Telkom Speedy: Mahal Dikit, Tapi Sebandinglah Sama Kualitasnya!

Yeah! (OOT: entah kenapa belakangan ini gw suka memulai sesuatu dengan kata2 yang menggambarkan gw berteriak. Lagi semangat kali ya?). Yeah!! Alhamdulillah, ngggak salah emang keluarga gw memilih Telkom Speedy sebagai penyedia jasa internet di rumah. Pertimbangan layanan dan customer service yang dirasa bagus karena nama besar Telkom ternyata memang tidak salah (eh, sebenernya alasan keluarga gw pake Speedy adalah karena rumah gw belum masuk coverage-nya Fastnet, hehe). Walaupun beberapa provider lainnya (baca: Fastnet) menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan Telkom Speedy sehingga banyak masyarakat yang memilihnya, menurut gw pribadi, Telkom Speedy masih jauh di atas mereka. Saat awal-awal peluncuran Fastnet, banyak yang mengeluh (googling aja sendiri ya untuk nyari buktinya) karena Fastnet sering berubah menjadi lemotnet, terus sulit banget untuk menghubungi customer service-nya.

Kalo Telkom Speedy, berdasarkan pengalaman gw setengah tahun menggunakan jasanya, alhamdulillah gw belum pernah mendapatkan sesuatu yang mengecewakan dari Telkom. Kalo pun dipaksakan mencari sesuatu yang mengecewakan, itu cuma karena harga yang agak mahal (gw pake paket quota-based 1 GB, bayarnya 220ribu per bulan) ditambah lagi keluarga gw sering jebol (melewati jatah 1GB, sehingga harus bayar biaya tambahan selain 220ribu tsb).

Gw puas banget dengan Telkom Speedy, makanya gw tulis sedikit pengalaman gw di sini. Salah satu hal dari Telkom Speedy yang sebanding (bahkan lebih kali ya?) dengan harganya adalah tentang customer services (CS). Percaya atau tidak, dalam sebulan, CS Telkom selalu menghubungi gw (lewat HP, karena no.HP gw tercatat di mereka), bertanya apakah ada masalah dengan Speedynya, juga mengingatkan untuk melakukan pembayaran bulan ini. Bahkan bulan ini gw ditelepon dua kali. Satu lewat HP, satu ditelepon ke rumah. Mungkinkah ini hanya service bagi pelanggan baru seperti gw? Nggak tahu lah ya. Semoga aja terus menerus seperti ini ke depannya, Telkom menunjukkan kepeduliannya yang sangat tinggi kepada pelanggannya.

Masih tentang CS, satu hal lainnya yang gw perlu angkat topi terhadapnya adalah tentang layanan Telkom 147nya. Buat yang mungkin belum tahu, kalo kita pelanggan Telkom, kita bisa menghubungi 147, untuk bertanya, mengadukan masalah, atau mendapatkan informasi, selama 24 jam! Gw udah 2-3 kali menghubungi 147 untuk bertanya tentang Speedy gw, dan gw merasa terbantu dan cukup puas dengan pelayanannya. Subjektif sih, tapi layanan ini mengesankan gw banget.

Lanjut tentang oke-nya Telkom Speedy (waduh, jadi promosi nih.. Kom, korting biaya Speedy gw dong, hehe..), komitmen Telkom tentang pelayanan untuk pelangganannya emang tinggi banget. Temen-temen tahu kan, kalo kecepatan akses Telkom Speedy sebelum ini tuh (up to) 384 Kbps, dan beberapa waktu lalu, kecepatannya ditingkatin jadi (upto) 1024 Kbps? Sebenernya Speedy gw nggak termasuk dalam daerah yang sudah masuk jadi 1 Mbps sih. Tapi buat gw ga masalah, cos bagi gw 384 Kbps kaya sekarang aja udah cukup. Eh, ternyata, Telkom ngasih gw nggak cuma cukup aja, tapi lebih!

Mulai dari Agustus 2008 sampai akhir Januari 2009 besok, khusus di daerah Jabotabek dan Surakarta aja (gw di Jakarta Selatan), Telkom ngasih kita bebas penggunaan dari jam 20.00 s.d. jam 08.00 besoknya! Gini, biasanya, kalo kita buka-buka halaman website, kuota alias jatah 1 GB kita kan berkurang berdasarkan banyaknya halaman yang kita buka. Nah, dengan adanya program dari Telkom kaya gini, kalo kita mulai berinternetan dari jam 20.00 dan berakhir sebelum jam 08.00 besok paginya, apapun yang kita buka saat itu nggak bakal ngurangin kuota kita! Istilahnya jadi unlimited deh, kaya Fastnet. Keren kan? Meskipun belum full seharian, tapi program kaya gini nih ngasih tanda-tanda Telkom buat bikin Telkom Speedy jadi unlimited dalam beberapa waktu ke depan. Sekarang aja gw lagi puas-puasin make program bebas pemakaian ini: nge-blog, sambil download game, dan dengerin lagu-lagu streaming. Kalo tadinya cuma bisa kaya gini di kampus, sekarang di rumah juga bisa loh (tapi harus rela tidur agak malem, hehe..)

Nah, jadi, kesimpulan dan intinya adalah, gw merekomendasikan temen-teman buat make Speedy, kalo patokan temen-temen bukan harga, tapi kualitas layanan.

Oh iya, btw, ini bukan promosi loh ya.. Ini cuma suara gw sebagai konsumen yang merasa puas dengan pelayanan penyedia jasa. Oh iya, tindakan gw ini istilahnya word of mouth marketing (tolong koreksi kalo salah ya), alias menyebarkan informasi tentang suatu produk/jasa dari mulut ke mulut, alias langsung dari mulut pengguna ke masyarakat lainnya. Dengan gw tulis di blog, semua orang bisa tahu kan, kalo ternyata Telkom Speedy itu bagus.. Kalo semua pelanggan Speedy puas dengan layanan Telkom dan melakukan hal yang sama kaya gw ini, wah, kebayang tuh, Speedy bakal laku keras. Kalo laku keras, kan imbasnya bakal ke pengguna kaya gw ini, iya kan? Apalagi kalo yang nulis kaya gini itu blogger-blogger terkenal, kaya Raditya Dika, wow, makin kesebar aja tuh informasi ke banyak orang!

Jadi, mau pake Speedy atau yang lain?

note: tulisan gw yang lain yang mirip-mirip kaya gini (berasa promosinya) adalah ini: ACER: “Agak Cepat Rusak”, Pengalaman Gw Dengannya

Iklan

8 pemikiran pada “Telkom Speedy: Mahal Dikit, Tapi Sebandinglah Sama Kualitasnya!

  1. wah, pondok gede belum kecover sama speedy sayangnya. padahal jam ngenet di rumah jam segitu doank tuh, hehe. tapi alhamdulillah fastnetnya belum ada keluhan sampe sekarang XD

    Suka

  2. @zahra (dan deni deh sekalian, :P)
    meskipun lebih luas jangkauannya dari fastnet, tapi sebelum daftar speedy, pihak telkomnya juga ngecek apakah line kita bisa ditambah speedy atau nggak.. kaya waktu kemarin waktu aku daftar, awalnya CS-nya sempet bilang nggak bisa (katanya karena line-nya penuh atau apaa.. gitu..), tapi akhirnya jadi bisa..
    ada waiting listnya gitu sih katanya..

    Suka

  3. Iya, Man. Hampir tiap bulan ditelepon sama CS-nya Speedy, diingetin buat bayar. 😉

    Bersyukur sekarang lagi ada “unlimited” malam, jadi kepikiran unduh DVD Repo dari kambing, bakar, terus jualin deh, he he.. Lambat, lambat dah… 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s