Bertemu Matt Mullenweg Sang Founder dari WordPress, Jutawan di Usia Muda, dan Orang Paling Berpengaruh di Web Dunia

Assalamu’alaikuum..

Jadi ceritanya dimulai pagi ini. Tiba-tiba aja pagi tadi (untung gw ga lagi tidur abis subuh) Mas Valent, organizernya WordCamp Indonesia 2009, kumpul2nya pecinta WordPress Indonesia, nelpon gw. FYI, gw dan teman-teman Ayo ngeBlog! bantuin panitia WordCamp jadi volunteer acara dan promosiin WordCamp di Ayo ngeBlog! Itulah mengapa ada logo Ayo ngeBlog! di halaman depan website WordCamp Indonesia 2009.Mas Valent nelpon gw, ngajak jemput Matt Mullenweg, sang founder dari WordPress. Wah, ujug-ujug dan ngagetin banget, gw yang bukan siapa-siapa dia ajak ngejemput juga. Untung gw ga punya agenda seharian ini, jadi alhamdulillah bisa ikut. Harusnya bukan gw yang nemenin Mas Valent jemput. Karena temennya mas Valent yang tadinya pengen ikut jemput lagi ada meeting, akhirnya gw lah yang diajak.

Kedatangan Matt kali ini sangat spesial sekali untuk menemui para pecinta WordPress di Indonesia dalam WordCamp pertama kalinya di Indonesia. Dan Alhamdulillah, gw beruntung banget bisa bertemu dia duluan sebelum dia bertemu orang-orang Indonesia lainnya.

Matt Mullenweg, 2005

Matt Mullenweg, 3 tahun lalu

Oh iya, di Indonesia banyak banget orang yang nge-fans dengan Matt. Cewek-cewek ngefans dia karena ganteng. Gw juga ngefans dia sebenernya, karena dia amat sangat menginspirasi gw untuk bisa mengikuti jejaknya, bermanfaat bagi orang lain sedunia. Buat yang belum tahu, dia ada di peringkat 12 dari daftar entrepreneur Internet terkaya di bawah usia 30 tahun. Terus juga dia ada di urutan 16 dari 50 orang-orang paling penting dalam dunia web dunia. update 27/1 Juga masuk dalam 25 orang yang paling berpengaruh dalam web. Dan paling muda. Dia baru berulangtahun yang ke 25 tanggal 11 Januari 2008 kemarin. Lihat kan, gimana nggak bikin orang2 ngiri dan ngefans?

Bagaimana perasaan gw saat akan bertemu orang sehebat itu? Deg-degan sumpah, karena ini pertama kalinya gw bakal berkomunikasi langsung dengan native speaker, dan sekalinya ketemu, langsung orang kaya Matt! Selain bahasa inggris gw yang pas-pasan, gw juga ga ngerasa terlalu pede buat ngomong dengan native speaker, takut dia ga ngerti apa yang gw omongin. Buat yang tahu kalo gw beberapa waktu kemarin giat belajar bahasa Inggris dengan ngobrol2 bahasa Inggris, ngeplurk dalam bahasa Inggris, dan dengerin bahasa Inggris, ya itu buat ini.. Nyiapin buat ketemuan dan ngobrol2 dengan Matt di WordCamp Indonesia 2009. Eh, siapa kira gw bisa kenalan dan ngobrol2 sama dia langsung? Alhamdulillah banget..

Jam 13.30 Matt keluar, langsung kita panggil dan disalamin, terus jalan ke parkiran mobil. Masih deg-degan pengen ngajak ngobrol, gw pun akhirnya memberanikan diri untuk mengeluarkan kalimat kedua (kalimat pertama adalah “Hi Matt! My name is Ilman” :P), yaitu “How’s your flight?“. Setelah dia jawab, gw nanya lagi, “Do you hungry?“, dan ternyata selama penerbangan dia udah makan 5 kali!. Di parkiran terus gw ngajak ngobrol lagi, “Have you ever visited to Indonesia before?“. Dan setelah itu, gw udah pede aja ngajak ngobrol, dan alhamdulillah emang nyambung..

Terasa norak? Hahaha, mungkin iya, karena inilah pengalaman pertama gw interaksi dengan bule asli.. Tapi ke depannya insya Allah nggak norak lagi deh, soalnya udah mulai pede, hehe..

Satu mobil dengan Matt, plus perjalanan panjang yang macet (perjalanan kira2 2 jam) dari bandara ke Dharmawangsa Hotel, bikin kita ngobrol2 banyak dengan Matt. Sepanjang perjalanan gw banyak nanya tentang dirinya dan WordPress, dan dia pun balik nanya tentang Jakarta dan Indonesia. Orangnya bener2 rendah hati dan ga sombong (serta rajin menabung, maybe?), ga kelihatan sama sekali kalo dia tuh milyuner dan orang sukses! Gw khawatir banget kalo gw ntar jadi sukses (amiin.. diaminin dong! :D), gw ga bisa nahan diri buat ga sombong.. Astaghfirullah..

Ini dia beberapa catatan selama perjalanan bareng Matt. Sengaja gw catet di sini supaya gw sendiri inget, dan temen-temen bisa tahu gimana sih ‘daleman’nya Matt?

  1. Gw minta maaf karena first impression dia dengan Indonesia adalah macet!
  2. Di jalan tol Bandara, gw ngasih dia rambutan yang sengaja gw bawa dari rumah (abisnya lagi musim rambutan sih!). Dia kelihatan antusias, sampe moto itu rambutan segala! Karena susah banget ngejelasin cara makannya dalam bahasa inggris, udah deh, gw tunjukin aja cara makannya.. Ngomong2, apa ya bahasa Inggrisnya rambutan? Hairy fruit? Hahaha..
  3. Menggunakan kamera DSLR merek Nikon yang dia bawa, dia moto-motoin banyak objek di sekitar mobil kita. Dari truk, billboard, gw dan mas Valent di dalem mobil, orang naik vespa pake kaos Obama, sampe tukang tambel ban.
  4. Dia belum pernah denger tentang Bali! Wah, kapan2 harus diajakin ke sana nih..
  5. Matt itu dulu kuliah di University of Houston, ngambil Political Science. Believe it or not, dia nggak nyelesein kuliahnya! Cuma dua tahun dia kuliah di sana. Dan believe it or not lagi, dia dulu ngambil political science, tapi ujug2 bisa jadi programmer dan pengusaha! Keren kan!😀
  6. Di tim pengembang WordPress, Matt nggak ngoding langsung, tapi jadi lead developer yang ngasih-ngasih masukan dsb. Tapi believe it or not, Matt masih ngurus dan ngoding sendiri Akismet (Akismet itu plugin anti-spamnya WordPress)! Dia bilang abis dia ngoding, kodingannya dikasih ke karyawannya buat dirapihin.
  7. Automattic, perusahaan bikinannya, punya karyawan sekitar 35.
  8. Matt ke kantornya jalan kaki, karena jaraknya cuma satu blok (ada yang tahu satu blok itu berapa meter kira2?). Tapi dia lebih sering ngantor dari rumah.
  9. Dia nyoblos Obama di Pilpres Amerika kemarin! Gw juga ngasih tahu kalo masyarakat Indonesia banyak yang ngefans dengan Obama karena dia pernah tinggal di Jakarta.
  10. Dia suka Jakarta karena Jakarta itu penuh warna warni: orangnya, terus kendaraannya (angkot dan bis kali ya) dan lingkungannya.
  11. Dulu, pas dia pertama bikin WordPress buat konsumsi pribadi terus dia publish, dia ga ngebayangin WordPress bakal jadi kaya sekarang ini..
  12. Blogspot vs WordPress? Blogspot dia bilang masih sangat-sangat besar (jumlah blognya), tapi pertumbuhan WordPress sangat pesat melebihi pertumbuhan Blogspot, sampe dia bilang suatu saat nanti WordPress pasti nyamain Blogspot. Gw juga nyeritain kalo banyak dari temen2 gw pindah dari Blogspot ke WordPress, dan dia seneng banget!
  13. Gw nyeritain ke Matt kalo di Indonesia, WordPress makin populer karena di tahun 2008 kemarin, ada penyedia jasa blog baru yang asli Indonesia yang make blog engine WPMU. Yaitu Blogdetik dan Dagdigdug. Pas gw nyebut kata dagdigdug, Matt senyum karena ngerasa namanya lucu dan unik. “Dagdigdug means heartbeat in English, Matt”, kata gw.
  14. Matt suka old jazz, tahun 1950-1960an gitu.
  15. Matt punya satu kakak perempuan yang lebih tua 10 tahun. Saya dan mas Valent cerita kalo kita punya saudara kandung yang jumlahnya banyak (gw anak pertama dari 4 bersaudara, mas Valent anak terakhir dari 7 bersaudara), si Mattnya sampe kaget!

Setelah 2 jam lebih ada di jalan, akhirnya pun kita sampe di Dharmawangsa Hotel, tempat dia akan menginap selama di Jakarta. Dia ngerasa puas dengan saran pemilihan hotelnya (iya, bintang 5 gitu..). Akhirnya, setelah sesi foto bareng (insya Allah saya taro di sini fotonya setelah dapet fotonya), gw dan Mas Valent pun pamit. Malemnya, Matt pun tampil di TVOne, di Apa Kabar Indonesia jam 21.40 tadi. Ini beberapa hasil yang didapet:

  1. Matt itu awalnya (tahun 2002) membuat WordPress hanya untuk dirinya sendiri yang ingin memiliki software untuk mengupload dan memanage kumpulan foto2nya di Internet dengan gampang. Dia ngerasa semua web software yang ada pada saat itu repot semua. Akhirnya dia bikinlah sendiri. Dan dia nggak nyangka, yang tadinya kaya gitu sekarang dipake oleh jutaan orang di dunia, dan akhirnya bisa menghidupi dirinya.
  2. Kalo kesimpulan dari Pak Nukman Luthfie, yang juga jadi narasumber bareng Matt di talkshow Apa Kabar Indonesia itu, orang yang akan sukses (juga secara finansial) bukanlah orang yang dari awal mencari uang sebanyak-banyaknya. Yang sukses itu adalah orang yang banyak memberi kepada orang lain, dan pada saatnya kelak, orang lain akan lebih banyak lagi memberi balik kepada dirinya. Matt Mullenweg telah membuktikan itu.
  3. Matt nggak tahu tentang berita bahwa WordPress di Indonesia disalahgunakan oleh seseorang untuk menghina Nabi Muhammad. Besok diceritain ah..

That’s it! Gimana-gimana, yang belum kenal mas Matt, apakah dia menginspirasi kalian? Yang udah kenal, apakah makin terinspirasi? Gw sih, iya banget! Alhamdulillah dapet kesempatan langsung buat face-to-face ngobrol bareng dia. Insya Allah besok bakal ketemu dia lagi di WordCamp Indonesia 2009.

Sekian, wassalamu’alaikuum..

PS: gw baru tahu ada halaman logo WordPress. Gw baru ganti wallpaper laptop gw dengan wallpaper resmi dari WordPress itu..

UPDATE, 9 Februari 2009

foto gw dengan Matt Mullenweg, seperti dia upload di sini. Ternyata dia nggak tinggi ya, cuma setinggi gw yang 179 cm, hehe..

2 pemikiran pada “Bertemu Matt Mullenweg Sang Founder dari WordPress, Jutawan di Usia Muda, dan Orang Paling Berpengaruh di Web Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s