Satu Milestone Terlewati: Kerja Praktik

Alhamdulillah, satu milestone yang bagi gw sangat menegangkan udah berhasil terlewati.. Apa itu? Kerja Praktek!
Barusan, Kamis 18 Desember 2008 jam 09.00 – 10.00, gw udah melewati Sidang KP..

Bukan sidangnya yang bikin gw tegang, tapi KP gw ini yang bikin tegang.. KP gw bukan KP anak-anak Fasilkom yang biasanya software development. Jadi gw khawatir yang udah gw lakukan di KP ini nggak diterima kampus karena nggak sesuai biasanya yang software engineering. Tapi alhamdulillah ketegangan itu satu persatu mulai hilang. Dari sejak kerangka acuan kerja praktik (KAKP) gw disetujui gw mulai sedikit tenang kalo KP gw insya Allah beres. Pas ngejalanin KP nggak terlalu dipikirin karena sibuk kerja. Pas bikin laporan KP, gw juga agak tegang jangan-jangan laporan KP gw bermasalah. Alhamdulillah enggak.. Dan begitu gw sidang tadi, alhamdulillah kesan yang gw tangkap dari bapak ibu dosen, KP gw beres!

Sebelum sidang, gw sedikit was-was, ngebayangin pertanyaan apa yang bakal dikeluarkan para dosen-dosen pengujinya: Bu Ika, Bu Yova, dan Pak Ibam.. Ngebayangin kalo gw bakal dicecer karena KP gw nggak standar lah, pelaksanaan KP gw yang kaya gini lah, dsb-dsb.. Tapi alhamdulillah semua was-was itu hilang setelah presentasi sidang dilakukan, dan pertanyaan maupun komentar dari dosen dilontarkan!

Gw bener2 enjoy pas presentasi tadi. Persiapannya udah lengkap: (1) slide sudah jadi (silakan klik di sini untuk download slide gw), dan gw puas dengan hasilnya, (2) kostum udah siap, pokoknya gw ganteng banget dah! :D, (3) gw menggunakan teknologi yang gw baru bisa make sekarang: mindah2in slide menggunakan handphone, jadi gw presentasi dengan bebas bergerak. makasih buat Hari atas infonya!, (4) gw dateng pun (ke)pagi(an) :D, (5) gw menguasai apa yang akan gw presentasikan. Jadilah gw presentasi dengan (menurut gw loh ya, ga tahu pengakuan dari yang nonton gimana, hehe) keren!

Pas masuk sesi tanya jawab, gw pun enjoy dengan pertanyaan dari para dosen penguji. Enjoy karena gw nggak dihakimi, melainkan diberi banyak masukan, diberi banyak pernyataan yang membuka insight gw sehingga gw bilang, “Ah, iya Bu/Pak, betul juga ya!”

Misalnya pernyataan dari Bu Yova, “Metodologi yang kamu pake itu mirip metodologi prototyping di software engineering”. Yang kemudian dikonfirmasi lagi oleh Pak Ibam, “Kamu sempet kepikiran ada hasil dari kuliah software engineering yang dipake di KP kamu. Yang tentang prototyping tadi itu..”. Gw cuma bilang, “Iya Pak, saya baru ngeh setelah dibilang Bu Yova tadi.”
Tuh kan, masukan lagi dari para dosen pembimbing.

Terus tentang feedback bahwa gw menceritakan hasil akhir kerja praktik, bukan proses gw selama kerja praktik. Padahal harusnya yang gw ceritakan itu prosesnya. Pak Ibam menganalogikan dengan “Jalan-jalan ke Taman Mini, bahwa yang asik buat didengar orang lain itu cerita perjalanan kita, seperti kita naik kereta gantung, nonton di keong mas. Bukannya malah menceritakan keong mas itu didirikan pada tanggal berapa, siapa pendiri taman mini, dsb..”

Terus feedback dari Bu Ika dan Bu Yova bahwa tulisan di laporan gw terlalu banyak ‘novel’-nya, kalimat-kalimat yang kurang pas dimasukkan ke laporan formal. Iya, gw ngakuin kalo itulah gaya tulisan gw, suka dilebih-lebihkan. Ya, itulah tipe orang Sanguin kaya gw, suka melebih-lebihkan sesuatu.

Dan masih banyak lagi komentar dari dosen penguji yang ga mungkin gw jelasin semuanya di sini..

Itulah, gw ngerasa enjoy banget selama sidang dan bahagia banget setelah sidang karena hal-hal itu. Dan yang paling bikin gw lega, adalah postingan dari Bu Ika ini:

Ilman,
Selamat Anda sudah lulus MK Kerja Praktik.
Nilai sudah dapat dilihat di SIAK-NG.

Revisi agar disubmit di forum bimbingan laporan di Scele, selambat-lambatnya 26 Desember 2008.

~Ika

Alhamdulillaaah.. Perjuangan memang membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Juga butuh profesionalitas, karena tanpa menjadi profesional, kita ga akan bisa sukses ngapa-ngapain. Itulah lesson learned yang gw dapetin selama ini..

Terimakasih banyak untuk temen-temen semua: anak2 2005 yang udah puyeng2 bareng dan saling ngedukung selama proses KP, dan buat temen-temen semua yang udah ngedoain kita yang KP ini agar selalu sabar dan sukses..

~Btw, gw masih harus merevisi laporan gw berdasarkan masukan dari dosen-dosen penguji tadi, dikumpulkan paling lama tanggal 26 Desember 2008 nih. Deadline tugas dan ujian menumpuk! Siapa suruh semuanya di-deadline, hoho.. Ayo-ayo, semangat!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s