My New Family @Virus-Virtual

3 bulan (sejak awal Juli sampai akhir September 2008), gw kerja praktek di PT Virtual Media Nusantara (Virtual Consulting), tepatnya di Virus Communications. Suka duka bahagia derita (halah agak lebay) sebagai anak magang telah gw jalani di sana.. Banyak hal yang bener2 baru yang gw dapet dari kerja praktek ini, baik itu soft skill seperti: profesionalisme dunia kerja, belajar bekerja under pressure (walaupun ngerjain pe-er kuliah sering juga under pressure, hehe), belajar membuat target dan mencapainya, belajar sabar menghadapi client, belajar berkomunikasi, dan belajar disiplin.

Tentu saja hard skill juga dapet, kaya ilmu HTML+CSS baru, ilmu PHP baru, paham tentang standar teknis dari perusahaan multi nasional, dan hal-hal lainnya. Belum lagi hal lainnya seperti gw jadi tahu bagaimana operasional perusahaan sehari-hari (sebagai bekal perusahaan gw dan temen-temen yang Insya Allah bakal berdiri kelak), gimana kultur perusahaan, dan lain-lainnya..

Satu hal yang gw syukuri banget setelah magang di sini adalah meskipun gw anak magang, gw Alhamdulillah merasa diterima sebagai bagian dari keluarga besar Virtual-Virus. Dari anak-anak Client Services yang emang bagian ngasih kerjaan ke gw, terus dari tempat gw duduk tiap hari, di pojokan bareng orang-orang IT, temen-temen karyawan Virtual lainnya, bahkan petinggi-petinggi Virtual pun juga.. Gw ngerasa diterima sebagai keluarga..

Kalo ada yang ultah dan bawa makanan (seinget gw ada 3 ultah selama gw magang!), gw selalu diajak buat ngambil makanan (gw tentu saja nyalamin yang ultah dong). Bahkan pernah juga main futsal bareng pulang kantor. Kantor gw emang gaul banget da ah, banyak anak2 mudanya, hehehe..

Bener-bener bersyukur alhamdulillah, gw kerja praktek kagak berasa kerja (nah lho!), tapi lebih berasa kaya di tengah temen-temen dan keluarga baru. Bener2 kenangan manis banget, alhamdulillah.. Dan untuk menjaga kenangan ini (cie elah bahasanya), gw mau nulisin satu-satu nama temen-temen kantor gw yang gw kenal, mudah-mudahan ikatan silaturahim kita nggak lepas meskipun gw udah ga magang lagi..

Ini dia!

  1. Mas Valent, yang nelepon gw pertama kali, yang wawancarain gw, pokoknya yang bikin gw sampe kerja kaya gini tuh mas Valent kerjaannya, hehe.. Terimakasih banyak ya mas Valent..
  2. Mbak Donna, dia ini kakak sepupu kandung gw. Sekitar dua tahun lalu gw ngobrol sama mbak Donna lewat Y!M, gw pun tahu kalo mbak Donna kerja di kantor Pak Nukman. Sejak itulah gw kepingin ntar kerja praktek di sana, biar bisa belajar langsung sama Pak Nukman. Alhamdulillah kesampean juga
  3. Mas Tuhu, yang dikenal sebagai biangnya gosip dan gaul, hehe..
  4. Mbak Lina, yang sekarang lagi cuti hamil, duduknya di antara mbak Donna dan Mas Tuhu
  5. Mbak Meisia, salah satu manajer di Virtual
  6. Mbak Mercy, manajer Virtual juga, yang screensaver komputer kantornya itu foto anak-anaknya
  7. Mas Fahri, yang duduk persis di belakang gw, dan hobinya bawa bekel buat makan siang
  8. Mas Agus, yang jago disain grafis.. Orangnya pendiem, tapi main futsalnya jago
  9. Pakde Narto, yang jago disain juga.. Template blog Pak Nukman itu yang bikin dia, gw bagian nge-CSS in dan nge-WordPress-in
  10. Mbak Fika, yang manis dan ramah, sering main sama Ken-ken.
  11. Mbak Enji, yang namanya di kantor sering dipanggil-panggil sama Pak Rizza, sering main sama Ken-ken juga
  12. Pak Rizza, adik kandungnya Pak Nukman, direktur di Virtual juga. Pas pertama kali ngeliat, emang udah ngebatin, “Kok mirip banget Pak Nukman ya, jangan2 adiknya?”. Suka bawa anak-anaknya ke kantor
  13. Mas Rohibun (Ibun), tempat minta tolong ngeprint dan ngebersiin virus, tadinya dikirain namanya tuh Igun, ternyata pake ‘b’
  14. Mas Zarkasih, system admin Virtual, tempat minta user account FTP kalo mau ngaplod-aplod. Pertanyaan paling sering diajuin ke Mas Zar kalo internet kantor lagi lemot, “Zar.. Internetnya kenapa?”
  15. Mbak Gita, yang duduknya depan-depanan sama Mbak Pipit, keduanya adalah dua-duanya (bukan satu-satunya) programmer wanita di Virtual
  16. Mas Deni, supervisornya Nur dan Nanta, satu-satunya ahli .NET dikantor
  17. Mas Cipto dan Mas Reza, yang duduknya di ujung deket dapur, temen ngobrol tiap kali break sholat
  18. Mas Cesar, yang bolak-balik kantor-Bogor tiap hari, adminnya dicuekinsayang.com
  19. Pak Nukman, yang dipanggil Babe sama para Virtualers, pendiri sekaligus CEO dari Virtual Consulting. Direktur gaul dah emang! :D. Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga niat gw belajar langsung dari beliau.
  20. Pak Imam, yang megang Niriah.com, yang ngasih pengalaman dan masukan yang berharga buat gw tentang ilmu per-web-an. Beliau ngasih gw beberapa side project
  21. Mbak Citra, yang paling sociable, yang suaranya paling kedengeran sekantor 😀
  22. Mbak Nila, yang baik banget, yang tiap minggu ngasih gw uang makan dan transport mingguan, yang ulangtahunnya sama kaya gw, 29 Juli, terus bawa Pizza Hut ke kantor. Jadi enak, berasa nraktir orang se kantor 😛
  23. Mbak Banis, dulu gw bantuin beliau migrasi data laptopnya
  24. Mbak Kiki, waktu itu gw bareng mas Ibun ngebersiin kompinya dari virus cvlu.exe
  25. Mas Nanto, yang sering beli-beliin makanan dan beres2 kantor, gw juga pernah pulang bareng sama dia naik motor gw
  26. Mas Taufik. Nggak banyak sering ngobrol karena jarang ketemu, paling ngobrol sebentar di dapur.
  27. Mas Adhit, creative directornya Virus Communications. Jago main gitar dan nyanyi juga loh!
  28. Made dan Mas Rama, keduanya adalah art director. Mas Rama abangnya Ninda. Keduanya alumni FISIP UI. Tiap hari (kalo lagi ga ada deadline) anak-anak kreatif ini rame dan rusuh banget di kantor :D. Sayang keinginan kita buat main CS atau Call of Duty belum kesampean juga yah
  29. Pak Sobari, yang jago banget main futsalnya. Keliatan banget kalo dia tuh biasa main futsal
  30. Pak Nana, yang duduk di deket orang-orang IT, posisinya rasanya di bagian administrasi ya
  31. Mirza, sesama kawan magang, yang baru gw kenal di bulan terakhir gw magang. Asalnya dari UIN Jakarta angkatan 2005 juga, semangat belajarnya tinggi banget!

Dan berikut ini spesial buat rekan-rekan kerja gw setiap hari, tempat gw minta kerjaan, tempat gw ngobrol sambil ketawa2, tempat minta bantuan, dan lain-lain:

  1. Mas Acho, yang mensupervisi gw secara langsung sehari-hari, tempat gw belajar dan bertanya, yang paling banyak ngajarin gw tentang eDM, landing page, CSS, dan masih banyak lagi! Terimakasih yang sebanyak-banyaknya! Maaf selalu merepotkan
  2. Mbak Anda, yang udah kaya mbak sendiri, baik hati dan pengertian (juga tidak sombong dan rajin menabung? hehe).. dicuekinsayang.com adalah kerja bareng kita paling okeh, iya nggak mbak?
  3. Ninda, yang chubby, suka stress dan panikan, kalo inget dia pasti gw inget eDM, hahaha.. Sering ‘nge-booking’ gw buat ngerjain eDM yang seabreg, yang alhamdulillah selesai juga!
  4. Mas Haris, yang udah kaya abang sendiri, yang gw temuin pertama kali di hari pertama gw masuk kantor. Waktu itu gw baru dateng dan berdiri aja di depan pintu kantor, ngerasa canggung buat masuk, dan mas Haris inilah yang menyapa gw duluan, dan bikin gw berani masuk ke dalem.
  5. Sandy, yang baru gw kenal di minggu-minggu terakhir gw di kantor, tapi sekarang kaya udah kenal lama.

Dan yang paling gw beri ucapan terimakasih, juga minta maaf adalah Mbak Iim. Mbak Iim, pendiri Virus Communications, supervisor gw di kantor, dan adik kandung Pak Nukman yang paling bungsu. Gw jadi inget gw pernah dimarahin mbak Iim gara2 ga masuk kantor tanpa komunikasi. Makasih banyak mbak, aku belajar banyak karena itu. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika aku sering merepotkan anak-anak Virus yah..

Oh iya, tentu saja nggak lupa sama yang satu ini: Ken-ken! Putri dari Mbak Iim dan Mas Adhit, Ken-ken ini adalah ‘Bosnya’ Virus Communications. Pas gw pertama dateng ke kantor, dia masih duduk di kereta dorong, tapi sekarang, 3 bulan setelahnya, dia udah jalan (meskipun masih oleng2) dan udah ngoceh banyak. Duh, bener2 lucu dan ngegemesin dia ini!

Iya, itulah keluarga baru dan temen-temen deket gw yang gw temuin saat menjalani magang di Virtual. Rasulullah pernah mengatakan kalo siapapun yang ingin dipanjangkan umurnya dan dilapangkan rezekinya, hendaklah dia memperpanjang silaturahim. Dengan gw tulis nama-nama mereka di sini, insya Allah gw nggak bakal ngelupain mereka, dan gw bisa memperpanang silaturahim dengan mereka. Beberapa dari mereka sudah ada di friendlist Y!M, beberapa juga ada di Facebook.

Insya Allah, jika ada waktu lagi, gw masih pengen main ke sana. Paling nggak, gw insya Allah masih siap dateng kalo cowok2nya pada main futsal, hehe.. Mudah2an, kalo gw ke kantor lagi, gw nggak disodorin eDM dan landing page, hehe..

Terimakasih banyak semuanya atas bimbingannya selama gw ada di sana, mohon maaf jika gw pernah melakukan kesalahan. Sukses!!

Ini dia beberapa foto kenangan yang berhasil gw ambil sebelum berpisah

Buka puasa sekaligus syukuran ultah pak Nukman, Rabu 24 September 2008. Gw nggak ikut cos lagi ada buka bareng sekalian reunian kelas 2-4

(ki-ka berdiri): Made, Mbak Anda, Mas Rama, Mas Haris, Ninda, dan Sandy. (ki-ka duduk): Mbak Iim dan gw

Berfoto dengan form penilaian Kerja Praktik (eh, sama mbak Iim juga maksudnya :P), tanda selesai KP

Di depan pintu kantor. (ki-ka tengah) Mbak Fika, Mbak Anda, Ninda, Mbak Enji, Mas Haris. (ki-ka atas) Mas Rama, Mas Ibun, Sandy, dan gw. (bawah) Made

Dengan Ken-ken dan Mas Adhit.

Sebelum main futsal di Mall Kalibata, Rabu 13 Agustus 2008. (ki-ka atas): Mas Rama, Mas Ibun, Made, Mas Cipto, Mas Cesar, Mas Reza, Mas Zarkasih, Mas Acho, Mas Agus. (ki-ka bawah): Mas Haris, Pak Sobari, Mas Nanto, gw. (ga keliatan karena dia yang moto: Mas Valent)

Di pojokan. (ki-ka) Adiknya mas Deni (haduh lupa namanya), Mas Deni, Mas Fahri, Mas Agus, Mas Ibun, Mirza, Gw. (yang bertopi itu Pakde Narto, yang pake jilbab itu Mbak Donna)

Iklan

11 pemikiran pada “My New Family @Virus-Virtual

  1. # lenidisini
    yah leni, dikirain mau ngomenin tulisannya.. ternyata.. hehe
    tapi udah gw kerjain kok

    # TaMie
    yup-yup, betul2, mengasikkan kok.. jangan buru2, sabar ajah.. masih 3 tahun lagi kok 😀

    Suka

  2. Ohh.. 3 bulan ya KP nya? Wuaah.. lama ya..
    Aku dulu cuma 1 bulan KP disitu. Kebetulan banyak alumni sejurusan disitu jadi cepet ngerasa nyaman.

    Btw, sekitar agustus kemarin berarti kamu masih KP disana ya? Sekitar awal Agustus, aku sempet main ke Jakarta, terus ke Virtual lho.. Sempet ngobrol sama mbak Dona, sama mas Ivan juga. Terus ngobrol sama Pak Nukman dan Pak Imam di ruangannya..

    Tapi banyak banget orang baru.. Jadi agak canggung.. He..he., mana yang muka – muka lama waktu itu pada gak ada lagi..

    Btw, Mas Erick udah gak di Virtual lagi yah?

    Suka

  3. # Okto Silaban
    kalo sekitar agustus, harusnya masih ketemu saya tuh mas! duh, kita belum saling ngenali wajah sih ya 😀

    iya, banyak orang2 baru, ada beberapa yang freelance, ada juga yang karyawan tetap..

    mas erick masih kok, tapi emang jaraaang banget keliatan di kantor.. saya aja nggak sempet kenalan karena saking jarangnya ketemu..

    Suka

  4. #sandy
    waduh.. jadi nggak enak nih 😀
    iya nih, ninda kehilangan gw banget, haha..
    tapi gw masih suka chatting2 dan nimpalin plurk2 anak2 virtual kok.. mudah2an bisa mengobati kerinduan *halah*

    btw, kalo kirim CV, mohon maaf san, kayanya bakal nggak.. gw udah ada planning sendiri buat masa depan 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s