Ke Luar Negeri? Pengeen..

Tahu nggak, sebenernya dari dulu gw memendam keinginan untuk bisa keluar negeri paling nggak sekali selama gw kuliah ini. Entah buat konferensi apa, atau ada acara beasiswa apa gitu, atau pertukaran pelajar, atau summer school gitu, atau apa kek gitu, sebenernya gw pengeen banget bisa ke luar negeri.

Sebenernya gw ‘ngiri’ atau ‘sirik’ (sirik yang membangun, minjem bahasanya Mia), kalo ngeliat temen-temen yang gw kenal, apalagi yang gw kenal sangat baik, pergi ke luar negeri karena prestasinya. Secara gitu gw orangnya ekstrovert, gw alhamdulillah sangat mudah terinspirasi sama orang lain. Dan dari temen-temen gw yang akan gw ceritakan di bawah, gw mengambil inspirasi dan semangatnya, karena gw juga mau ngikutin jejak-jejak positif yang mereka tinggalkan.. Berharap, bermimpi, dan berdo’a, kali-kali aja gw juga dapet kesempatan ke luar negeri pada saat gw kuliah.

Nah, langsung aja deh ceritanya dimulai. Mulai dari tahun 2006, temen sekelas gw kelas 3 namanya Hanifa, dia emang juara di kelas gw, keluar dari Teknik Kimia ITB karena diterima di Monbukagakusho, wow! :-O . Lalu selama tahun-tahun awal gw di Fasilkom, gw juga ngeliat temen-temen gw, baik yang ada di angkatan atas maupun bawah gw, pada ke luar negeri. Gw sendiri lupa semuanya itu siapa aja, tapi sedikit yang gw inget itu ada Rora yang selama satu semester di tahun 2006 (tolong koreksi kalo salah) pergi ke Singapura untuk pertukaran pelajar. Terus kalo ga salah ada Ario Santoso yang pernah Summer School ke salah satu negara di ASEAN (lupa tapi negaranya). Lalu yang emang udah langganan ke luar negeri, yaitu Zahra, yang sering ikut kompetisi-kompetisi karate, bahkan berkali-kali juara!

Nah, berikutnya itu temen-temen deket gw di angkatan 2005 yang udah (dan akan) pergi ke luar Indonesia.. Mulai dari Ricky dan Teddy (jangan klik linknya, belum ada isinya soalnya😛 ), dua orang ‘dewa’-nya programming dan algoritma di angkatan 2005 khususnya dan Fasilkom umumnya. Pada akhir tahun 2007, mereka (plus Erik 2007) pergi ke Singapura buat ikut ACM Asia International Collegiate Programming Contest 2007, kompetisi programming tingkat dunia, untuk seleksi tingkat Asia.

Terus-terus, masih ada lagi nih, yaitu Hening. Bulan Mei kemarin, paper-nya yang berjudul.. ehm, apa ning judulnya? Oh iya ini judulnya: Empat Tahun Indonesia Go Open Source (IGOS): Penguatan Kembali IGOS Sebagai Semangat Bangsa.  Paper yang dia ikutsertakan di kompetisi Mapres (Mahasiswa Berprestasi) Fasilkom tahun 2008 ini, dia submit juga ke konferensi Call for Paper: International Indonesian Students Conference on Strategis Issues yang diadakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Malaysia. Paper dia diterima, dan dia pun terbang ke Kuala Lumpur selama seminggu.

Oh iya ada yang kelupaan, yaitu Mia. Sebelum gw kenal dia di Fasilkom, dia udah pernah ke Italia buat pertukaran pelajarnya AFS waktu SMA dulu. Terus lanjut lagi, yang hampir berangkat, tepatnya tanggal 29 Juli besok: Rizki Mardian. Dia bersedia menyerahkan satu semesternya ke depan untuk dituker dengan kehidupan glamor di Singapura sana! Nggak ding, dia akan ‘kuliah’ (bener kuliah kan ya ki?😛 ) di NTU, salah satu universitas teknologi terbaik di Asia.

Nah, meskipun harapan, mimpi, dan cita-cita untuk bisa pergi ke luar negeri ini bukan impian utama gw, tapi kalo ada kesempatan untuk mencapai cita-cita ini, kenapa nggak diambil ya? Hmm, kalo mencontoh mereka, tampaknya mereka semua punya dua kesamaan: pertama, semangat untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik, dan kedua, semangat untuk mencatatkan sejarah mereka dengan tinta emas. Kedua hal ini sebenernya sok tahu gw sih, tapi kalo ngeliat keseharian temen-temen gw itu, dua hal ini sepertinya memang benar adanya..

Hmm, masih ada setahun lagi sebelum gw (insya Allah) lulus, pengen ah, cari-cari kesempatan buat ke luar negeri.. Hehe.. Ayo, ada yang mau ikut?

4 pemikiran pada “Ke Luar Negeri? Pengeen..

  1. Hm… banyak tuh man kesempatannya di internet..
    Rajin2 browsing aja..

    Kalau aku lagi ngincer satu lagi nih.. Tapi berangkatnya tahun depan. Konferensi nya diadain di Yale University, USA..
    Mudahan bisa berangkat..
    Makanya sekarang mulai nyiapin papernya… mudahan lolos..

    Mau ikut man ? hehehe

    Suka

  2. eh, ada nama gw. ditulis nama lengkap lagi. hahaha…

    iya man, kuliah lah. masak iya man, kuliah dong. ~halah..

    mohon doa restunya ya..

    Suka

  3. Kita punya cita2 yang sama!

    Ke luar negeri, entah untuk sekolah, bekerja, ibadah atau untuk jalan2, selalu menarik hati. Kesempatan itu yang masih kucari..

    Semoga bisa tercapai! Kalo kamu, sudah berusaha apa saja supaya bisa ke luar negeri?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s