Part I: Ramadhan dengan Semangat Baru

Assalamu’alaikum semuanya..

Lama ya, gw nggak ngapdet ini.. Bukannya ninggalin atau apa, tapi memang beberapa hari di awal Ramadhan ini gw bener2 sibuk.. Oke, bukan sibuk sebenernya, tapi keteteran karena ketidak mampuan mengelola kesibukan itu dengan optimal.. Beberapa amanah alias pekerjaan datang, dan gw nggak optimal mengerjakannya.. Bukaan.. Bukan nggak selesai, bukan pula tidak selesai dengan hasil yang tidak baik. Tapi, gw ngerasa bisa menyelesaikan itu dengan lebih cepat dan lebih baik aja kalo gw pinter2 bagi waktu dan mendelegasikan tugas.. Dan Allah memang Maha Baik, karena gw diberi banyak bantuan yang nggak disangka-sangka untuk menyelesaikan berbagai amanah gw.. Meskipun jadinya nggak enak sama Allah, karena hamba-Nya ini yang nggak beres, eh, malah dibantuin.. Alhamdulillah banget ya Allah.. Mungkin ini berkah Ramadhan ya..

Oh iya, ngomong2 tentang Ramadhan, ada sesuatu yang gw pribadi ngerasa sangat berbeda antara Ramadhan ini dengan sebelum2nya..

Pertama, walaupun saat ini (12 Ramadhan) semangat beribadah gw jujur udah turun dari hari-hari awal Ramadhan (biasa lah namanya iman, kadang2 naik, kadang2 bosen), gw ngerasa Alhamdulillah gw start Ramadhan sekarang dengan sangat baik. Di Ramadhan2 tahun sebelumnya, gw memasuki bulan Ramadhan dengan perasaan datar dan biasa-biasa aja, sama seperti memasuki bulan-bulan lainnya.

Di Ramadhan sekarang, gw bener2 ngerasa sangat gembira, dan gw di awal-awal dulu menunjukkan semangat keimanan dan perbaikan diri yang luar biasa! Tilawah banyak, kalo kelewat tarawih ngerasa nyesel, tarawih ngerasa asyik, hafalan quran nambah 2 surat (juz 30), hati terasa gembira setiap hari.. Kalo dilihat2, ternyata Alhamdulillah karena gw cukup mempersiapkan Ramadhan kali ini.. Di masa dua bulan sebelum Ramadhan (Sya’ban dan Rajab), gw beberapa kali (sebenernya sih diitung2 cuma 2 kali sebulan :D) puasa sunah.. Niatnya sih ngeganti puasa Ramadhan gw yang pernah bolong di tahun2 lalu, sekalian puasa sunah, sekalian latihan berpuasa Ramadhan.. Selain itu, di hari-hari terakhir bulan Rajab, gw maksain diri buat ngebut ngebanyakin tilawah gw.. (Tetep) belum nyampe konsisten 1 juz sehari sih, tapi ya, buat gw pribadi, itu Alhamdulillah udah cukup oke..

Jadinya, gw bener2 ngerasa bahagia nyambut Ramadhan, karena itu tadi.. Bener ternyata, kita harus nyiapin ibadah Ramadhan kita, kalo perlu bikin target (kalo gw target nambah hafalan 3-4 surat baru di juz 30) biar Ramadhan nggak lewat dengan sia-sia.. Masalah nanti di Ramadhan bakal bosen dan ga semangat (kaya gw ini, hehe), itu urusan lain lagi..

Oke, sementara segini dulu deh, insya Allah besok disambung dengan Part II: Ramadhan di Rumah Baru

3 pemikiran pada “Part I: Ramadhan dengan Semangat Baru

  1. dududuww…
    kok saya malah lemes2 aja yah menyambut ramadhan? mungkin karena sedang nggak semangat dengan hidup yang dijalani sekarang, alias bosen sama pekerjaan.

    padahal dipikir2 harusnya banyakin ibadah ya supaya hidupnya jadi lebih banyak bersyukur.. heuhue!

    Suka

  2. #nonadita
    iya sih, bisa jadi karena terjebak rutinitas, jadinya nggak semangat..

    kalo nyicil persiapan buat Ramadhan dari jauh2 hari, meskipun nambah ibadahnya sedikit demi sedikit, rasanya sih bisa menyemangati kita di Ramadhan.. kaya kasusku ini..

    tapi sayangnya, aku belum nemu cara menjaga semangat ini sampe akhir.. sekarang aja udah nggak terlalu semangat mengejar pahala Ramadhan lagi😀

    Suka

  3. selamat Berpuasa… semoga segala ibadah kita diterima oleh Allah SWT, amin…

    sebagai pelengkap, saya membuat tulisan untuk menjawab mengapa kita masih didera malas beribadah, baik mahdhah maupun ghayru mahdhah, terutama di luar Ramadhan…

    tulisan tentang “Mengapa Pahala Tidak Berbentuk Harta Saja, Ya?”

    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/mengapa-pahala-tidak-berbentuk-harta.html

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s