nggak cuma musiknya enak, tapi maknanya inspiratif banget
  • Bener2 bisa memainkan perasaan. Nonton 3 Idiots itu kaya naik roller coaster. Abis ketawa ngakak, emosi langsung dijatuhin lagi karena adegan berikutnya sedih banget. Atau abis deg-degan, abis itu menangis terharu 🙂
  • Endingnya sangat unpredictable. Ga nyangka deh lihat endingnya.
  • Minusnya ada (yg bikin filmnya ga perfect 10/10), yaitu karena ada beberapa hal yg ga sesuai samai norma-norma yg gw anut: ada mabuk-mabukan, ada adegan ciumannya antara Rancho & Pia (ngajarin ga bener, belum nikah udah ciuman >_< ), sama tradisi nunjukin celana dalemnya, geli banget..

Ayo buruan nonton, cuma ada di Blitz Megaplex.. Lihat jadwalnya sih masih sampai 18 Februari 2010 besok. Film seinspiratif ini harus disebarkan ke semuanya! Dan harus nonton di bioskop, soalnya sensasi getaran-getaran kursi karena efek suaranya pasti nggak bisa didapatkan di tempat lain..

Jadi, 3 Idiots buat gw nilainya 9,5 dari 10. Bener-bener film terbaik yg pernah gw tonton! Nyesel kalo nggak nonton dan ga dapet inspirasinya 🙂

NB: Karena ini nulisnya pagi-pagi (ngejar mumpung masih seger di pikiran), Insya Allah segera setelah ada waktu lain, gw update tulisannya biar makin manteb 🙂

Iklan

66 pemikiran pada “Ikuti Kata Hatimu: 3 Idiots, Film India dengan Segudang Inspirasi

  1. yang sulit ini “Hidup ini jangan mengejar kesuksesan” soalnya doktrin dari SD dah bgtu sih… tapi buat gue sih… ngak terlalu ngarep sama kesuksesan… Just follow the wind ajah 😀

    oia,

    satu nilai positif adalah tuk berani jujur sekalipun saat menjelang deal / wawancara kerja 😀

    Suka

  2. gw belum nontoooooonn… kemaren pas uda nyampe blitz keabisan tiket. mo nonton yang jam 22.00 kok ya kemaleman buat anak kost putri yang besok paginya masi harus ngantor lagi macem gw

    Suka

  3. #1 Arham
    jangan ngejar kesuksesan ya, kejarlah passion kita, sukses itu bonus 🙂

    #2 yoshife
    iya mas! harus tonton! harus!! 😀

    #3 fairyteeth
    pesannya udah bukan tersirat lagi, tapi emang tersurat, hehe..
    film bagus banget buat penyemangat hidup.. ayo tonton mbak! 🙂

    #4 oelpha
    ayo tonton, masih ada waktu sampe minggu depan 🙂

    Suka

  4. Sejak nonton film Slumdog itu saya jadi nggak terlalu anti nonton film India. Imej bahwa film India full musik dan tari2an juga nggak muncul di situ.

    Makanya, saya jadi kepingin banget deh nonton ini film.

    Thanks Man atas review nya yg bikin penasaran hehehe

    Suka

  5. #6 Iman
    kalo Slumdog kan emang ga full musik sama tari2an kang.. bahkan sampe akhir film saya mikir “wah ini film india pertama yg ga ada jogednya”, eh ternyata kecele sama endingnya, hehe

    tapi kalo 3 Idiots ini, sama kaya film india biasanya, joget dan lagunya banyaaaak banget (nggak ding, ini lebay.. cuma 5 kalo ga salah. eh itu banyak juga ya, hehe)

    tapi tenang aja, lagu2nya dan liriknya itu keren banget kang! denger lagunya sambil baca translatenya di filmnya itu bener2 ngebawa suasana hati.. bagus banget deh pokoknya!

    harus nonton kang! 🙂

    Suka

  6. seorang temen semasa di FISIP UI (Hasyim) gandrung bgt ama film & lagu India. Belakangan gw baru meresapi bhwa apa yg org2 anggap klo film India itu norak, (mungkin karena atraksi tiang & joget2nya) itu gak bener. Mnurut gw film India punya karakter&budayanya sendiri..

    btw agak nyesel kemarenan, di poinsquare udah pengen beli film ini, pas coba test subtitlenya agak ngaco, trus gak jadi beli.. hmh.. saatnya berburu lagi.. =)

    Suka

  7. #8 awe
    iya, film india itu unik karena joget2nya itu, sebagaimana film hollywood itu unik karena selalu ada adegan ML-nya (hoeks buat yg ini)

    pertamanya cobain nonton bioskopnya dulu aja we, terus nonton ulangnya baru dari DVD.. ga nyesel deh, hehe 😀

    Suka

  8. Skip skip skip…….. belom nonton dan gak mau baca reviewnya dulu.. Cukup baca: ini wajib ditonton hahaha…

    *ntar kalo udah nonton (weekend ini), baru mampir ke sini lagi* hahaha

    Suka

  9. baru selesai nonton nih man..*walaupun pelemnya minta dari orang laen..:p*
    cuma 2 kata buat film ini. amazing & inspiring.
    udah lama gak nonton film berkualitas kyk gini…btw, thanks man bwt reviewnya..mungkin yg skrg perlu dilakuin tinggal ngambil quotenya Pak Rully. “excellence in execution”. 😀

    Suka

  10. i can’t say anything..kecuali.. GREAT…

    dr dulu gw paling ga suka film india….

    tp sumpah bgt dpt referensi film ny dr kaskus….
    gw jd penasaran…..trus nonton….

    ga d sangka gw malah MEWEK wkt nonton….

    ceritanya kuat bgt….persahabatn’y amazing…

    wuaaaaaaaaaaaahhhhhhhh I LOVE THIS MOVIE….

    Suka

  11. wah ini film T.O.P B.G.T
    bagus bgd,,, dari dulu gue suka ma film2 india,, bagi gue film ini lebih bagus daripada MNIK, (tau kan film yang gunain aktor no 1)
    tapi masalah nilai 3idiots dapet 9,7 sedang MNIK cuman nyampe 7,9.. orang2 yang gak suka film india pasti lebih milih tonton MNIK, cos mereka gak pada tau 3idiots,,
    sayang ketenaran Aamir khan gak setenar SHK..

    Suka

  12. BAGUS BANGET!!!!!!Aq sampai nagis g karuan tp juga tertawa g karuan juga, abis lucu, kocak tapi juga full of inspirations for people who see it….apalagi aq juga kuliah di fakultas teknik…

    Suka

  13. wuaaw…akhirnya gw nonton dan nangis berkali-kali boy!!
    Amazing banget…
    Yup, gw gembira bahwa ternyata keputusan gw untuk mengikuti passion gw gak salah, hehe..

    Suka

  14. si ranchu kya einstein aja, d;kirain org dia idiot padahalkan pemikirannya dah jauh k’dpan.
    pokoknya nie flm bgus abis, bwat nyari inspirasi & motivasi….

    Suka

  15. waaaaah bener banget kak ilman.. tapi saya baru sempet nonton selasa kemaren.. kalo kuliah gak sempet nonton begini2an :(. pas libur baru deh maraton nonton film2 keren, heheee :))
    film ini bener2 menginspirasi dan bikin semangat 😀

    Suka

  16. iya…nyesel deh baru nonton kmarin….padahalfilmnya ok bgt….unsur p’shbtan n kekeluargaannya kuat bgt….salut deh….

    Suka

  17. yupzzzzzzzzzzzz
    diputar berulang kali juga gak bosanin..
    paling suka untuk musiknya pada lagu “give me some sunshine” meski bukan sang pemain yang nyanyiin tapi penghayatannya kreen bangat dan feel nya enak bangat…
    dan satu lagi lagu”all izz well” disini lagunya ngebit dan koreonya muantap pisan euy

    Suka

  18. ini bener2 film india terbaik yg pernah gue tonton..
    mpe nonton 3 kali gak bosen2…
    langsung jatuh cinta dah sama si rancho…
    hope there is somebody like him….

    Suka

  19. film bagusss ini…dan aku sangat tertarik dengan salah satu poin utama di film ini adalah sistem pendidikan kitaaa……Indonesia punya banyak PR neh…

    Suka

  20. ” 3 Idiots ”
    Ternyata film india yang satu ini tidak mengecewakan, sangat bagus malah.
    dari segi cerita sangat berisi, alur cerita disusun apik , nilai kehidupannya ada, dan humor nya tidak basi. jeleknya hny masih ada dansa2 ga jelas di tengah cerita..
    overall it’s brilliant movie, nilainya ( skala 1- 5 ) = 4.5

    Suka

  21. betul bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettt…
    seru ggila.. seru100x dah!!
    sumpah gua termotivasi bgdt ama rancho dan farhan, si raju mukanya lucu bgt, polos gila..
    gua kasih 100 jempol dah ama film nya

    meski alur ceritanya flashback. tp ngerti..
    keren keren kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn (~^ 3^)~

    Suka

  22. Durasi yg panjang gak bikin ni film
    ngebosenin…
    inspirable dialogues hampir menguasai dlm tiap cengkerama antar tokohnya
    muantbbb bgdd dahhh
    absolutely love this movie!!!!

    Suka

  23. Jujur saya gak terlalu suka dengan film2 india tapi yang satu ini benar=benar beda sendiri. Yang paling terngiang-ngiang setelah nonton adalah All Is Well dan make your passion your profession. Due jempol dari saya.

    Suka

  24. Sepakat, filmnya bagus… sangat menginspirasi… 🙂

    Oh ya kemaren saya nonton di metro tv dokumenter tentang orang indonesia yang ceritanya mirip ama 3 idiot. Dia ngajarin anak sekolahan teknologi dengan pake roket dari air.. trus juga bikin pesawat “aneh” dengan 3 baling2… persis kayak yang di terbangin si Ranchodas 🙂

    ini trailer nya :

    Group Fb
    http://www.facebook.com/home.php?#!group.php?gid=148041015224394&ref=ts

    Blog
    http://www.habibieselokanmataram.blogspot.com

    Suka

  25. keereeenn bangett filmnya….
    berkualitas n berbobot bangett…

    nah buat Indonesia, film2x berkualitas semacam ini yang mestinya dibuat untuk dinikmati anak negeri…

    ditunggu….

    Suka

  26. sakti bgt si rancho…malamnya gk belajar, tp ujian rangking 1. aku gk tega nonton yg bagian joy lobo, kasihan soalnya…..mengajarkan utk menepati janji, sekecil apapun itu,janji utk tdk ikut wawancara(farhan), janji utk mencukur kumis(virus),…mengajarkan utk mencari ilmu dlm kuliah, bukan nilai/ijazah…

    Suka

  27. gue uda ngliat film ini…………………. dan ada 1 lagi yang saya tambahkan……… belajar bisa dilakukan dimanapun….
    terbukti waktu rancho diusir virus karena mengajarkan viruz menjadi guru rancho langsung pindah kekelas lain……
    sesuka hatinya………. emg lucu sich tp thu penting

    Suka

  28. bener banget!!!
    Film terkeren yg pernah ku tonton….
    penuh inspirasi, semangat, n realistis ^__^
    emg wajib ‘ain di tonton 🙂
    berkali2 te2p g bakal bosen ^___^

    Suka

  29. walaupun filmnya di ulang trus di layar tv,,tpi ttp,,film 3 idiots ngg prnah bsan deh!!!
    di jamin seruuuuuuuu….hehehe
    film yang penuh inspirasi,, i like it 😉

    Suka

  30. 3 IDIOTS I Like …
    gaq bosen nonton trus …
    Rancho,Raju,farhan ganteng semua
    wkwkwk
    Ranchodas Syamaldas Chancad
    Phunsukh Wangdu

    Suka

  31. Aal Izz Well
    Uthamam dhadakan phadam
    Madyam phadam tuchuk-tuchuk
    Khanistam thud-thudya phadam
    Sur suri phrana kadakam

    Suka

  32. waduuhh, ketinggalan dong, baru kemarin nonton ditv, menjadi liburan yang ,mengesankan, ada yang jual cdnya ga ya ? memang judul aslinya tuhh 3 idiot ? biasanya pakai bahasa india judulnya….

    Suka

  33. waduhh.. ketinggalan dong, baru kemarin nonton di tv , menjadi liburan yang mengesankan kemarin, mau beli cdnya ada yang jual ga ya ? bener tuh judulnya 3 idiot, biasanya juduknya pakai bahasa india…

    Suka

  34. w nonton film ini rasanya tuh w bener bener ada dlm film itu sendiri…
    film nya kocak,mengharukan,seru…bener-bener wajib di tonton dehh…dari semua film yang pernah w liat ini yang terbaik…top dehh..

    Suka

  35. Hallo, salam kenal. Suamiku orang India nih, jadi mau ngga mau aku HARUS nonton film India. Btw, aku tinggal di Abu Dhabi… pertama kali nonton filem India di bioskop sini, bete banget! Bayangin nonton filem India asli berbahasa India dengan subtitle Arabic, selama 3 jam! zzzzzzzzzzzz… mending tidur aja! Setelah kejadian itu, suami selalu ‘make sure’ kalau ada subtitle bhs. inggris-nya pas nonton di bioskop… hahahah

    Anyway, filem2 India sekarang bagus2 kok! Ngga tau yah di Indonesia ada CD nya atau ngga, tapi coba cari & tonton filem2 ini:

    1. Taree Zameen Par ( http://www.taarezameenpar.com/ ) : tentang anak penderita autis yang harus berjuang soalnya ortu nya (i.e. bapaknya!) ngga mau nerima kalau dia autis.

    2. Muna Bhai series (Muna Bhai MBBS & Muna Bhai Lage Raho): tentang preman berhati nyaman yang gara2 jatuh cinta sama cewek, pura2 jadi dokter. Kocak abisss, Tapi banyak pesan2 sosial juga loh! Kayak si Muna (si preman) yang gerem banget & mukulin para dokter yg sok2 formalitas minta si pasien ngisi form dulu padahal si pasien udah gawat darurat!

    3. Ghajini. Ini remake film barat “Memento” … walaupun remake, dikemas apik juga kok!

    4. Film terbaru, Delhi Belly. Kocak abisss!

    Pokoknya, rule of thumb, film2nya Aamir khan biasanya bagus. So… cari CD nya and tonton deh! 🙂

    Suka

  36. saya sudah menonton filmnya dan sangat inspiratif bgt saya kagum dengan rancho orang yang cerdas dan sangat peduli dengan orang lain, orang sering bilang india itu cuma film cinta2an yang klo ada ujan nyanyi klo ada taman nyanyi semua ngebosenin tapi 3 idiot beda bgt ini film keren dan wajib di tonton.

    Suka

  37. We have decided to open our POWERFUL and PRIVATE website traffic system to the public for a limited time! You can sign up for our UP SCALE network with a free trial as we get started with the public’s orders. Imagine how your bank account will look when your website gets the traffic it deserves. Visit us today: http://bit.ly/18FbegW

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s