Inspirasi One Piece: Arti Penting Impian dalam Hidup

Gw paling suka dengan suatu kisah (entah komik, film, novel, sinetron, atau anime), yang memberikan inspirasi tentang kehidupan. Dan Anime One Piece adalah salah satu kisah yang gw suka, karena sarat dengan inspirasi kehidupan. Postingan gw sekarang bercerita tentang hikmah yang ada di sepanjang kisah One Piece, yaitu tentang impian atau visi.

Temen-temen semua, udah nggak terhitung banyaknya bahan bacaan yang menyebutkan bahwa memiliki mimpi adalah salah satu kunci kesuksesan (gw nggak perlu nyari link-nya kan?). Dengan memiliki impian, kita memiliki arah yang ingin dituju dalam hidup dan nggak terombang-ambing nggak karuan. Singkatnya, orang hebat adalah orang yang memiliki impian tinggi (dan mampu merealisasikan impian tersebut).

Bayangkan orang yang nggak memiliki impian atau visi atau cita-cita: kalo ditanya nanti mau ngapain, jawabannya pasti nggak tahu. Karena nggak tahu harus ngapain, orang tanpa impian pasti akan melakukan banyak hal, yang seringkali nggak karuan dan nggak bermanfaat. Itulah gambaran orang tanpa impian. Nah, sekarang izinkan gw untuk menceritakan inspirasi tentang impian yang gw dapet setelah sekian lama mengikuti serial One Piece ini, baik dari manga atau komiknya, juga dari animenya. Gw akan bercerita satu persatu tentang impian dari tokoh-tokoh utamanya.

Monkey D. Luffy adalah tokoh utama dari One Piece. Dari sejak awal serial One Piece dimulai, dia memiliki impian untuk menjadi raja bajak laut, dengan menemukan harta karun yang bernama One Piece (itulah mengapa judul anime ini adalah One Piece), harta karun yang ditinggalkan oleh raja bajak laut sebelumnya, namanya Gol D. Roger. Berkali-kali dalam kisah One Piece, dia berteriak bahwa dia akan menjadi raja bajak laut! Akan tetapi, dia sadar bahwa tujuan dia itu tidak bisa dicapai sendirian, makanya dia harus mencari orang-orang yang bersedia menjadi kru-nya.

Sebuah impian yang hebat hanya bisa dicapai oleh pemimpin yang hebat, dan dibantu dengan tim yang hebat pula. Luffy, pemimpin hebat itu, tahu bahwa dia harus merekrut orang-orang yang hebat pula. Jadilah dia satu persatu merekrut krunya, yang masing-masing memiliki impiannya masing-masing. Semua krunya juga mendukung impian Luffy, sang kapten, untuk menjadi raja bajak laut. Mereka sadar betul dengan dua hal ini: 1) Setelah Luffy menjadi raja bajak laut, impian mereka pun pasti akan terwujud, atau 2) Mereka pasti mencapai mimpi mereka masing-masing, dan apabila itu terjadi, impian Luffy pun akan terwujud.

Jadilah mereka semua, yang tergabung dalam kelompok bajak laut Topi Jerami, berpetualang melintasi Grand Line, samudera yang luas, untuk mengejar impian mereka. Dan kita bisa melihat mereka, episode demi episode, mengeluarkan segenap potensi diri mereka untuk berusaha mencapai impian tertinggi mereka, dan mendekati impian mereka!

Each member of the Straw Hats has a dream they want to achieve. These dreams are their reasons for joining Luffy’s crew, and essentially the driving force behind their lives. Each Straw Hat’s dream was inspired by tragedies in their lives that involved at least one person they idolized or cared for deeply. Whatever the reason, each of the Straw Hats’ dreams involves traveling the Grand Line, and each Straw Hat member refuses to die before achieving his or her dream. (diambil dari Wikipedia)

Ini dia satu-per-satu impian dari masing-masing anggota kelompok bajak laut Topi Jerami:

  1. Monkey D. Luffy, kapten, memiliki mimpi untuk menjadi raja bajak laut dengan menemukan One Piece.
  2. Rorona Zoro, divisi tempur, memiliki mimpi untuk menjadi pendekar pedang terkuat di dunia dengan mengalahkan pendekar pedang terkuat di dunia saat ini: Mihawk. Percaya atau tidak, dia memiliki mimpi ini sejak dia masih berlatih pedang semasa kecil dulu! Dari episode demi episode, kita bisa melihat bahwa Zoro semakin kuat, dan suatu saat pasti mimpinya akan terwujud!
  3. Nami, navigator, memiliki mimpi untuk membuat peta seluruh dunia. Dari kecil, dia suka menggambar peta, dan dia ingin sekali membuat peta keseluruhan dunia. Kita akan melihatnya mencapai mimpi itu, seiring dengan perjalanan kelompok bajak lautnya mengelilingi dunia.
  4. Usopp, si penembak jitu, memiliki mimpi untuk menjadi pendekar laut yang pemberani. Mimpinya terlihat rendah dibanding anggota yang lain bukan? Tapi jika teman-teman mengikuti serialnya, teman-teman akan menemukan bahwa mimpi ini sangat berharga bagi Usopp, karena dia adalah yang paling penakut dalam bertarung dibandingkan anggota lainnya. Sedikit demi sedikit, kita bisa melihat Usopp semakin berani.
  5. Sanji, sang koki, memiliki mimpi dari kecil untuk mencapai All Blue, sebuah laut dimana air dari keempat lautan di serial One Piece (East Blue, North Blue, South Blue, West Blue) bertemu, sehingga membuat semua ikan terbaik di dunia berkumpul di sana!
  6. Tony Tony Chopper, si dokter, bermimpi untuk bisa mengelilingi dunia dan memperluas pengetahuannya, dan menjadi dokter yang bisa menyembuhkan semua penyakit! Dia sangat kagum dengan doktor Hiluruk  Dan tahu tidak teman-teman, pada setiap pulau yang disinggahi kelompok bajak laut Topi Jerami, Chopper selalu mampir ke toko buku, dan membeli buku-buku kedokteran!
  7. Nico Robin, sang arkeolog, mampu membaca poneglyph (sejenis artifak atau prasasti) dan amat suka membaca, bermimpi untuk bisa menemukan dan membaca isi rio poneglyph.
  8. Franky, si tukang kayu, bermimpi untuk berkelana mengelilingi dunia dengan kapal impiannya! Dari dia kecil, dia berulang kali membuat kapal perang yang bernama Battle Frank, terus menyempurnakannya, sampai pada akhirnya dia bergabung dengan kelompok bajak laut Topi Jerami, membuat kapal impiannya yang bernama Thousand Sunny untuk dilayari bersama!

Tahu tidak teman-teman? Gw selalu merinding saat ngebayangin kelompok bajak laut ini beserta mimpi-mimpinya. Soalnya, kalo ngelihat mimpi itu dan ngebandingin kondisi mereka saat awal-awal, mereka bener2 jauh banget dari mimpinya. Bener-bener cupu, bener-bener lemah, bener-bener nggak banget deh pokoknya!

Tapi, mereka punya kunci lainnya untuk mencapai impian mereka: pertama, adalah passion atau gairah yang meluap-luap seakan mimpi itu ada di depan mata mereka dan sedikit lagi sampai di sana. Kedua, adalah persistensi alias kegigihan, keuletan, dan ketekunan. Mereka gigih menjalani berbagai macam hal yang mereka yakini akan membawa mereka kepada mimpi mereka, bila perlu sampai bertarung mati-matian segala. Ketiga, adalah determinasi alias komitmen, dedikasi, dan fokus. Mereka tidak pernah memalingkan wajah mereka dari impian mereka.(terimakasih buat mas Yodhia atas inspirasinya)

Satu hal lagi tentang impian yang mereka miliki, adalah bahwa mimpi tersebut sudah mereka tetapkan sejak mereka masih kecil! Artinya, masing-masing anggota kelompok bajak laut topi jerami itu sudah memiliki arah kemana hidup mereka akan dibawa nantinya. Pada akhirnya, gw cuma perlu yakin, bahwa apapun cerita pada episode akhirnya, cerita itu pasti cerita tercapainya mimpi mereka!

Bagaimana dengan kita? Masakah kita kalah sama tokoh kartun?

Iklan

20 pemikiran pada “Inspirasi One Piece: Arti Penting Impian dalam Hidup

  1. Sayangnya One Piece malah ditegur KPI, padahal kontennya bagus.

    Sinetron2 yang ngajarin ga bener dan acara2 bintang instan yang ngajarin ngejar impian dengan cara instan ga tersentuh.

    Naruto juga bagus, dari kecil si Naruto punya impian untuk jadi hokage (pimpinan) di Konohagakure, padahal dia bisa dibilang cuma modal chakra dan semangat yang meluap-luap.

    Gw jadi inget kata2 naruto di sebuah adegan, “Tidak ada cara praktis untuk mencapai suatu tujuan besar, semua tujuan besar harus dicapai dengan kerja keras.”

    Suka

  2. senangnya ketemu blog yang suka one piece juga…

    one piece is the best lah….ga bosenin….lulu..menginspirasi banget. apalagi yang sering banget bikin gw terharu adalah persahabatan mereka….keren lah

    Suka

  3. saya suka komentar dengan mas irvan..
    saya berpendapat acara di indonesia sekarang ini sama sekali “gak bermutu”. Gak mendidik. udah Gitu kebanyakan ngajarin “ilmu” pacaran, cinta monyetlah, dsb…
    giliran ada acara yang bermutu seperti one piece malah di banned, saya akui memang one piece ada unsur kekerasannya namun setidaknya lebih banyak pesan moralnya dibanding sinetron yang entah arah ceritanya menuju kemana…

    Setiap nonton one piece, saya sendiri terbawa semangatnya…
    keren dah ceritanya…

    Suka

  4. buagus banget ini, ak dapat pelajaran menarik dari blog ini..wah wah…ternyata cerita si bajak laut lufy kayak gitu tho, sempet ta tonton, tp agak malas karena ceritanya agak muter2..keren2…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s