Oleh-oleh dari Pesta Blogger 2008

Assalamu’alaikuum.. maaf oleh2nya telat, rada sibuk nih, buat nyelesein tulisannya😉

Teman-teman semua, kemarin Sabtu, 22 November 2008, gw baru aja dateng lagi ke Pesta Blogger 2008, yang digelar untuk kedua kalinya setelah yang pertama pada tanggal 27 Oktober yang lalu. Gw sendiri tahun lalu juga alhamdulillah dapet kesempatan buat dateng.. Beda kaya tahun lalu yang gw bener2 ngerasa asing di lingkungan nyata blogosphere Indonesia, karena dikit banget yang kenal sama gw. Alhamdulillah setelah setahun berlalu, gw udah nambah kenalan blogger gw dari beberapa acara (salah satunya ini), terus dari Y!M-Y!Man, dan terutama karena Ayo ngeBlog! yang gw rintis bareng2 kontributornya, gw kenal beberapa orang blogger, dan beberapa blogger pun sudah kenal gw. Jadinya, gw nggak asing2 amat dateng ke Pesta Blogger 2008 karena udah ada orang yang pengen gw temuin di sana.

Cerita gw ini cuma dari sudut pandang pribadi gw aja di sana. Cerita-cerita lainnya dari sudut pandang lainnya, dan mungkin juga cerita lengkap acaranya kalo ada yang posting, bisa dilihat di repository cerita-cerita Pesta Blogger 2008 di sini. Juga kalo mau melihat hal2 menarik apa yang diomongin di Pesta Blogger 2008 kemarin, silakan lihat di Ayo ngeBlog!: Apa yang Menarik dari Pesta Blogger 2008? Sebuah Oleh-oleh Cerita.

Cerita gw ini bakal panjang dan detail, karena gw nggak mau melewat sekecil apapun momen berharga dalam hidup gw. Siap-siap baca panjang ya, atau bacalah skimming aja, hehe.. Oke, here we go.

Gw dari rumah jam 9 lewat, karena acara bakal dimulai jam10. Baru berangkat naik motor, udah ditelepon Mirza, ternyata dia udah nyampe sana jam segitu. Singkat kata, perjalanan berangkat gw nggak kalah serunya dengan acaranya. Soalnya, karena rambu2 lalu lintas, gw ga lewat jalan biasanya. Gw kan berangkat dari Kuningan, supaya bisa ke Gedung BPPT di Thamrin, tempat Pesta Blogger 2008 ini digelar, gw harus lewat Imam Bonjol, terus belok di Bunderan HI masuk ke Thamrin, terus luruus, aja sekitar 1 km.. Nah, masalahnya, di ujung Imam Bonjol, jalan ke Bunderan HI itu ada sign forbidden dari jam6-10, terus ga ada sama sekali kendaraan yang lewat situ. Akhirnya belok kanan lah gw. Singkat kata, karena nggak nemu tempat belok dan muter, gw harus jalan sampe Tanah Abang. Hampir aja gw jalan ke Tanah Abang untuk kedua kalinya, sebelum gw nyadar ada tempat puteran di jalan menuju Tanah Abang (harusnya gw muter di situ tadi, jadi ga nyampe Tanah Abang! Huhu)

Terus sampelah gw di Gedung BPPT, nyari parkir, terus segera masuk ke meja registrasi. Abis dapet tiket buat makan siang dan goodie bag yang isinya muacem-muacem, gw segera nyari lift buat naik. Celingak-celinguk gw harus belok ke arah mana, gw ditawarin buat ngisi kuisioner dari Biindit.com, sesuatu yang nggak bakal gw sesali sampe sekarang (gw ceritain nanti.

Isi dari Goodie Bag

Isi dari goodie bag + doorprize, setelah sampe di rumah. Klik di sini untuk ngeliat tag2 nama2 barangnya.

Sampe di lantai tempat auditorium berada, gw celingak-celinguk dikit, ternyata dari sekian banyak orang, gw belum kenal siapa-siapa. Begitu masuk ke ruang auditorium, gw ketemu sama Arham, temen sekampus UI gw yang tahun lalu ketemu buat pertama kalinya di Pesta Blogger 2007. Kita sama sekali ga janjian bwt ketemuan, tapi ketemu juga. Kita lalu duduk di sebelah temen sekampus gw, Aulia, yang udah dateng dari pagi. Begitu duduk, gw ngeliat dari jauh ada alumni gw di kampus, Bang Aria Rajasa, yang kemarin baru meluncurkan produk terbarunya, sebuah blog network, namanya Arusmedia (OOT: konsep dan implementasi disain web Arusmedia keren euiy!). Pas banget ngambil momennya, Arusmedia promosi dengan bagi2 pin gratis di Pesta Blogger ini.

Terus di dalam auditorium gw juga ketemu sama mas Ardee yang kita udah kenal dari Ayo ngeBlog!, bareng sama mas Arif yang baru gw kenal di situ. Acara pun dimulai dengan MC-nya adalah Panji (yang ngebawain acara “Kena Deh!”) dan satu perempuan lagi (ga tahu namanya). Terus ada sambutan2 dari sang Manusia Kursi yang memperkenalkan jajaran panitianya, abis itu sambutan dari 2 dirjen yang mewakili menteri (Menbudpar dan Menkominfo), dan Bapak Menristek. Abis itu berlangsunglah sesi talkshow yang dimoderatori oleh Bang Enda. Mohon maaf, sesi talkshow-nya rasanya agak kurang menarik, karena para blogger lebih seneng ngobrol sendiri (termasuk gw).Abis itu, diadain pemutaran video dari dokumentasi komunitas2 blogger se-tanah air yang mengirim dokumentasinya ke panitia. Kalo ga salah yang diputer itu dari (Aceh Blogger Community, CahAndong, Loenpia.net, Bandung Blogger Vilage, Bali Blogger Community, Anging Mammiri, BlogFam, Forum Lingkar Pena, Bunderan HI, dan ada beberapa lagi – lupa).

Abis itu pengumuman penghargaan buat komunitas blogger yang paling berkontribusi buat masyarakatnya. Kata Ndorokakung, penghargaan itu berdasarkan kriteria: jumlah aktivitas dalam setahun, dampak aktivitas bagi masyarakat, penggunaan blog-nya, dan keberlangsungan aktivitasnya. Dari kriteria tersebut, penghargaan The Most Promising Blogger Community jatuh kepada Bali Blogger Community. Hadiahnya adalah Handycam dan tripod dari Sony, terus Mini-DV dari British Council. Dan penghargaan tertinggi untuk Blogging for Society Award, yaitu komunitas blogger yang paling berkontribusi untuk masyarakat jatuh ke CahAndong.org dari Jogjakarta! Hadiahnya dapet uang 10 juta untuk pembiayaan aktivitas sosial, seperangkat alat sholat eh PC, dan undangan untuk satu orang perwakilan untuk ngadain social trip ke Kupang. Selamat ya, buat BBC dan CahAndong! Ayo dong semua komunitas blogger, berlomba-lombalah dalam kebaikan! Oh iya, pas baca2 in pengumuman itu, Leni dateng dan langsung gabung dengan kita (gw, Arham, Aulia, mas Ardee, dan mas Arif).

Bergaya di tembok

Bergaya di tembok yang ada logo Pesta Bloggernya. Diambil dari Album Pesta Blogger 2008 di Fesbuk gw

Abis pengumuman itu, saatnya 5 blogger asing (Jeff Ooi, blogger anggota parlemen dari Malaysia, Mr. Brown dari Singapura, Mark Tafoya dari AS, Anthony Bianco dari Australia, dan Mike Aquino dari Filipina) yang diundang untuk mengikuti trip keliling Indonesia buat mempromosikan Indonesia, bicara di depan, sharing pengalaman mereka selama keliling Bali dan Jogja. Dipandu sama Bang Enda Nasution (lagi, hehe). Ada beberapa poin menarik yang tercatat dari pembicaraan mereka.

Mr. Brown, saat ditanya dari segala keindahan Indonesia yang dia alami, kritik membangun apa yang dia punya agar Indonesia bisa lebih baik lagi, dia menjawab (dalam english tentunya): (1) koneksi internet agak sedikit lambat (hahaha, benar sekali mas!), (2) banyak tempat menarik di Indonesia, tapi tidak well-marketed, jadi banyak yang ga tahu. Tugas dari blogger Indonesia lah untuk memasarkan hal itu, menulis dalam bahasa inggris agar dunia tahu tempat-tempat menarik di Indonesia.

Jeff Ooi bilang, di Indonesia, 3 menteri datang di acara blogger, sedangkan di Malaysia, blogger itu nggak didukung pemerintah. FYI, kebebasan bicara di Malaysia, termasuk lewat blog, tidak sebebas di Indonesia. Cari aja di detikinet, tentang blogger yang ditangkap. Dari Malaysia termasuk banyak loh.

Udah deh, abis sesi ngobrol2 bareng blogger asing, saatnya sesi sholat dan makan siang! Pas jalan mau keluar, di dalem auditorium gw ketemu dengan Mas Rama Rampok dan Mbak Puspa, yang gw kenal pertama kali waktu acara Seminar Onliners di Fasilkom beberapa bulan lalu. Pas keluar dari Auditorium, ketemu sama Rendy si empunya Qwords.com (sama kaya tahun lalu, Qwords juga ngasih voucher diskon!), terus ngobrol2 sebentar. Alhamdulillah mesjid BPPT yang letaknya deket (cuma satu lantai di bawah Auditorium) itu gede dan nyaman banget buat sholat, ga kaya mushola di mall-mall. Dalam perjalanan setelah sholat, gw ga sengaja melihat name tag seorang blogger yang di alamatnya tertulis Chaos Region. Wah, ternyata Jaka yang punya ChaosRegion.net..

dengan mas Ardi dan Jaka

(Ki-ka) Mas Ardi, Jaka, Gw. Diambil dari Album Pesta Blogger 2008 di Fesbuk gw.

Terus dapet makan siang kardusan, makannya ngampar di lantai di luar auditorium! Satu hal yang surpising pas makan siang adalah gw melihat peserta dengan naman Early Rahmawati. Berpikir sebentar, perasaan gw familiar dengan nama ini.. Dan bener, ternyata Mbak Early dan lembaganya (OSS Center) adalah klien pertama dari Univind, dua tahun lalu, dan sampai sekarang masih terikat kontrak buat maintenance. Istilahnya Mbak Early, OSS itu penglaris buat Univind, karena setelah dia, banyak perusahaan yang jadi klien Univind.

Terus juga gw sempet nonton penampilan band (cuma dua orang, satu gitar + vokal dan bass) Ruang Jiwa di foodcourt. Dia membawa additional keyboard player yang seorang tunanetra loh! Dan dia keren banget mainnya! Sambil main, dijual juga CD kompilasi karya mereka yang penjualannya digunakan untuk membantu para tuna netra Indonesia. Lucunya, sambil bercanda mereka bilang, supaya mainnya tetep lanjut, penonton harus beli CD-nya. Satu aja yang beli, mainnya lanjut, kalo nggak, nunggu sampe ada yang beli..

Ruang Jiwa

Band Ruang Jiwa. Diambil dari Album Pesta Blogger 2008 di Fesbuk gw.

Oh iya, di sela-sela nonton, karena Bang Enda Nasution, salah satu blogger tertua (umur ngeblognya) ada di samping gw, g bareng Leni dan Aulia nyempetin buat foto bareng. Sayang, Mas Ardee yang dari tadi ngajakin foto bareng bang Enda posisinya lagi jauh sama kita, jadi ga bisa dipanggil buat foto bareng. Terus calling-an sama Mirza dan rombongan kita pun nambah lagi (ada gw, Arham, Aulia, Leni, Mas Ardee, Mas Arif, dan Mirza).

Iseng foto sama bang Enda

Iseng foto sama bang Enda. (ki-ka): Aulia, Enda Nasution, Gw, Leni. Diambil dari Album Pesta Blogger 2008 di Fesbuk gw

Dari foodcourt, gw sempet ketemu dan ngobrol bentar dengan Mbak Ollie yang punya kutukutubuku.com, yang kemarin menghadiahkan salah satu bukunya bwt gw. Sempet juga ketemu dan nyapa mas Pitra dan mas Toni.

Abis itu kita serombongan plus mas Rama nyari2 tempat breakout session. Gw dan Aulia ngambil breakout dengan topik Kebebasan nge-Blog di Dunia Maya: Batasan dan Etika, dengan presenter Mas Budi Putra dan Mas Pepih. Ga tahu yang lainnya pilih breakout session apa, yang gw lihat dari jauh cuma Leni yang di breakout session Mari Jadi Blogger yang Kreatif bareng Raditya Dika dan Yoris Sebastian.

Ini beberapa poin yang diangkat oleh Mas Budi Putra dan Mas Pepih di breakout session:

  1. Blog itu media bebas, tapi kebebasan kita dibatasi oleh kebebasan orang lain juga.
  2. Jangan pernah blogger sekali-kali mencoba sok tahu nulis-nulis sebuah berita atau informasi layaknya wartawan,  karena kita bukan wartawan atau reporter, dan kita ga punya mekanisme jurnalistik (seperti cross check, punya sumber informasi kredibel, dll) yang bener.
  3. Banyak aturan perundang-undangan yang dikhawatirkan akan menjadi “jebakan” untuk para blogger, salah satunya adalah UU ITE. Yang aman, menurut mas Budi, tulislah sesuatu yang benar-benar kita senangi dan kita kuasai betul. Misalnya menulis tentang hal-hal yang jadi hobi kita, dsb.
  4. Cerita dan Mas Pepih, dulunya, Kompas itu tidak menganggap para blogger ada . Akhirnya, menyadari bahwa para jurnalis itu punya semangat menulis yang tinggi namun ruang dalam Kompas cetak tidak mencukupi, Kompas pun membuat Kompasiana, yang sekalian jadi citizen journalism-nya Kompas.

Suasana salah satu breakout session

Suasana breakout session mas Budi Putra dan mas Pepih. Diambil dari Album Pesta Blogger 2008 di Fesbuk gw

Lalu pas diskusi, ada hal yang amat menarik yang didiskusikan blogger di sana. Beberapa gw baru tahu waktu itu:

  1. Seorang guru bernama Mas Wijaya Kusuma, sering menulis dan mengirimkan tulisannya ke Kompas, tapi sering ditolak. Akhirnya beliau ngeblog untuk menampung tulisannya yang tidak dimuat itu. Karena aktivitas ngeblognya itulah, dia terpilih menjadi Finalis Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran 2008 (tolong koreksi kalau salah ya mas).
  2. Baru tahu bahwa ada blogger yang sedang bermasalah akibat UU ITE. Beliau adalah Narliswandi Iwan Piliang dari http://presstalk.info. Detail kasusnya nggak gw catat, tapi beliau mengatakan bahwa ia dan salah satu blogger lainnya bernama Agus Hamonangan terancam pasal 27 ayat 3 UU ITE.

Oh iya, pas breakout session, gw sempetin ketemu, ngobrol dikit, dan foto bareng mas Amril T. Gobel, salah satu pembesar BlogFam dan AngingMammiri. Beliau juga beberapa kali ngirim tulisan ke Ayo ngeBlog. Mas Amril juga ikutan breakout session yang sama kaya gw. Tadinya pengen ngobrol abis breakout session, tapi karena dia menunjukkan tanda2 ingin pulang (udah bawa tas), akhirnya gw lari nyamperin beliau. Ternyata beliau harus ke Makassar karena besok ada acara ultah Anging Mammiri.

foto bareng mas Amril

Foto bareng Mas Amril T. Gobel. Diambil dari Album Pesta Blogger 2008 di Fesbuk gw

Selesai breakout session, kembalilah seluruh peserta Pesta Blogger ke auditorium untuk pengundian doorprize dan penutupan. Alhamdulillah, secara sangat mengejutkan dan nggak disangka-sangka, gw mendapat 2 doorprize sekaligus. Satu doorprize dari nomor yang ada di tiket Pesta Blogger (gw mendapat bahan kain batik dari pasarbatik.com), dan satu lagi sebuah MP3 Player, dari nomor kuisioner Biindit.com yang gw isi tadi pagi! Wah, bener2 kaget gw, nomor gw disebut dua kali dalam rentang waktu cuma beberapa belas menit! Leni bilang, “how lucky he was!”

Nah, yang lebih kaget sekaligus bersyukur, karena nama gw dipanggil 2 kali ke panggung itulah, gw ketemu dengan pengunjung setia Ayo ngeBlog!, yaitu mas Arista, yang udah bilang sebelumnya kalo mau dateng ke Pesta Blogger. Dia yang manggil gw duluan waktu gw turun dari panggung dan berjalan ke belakang (gw dan rombongan duduk di belakang). Wah, bener2 alhamdulillah, soalnya dari ratuan orang yang ada di sana, gw kebingungan gimana caranya untuk mencari orang lain tanpa bisa berkomunikasi langsung dengannya di sana. Gw udah bilang ke mas Ardi, “Mas Arista mana ya, dia kan pengen dateng juga”. Eh, alhamdulillah, rezeki gw bukan cuma rezeki MP3 player dan bahan batik aja, tapi juga rezeki memperpanjang silaturahim.

Dan belum berhenti sampai di sini. Pas lagi ngobrol2 sama mas Arista dan mas Ardi (begitu ketemu sama mas Arista, gw langsung manggil mas Ardi ke depan), ada yang negur gw. Beliau bernama mas Iwan Bogor alias Igor. Sempet beberapa saat mikir, abis itu gw inget, “Oh, yang ngirim email waktu itu ya!”. Beliau pernah mengirim email ke gw nanya2 tentang ngeBlog. Begitu ketemu, dia cerita kalau dia lagi bikin tugas akhir (beliau kuliah di IKJ jurusan Disain Komunikasi Visual), yaitu tentang kampanye untuk menulis di blog. Karena nggak kondusif buat ngobrol panjang2 di sana, kita insya Allah bakal ngelanjutin lagi via email atau Y!M.

Foto bareng mas Ardi, mas Arista, dan Mas Igor

(Ki-ka) Gw, Mas Arista, Mas Ardi, Mas Igor. Diambil dari Album Pesta Blogger 2008 di Fesbuk gw

Oh iya lupa, pas gw lagi ngobrol2 itu, di panggung sedang ada presentasi kesimpulan dan hasil dari masing2 breakout session dari perwakilan fasilitator atau peserta semua breakout session. Gw nggak dengerin itu, karena terlalu asik ngobrol. Juga ada pengumuman pemenang dari Photo Contest.

Abis itu, doorprize lanjut lagi, khusus buat hadiah2 yang lebih mahal: laptop dan PC. Selamat ya, buat yang menang! Dan terakhir, artis+musisi yang sekaligus blogger, Maylaffayza, mempersembahkan 3 lagu apiknya untuk para blogger Indonesia.

Dan kemudian, berakhirlah perhelatan akbar blogger Indonesia yang kedua kali ini. Lampu-lampu pun padam, layar turun, dan pesta usai, seperti kata Ndorokakung sang ketua panitia. Selepas sholat maghrib, rombongan pun berpisah, dan akan kembali saling bersilaturahim online, seperti yang sudah kita lakukan sebelum ini.

Sampai jumpa Pesta Blogger 2008, I’ll be waiting for Pesta Blogger 2009😉

2 pemikiran pada “Oleh-oleh dari Pesta Blogger 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s