Bulan Ramadhan, Bulan Silaturahim!

Apa saja nama lain bulan Ramadhan? Syahrul Qur’an (bulan Al-Qur’an), Syahrul Maghfiroh (bulan ampunan), Syahrul ‘Ibadah (bulan ibadah)? Yap, bener semua! Tapi buat gw, gw baru nyadar di Ramadhan kali ini, nama lain Ramadhan itu adalah Syahrul Silaturahim, alias bulan saling bersilaturahim.

Iya, jelas banget, cuma di bulan Ramadhan ini, gw bisa ketemuan dengan teman-teman lama, menyambung tali silaturahim yang agak-agak jauh selama setahun.. Atau mempererat tali silaturahim yang saat ini masih terjalin.. Banyak banget buka bareng, kumpul-kumpul, maupun reunian yang diadain dan yang gw ikutin di bulan Ramadhan tahun ini.

Pengen ah, ngelist satu-satu, terurut berdasarkan waktu pelaksanaannya:

1. Buka Puasa Arba’in, 7 September 2008

Arba’in adalah nama angkatan ROHIS SMAN 28 angkatan gw. Jadi, tradisinya, tiap tahun tuh anak-anak ROHIS-nya punya nama angkatan masing2. Karena setelah dihitung dan dikira2 angkatan kita tuh angkatan ke-40, diambillah nama Arba’in (artinya 40). Kita yang dulu waktu SMA beraktivitas berda’wah bareng di SMA, masih berbagi semangat berda’wah dengan terus menjalin tali silaturahim..

Ini buka puasa pertama di rumah gw.. Harinya hari Minggu, 7 September 2008. Yang dateng paling banyak jumlahnya, gw nggak inget persis berapa jumlahnya, tapi rasanya sekitar 19 orang ada deh. Sayang kita nggak sempet foto bareng. Dan ini pengalaman pertama nyelenggarain buka puasa di rumah gw.. Gw yang repot beres2 sendiri sebelum acara, terus beres2 setelah acara, termasuk cuci-cuci piringnya.. Tapi alhamdulillah asyik kok, soalnya karena banyak akhwatnya (akhwat: saudara perempuan), nyokap gw banyak dibantuin pas rapih-rapih makanan dsb.

2. Buka Puasa Keluarga Kecil, 11 September 2008

Keluarga Kecil adalah sebutan bagi tim inti gw di BEM Fasilkom UI, yaitu para Badan Pengurus Harian (BPH), yaitu para Kepala Bidang/Biro, beserta para koordinator bidang/biro, serta bendahara umum. Keluarga Kecil ini emang bener2 keluarga gw di kampus, tempat bekerja bareng kalo lagi sedang dalam urusan BEM Fasilkom, juga temen main dan curhat sehari-hari.

Buka puasanya diadain hari Kamis, 11 September 2008. Alhamdulillah, full-team! 15 orang semuanya dateng, meskipun datengnya nggak bersamaan (yang angkatan 2006 dateng setelah maghrib karena ada buka puasa angkatan dulu). Selain makan bareng, kita juga cerita-cerita lagi, dan sekarang gilirannya dia yang nggak dateng di team building di Sukabumi dulu.

ini kenang-kenangannya. sampai tulisan ini ditulis, gambar ini masih jadi wallpaper laptop gw. entah kenapa, gw suka ngeliat foto bareng-bareng ini.

3. Buka Puasa Angkatan 2005, 17 September 2008

Buka puasa angkatan paling gila!! Diadain hari Rabu, 17 September 2008 di rumah Annisa Ihsani. Seru dan banyak banget yang dateng. Cerita lengkapnya udah gw tulis sebelumnya di sini. Silakan dibaca. Sekarang gw taro fotonya aja deh (courtessy dari album foto di Facebooknya Sidik)

foto bareng seangkatan. sayang gw ga ada, cos gw yang motoin T_T

beberapa dari kita, di dalem rumah Nisa

4. BEM Gathering, 19 September 2008

Ini adalah kumpul BEM pertama setelah rapat kerja dulu. Diadain di lantai 6 Gedung B Fasilkom, hari Jum’at 16 September 2008. Sesuai rencana, kumpul BEM ini dilakukan di bulan Ramadhan, sehingga sekalian buka bareng. Acara BEM Gathering ini dimulai dari sebelum maghrib, dan berakhir sekitar pukul 20.00. BEM Gathering ini adalah acara dari kita (anak-anak BEM) untuk kita (anak-anak BEM juga). Jadi, acara-acara di dalem BEM Gathering itu adalah acara yang diadain dari masing-masing bidang/biro, untuk semua anak BEM.

Ini dia yang kita persembahkan (nggak ngurut) Ada Biro Kestari yang ngasih game, ada Biro Media yang marodiin Super Soulmate, ada Bidang Kastrat yang ngasih lagu+puisi, ada Biro Danus yang menggila, ada Bidang Orkres yang menampilkan duo gitaris Ace dan Hafidz, ada Bidang Pengmas yang bikin drama tentang preman, ada Bidang P&K yang bikin drama tentang seorang programmer, ada gw + koorbid/bir + bendum gw yang ngebawain game yang kita kenal dari Agung, ada Bidang Adkesma yang ngebawain game (gamenya baru kita kenal, makasih banyak Big atas referensinya!) tentang refleks, dan ada Biro Humas yang nyanyi sekaligus mraktekkin lagu-lagu ST12.

Alhamdulillah seru banget, berkesan banget.. Bikin kita anak-anak BEM ngerasa lebih nyatu dan solid.. Semua jempol mengacung untuk anak-anak PSDMO! 😀

5. Silaturahim BPH BEM Fasilkom 2007-2008, 22 September 2008

Bertempat di Pondok Laras, para BPH BEM zaman kepemimpinan Franova berkumpul kembali untuk saling bersilaturahim dan bertukar kabar, setelah sekitar 4 bulan tidak bertemu dalam forum bersama saat selesai masa amanah dulu. Sayang, 3 orang dari kita tidak bisa hadir. Tapi tetep saja silaturahim ini seru dan inspiratif. Apalagi makanan beratnya, wah, nampol pol! 😀

Alhamdulillah, silaturahim ini bisa terlaksana karena inisiatif dari Mahen, dan dengan dukungan dana dari Smel.. Kita pun saling cerita-cerita satu sama lain, lagi ngapain aja sekarang, dan ke depan mau ngapain aja. Banyak banget hal baru yang kita dapetkan dari cerita masing-masing saudara gw tersebut..

Ini foto bareng kenang-kenangannya

6. Buka Puasa Akbar Fasilkom, 23 September 2008

Seperti biasa dari tahun ke tahun, buka puasa akbar Fasilkom nggak pernah gw lewatin untuk dateng. Seperti dari tahun ke tahun juga, acara buka puasa akbar Fasilkom ini adalah ajang kumpulnya keluarga besar Fasilkom, dari mahasiswa, dosen, juga staff..

Buka puasa kemarin tuh spesial banget buat gw pribadi, karena dua hal: pertama kalinya gw tampil ngasih hiburan di acara buka puasa (bandingkan dengan Sidik yang udah 3 kali!), dan angkatan gw nunjukin kalo kita kompak banget.

Gw tampil bareng Chandra, Ridho, Sidik, Irsyad, dan Galuh anak 2008, membawakan nasyid harakah judulnya Bingkai Kehidupan. Gw ngapain di sana? Nyanyi? Hoho, tidak, gw memainkan bass gw di sana. Sayang fotonya gw belum punya.

Terus, pas makan besar, anak-anak 2005 (kata sidik totalnya sampe kira2 40an) ngumpul duduk bareng ngelingker di halaman meja pingpong gedung C, makan bareng-bareng.. Sebelumnya kita nggak lupa buat baca do’a sebelum makan bareng-bareng dan keras-keras kaya anak TK, sampe anak2 Fasilkom lainnya pada ngeliatin, hehe.. Abis itu kita foto2 bareng deh..

Ini fotonya (courtessy dari album Facebooknya Nur)

ini baru separo yang makan bareng loh

foto bareng-bareng, tidak akan pernah terlupa

the gantengs. kita janjian pake dresscode loh, cowoknya pake biru, ceweknya pake merah

7. Buka Puasa dan Reunian 2-4 Storm, 24 September 2008

Kelas 2-4 gw adalah salah satu kenangan manis gw di SMA. Kelas 2-4 gw, yang nama kelasnya adalah Storm (Star of Two-Four Community) udah 3 tahun nggak ketemu dan kumpul bareng, sejak terakhir kali buka puasa bersama pas kita kelas 3 dulu. Akhirnya kita kumpul juga atas prakarsa para ketua kelas (ketua kelas 2-4 gw tiap semester ganti), hari Rabu 24 September, di rumah Anindita. Merhatiin dua angka di atas? Yap, emang sengaja, buka puasa kelas 2-4 ini diadain tanggal 24 juga.

Tiga tahun nggak ketemu, bener-bener pangling kebanyakan dari kita udah pada berubah! Ada yang lebih gemuk, ada yang gondrong, ada yang lebih kurus, ada yang udah pake jilbab, ada yang nggak berubah, tetep ganteng (ini maksudnya gw :D).. Terus pas ngumpul, kita nonton film yang dibikin oleh Pras (ketua kelas semester 2) waktu kelas 2 dulu, isinya kegiatan2 kita bareng2, dari sehari-hari di kelas, di lab, sampe kegiatan main bareng2. Selain itu juga ngobrol2 dan becanda2, bener2 ngembaliin memori indah masa silam! Udah lama nggak ketemu, tapi tetep seru!

Yang dateng sih cuma dikit, 18 dari sekitar 40, tapi ini udah bagus buat awalan.. Insya Allah di kumpul 2-4 berikutnya (yang entah kapan, belum direncanain lagi), yang dateng akan lebih banyak lagi..

Ini foto-fotonya (courtessy dari album Facebooknya Leny)

Foto masing-masing kita saat ini..

keluarga Storm bahagia.. eh, gw baru sadar kalo jumlah cowok dan ceweknya seimbang 😀

8. Buka Puasa dan Rapat Umum Pemegang Saham Univind, 25 September 2008

Fiuh, setelah berbulan-bulan tidak bisa kumpul lengkap karena lagi pada KP, akhirnya pada hari Jum’at, 25 September ini Univind kumpul lengkap juga.. Ke-6 direktur Univind makan malem bareng di Mie Ayam Berkat Margonda (ga mau kalah sama MCo~buka puasa di Hanamasa dan JAFFA~err, di Steak atau Burger Mer?), sambil meeting nentuin produk apa berikutnya yang akan Univind buat dan luncurkan. Produk tersebut adalah… **** (rahasia perusahaan :P).

Pokoknya, bismillahirrohmanirrohim, mulai dari malem itu, kita udah nentuin fokus apa yang akan Univind hadapi selama waktu ke depan.. Do’ain, setelah kita lulus tahun depan, akan berdiri sebuah PT namanya PT Tunas Univind Mandiri, dimana mimpi-mimpi bersama kita, para direktur, akan dicapai lebih dekat. Amiin..

Sayang ga pake foto-foto, hehe..

9. Buka Puasa 3 IPA 1 Nasipadang, 27 September 2008

Ini yang paling gres, baru aja tadi selesai.. Tiap tahun udah jadi agenda rutin kita, anak-anak 3 IPA 1 (nama kelasnya adalah Nasipadang ~ Nasib IPA 1 Jadi Orang Terpandang), buat ngumpul sekalian buka puasa.. Untuk buka puasa tahun 2008 ini, rumah baru gw kebagian lagi jadi tuan rumah (ini yang ketiga kalinya bulan Ramadhan ini, setelah buka puasa Arba’in dan Keluarga Kecil ~ lihat poin2 di atas).

Sayang yang dateng cuma sedikit, cuma 12 orang, karena banyak yang berhalangan hadir, atau belum pulang dari kota lain (Bandung, Semarang, Jogja, dan Bogor). Tapi tetep aja seru, ngeliat-liat foto, ‘gosipin’ yang udah pada nikah (udah ada 2 orang loh di kelas gw yang udah nikah!), gosipin yang nggak dateng tuh pada kemana, dsb.dsb.. Kelas 2 dan kelas 3 gw alhamdulillah emang seru banget!

Ini dia kenang-kenangannya

Penutup

Bener kan, bulan Ramadhan itu bulan silaturahim? Kalo nggak bulan puasa, gw nggak yakin bisa bakal ada kumpul2 sebanyak ini.. Spirit Islam dan Ramadhan memang udah lintas batas, lintas daerah, juga lintas agama.. Begitu bulan puasa masuk, langsung deh kita semua mikir, “Kapan mau ngumpul, dan dimana?”. Dan semuanya pun bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan, karena kesempatan untuk berkumpul ramai-ramai ada di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan akan berakhir sedikit lagi, dan akan tetap gw rindukan datangnya tahun depan. Mudah2an Allah SWT masih memanjangkan umur kita, sehingga kita bisa bertemu lagi dengan bulan penuh berkah bagi umat manusia ini.. Amiin..

Ali r.a. berkata, Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, hendaknya ia bertakwa kepada Allah dan bersilatur-rahim.”

Iklan

3 pemikiran pada “Bulan Ramadhan, Bulan Silaturahim!

  1. “dan JAFFA~err, di Steak atau Burger Mer?”

    Burger and Grill, trus besoknya trip kedua di kantin Fasilkom saja…

    mudah2an dikasih kesempatan ketemu Ramadhan lagi…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s