ACER: "Agak Cepat Rusak", Pengalaman Gw Dengannya

Jum’at 11 Juli 2008 yang lalu, gw baru ngambil laptop gw yang diservis di Acer Care Ratu Plaza. Tahu nggak teman-teman, kalo ini adalah servisan laptop gw ke Acer Care Ratu Plaza yang kesekian kalinya (sudah 3-4 kali!)? Jadi, sudah beberapa kali laptop gw rusak dengan banyak kasus, dan gw selalu membawanya ke sana. Di tulisan ini, gw mau cerita sedikit tentang pengalaman gw menggunakan laptop Acer, dan cerita tentang customer services dan layanan purna jualnya yang menurut gw sangat OK, karena punya program Acer Extended Warranty.

Jadi gini temen-temen, sesuai dengan anekdot kebanyakan orang tentang Acer (Acer: Agak Cepat Rusak), laptop gw termasuk yang kena anekdot itu, karena udah beberapa kali laptop gw hardwarenya error: LCD berkedip, LCD bergaris, lalu keyboard error. Pas gw ke sana untuk melaporkan kerusakan laptop gw untuk pertama kalinya, mbak-mbak CS-nya baik banget (eh, emang udah tugasnya sih..), ngasih tahu gw tentang program yang namanya Acer Extended Warranty. Jadi, dengan membayar tambahan biaya 800 ribuan (itu total termasuk pajak), laptop gw diperpanjang masa garansinya selama 2 tahun setelah masa garansi 1 tahun pertama habis. Semua kerusakan hardware kecuali chasing, batere dan charger, (detailnya di sini), akan mendapat gratis penggantian, juga gratis biaya servis.

Dan gw ngerasa sangat beruntung banget ikut Acer Extended Warranty, karena percaya atau tidak, kalo ditotal-total, tanpa Acer Extended Warranty, gw harus mengeluarkan lebih dari 3 juta rupiah untuk ganti hardware2 gw yang error di atas! Setiap kali gw nyervis laptop gw, gw selalu nanya sama mbak-mbak CS-nya, berapa harga servis (hardware + biaya servis) yang harus saya bayar kalo ga pake garansi? Kalo ga salah inget, LCD berkedip itu dibenerin dengan biaya 200 ribuan, lalu karena LCD bergaris, laptop gw langsung dikasih LCD baru, yang harganya kalo ga salah lebih dari 1,2 juta! Terus pas keyboard gw error itu, motherboard gw diganti, dengan biaya 1,8 juta! Tuh kan, kalo ditotal, udah lebih dari 3 juta?

Kesimpulannya, buat temen-temen yang ingin bener2 ‘mengamankan’ laptopnya, investasi 800ribu (untuk laptop murah yang harga jualnya di bawah 8 juta) atau sejutaan (untuk laptop yang lebih mahal), lebih detailnya di sini, itu insya Allah berguna banget! Setidaknya, pengalaman gw menunjukkan hal itu..

Tapi, bwt yang ngerasa sayang untuk ngeluarin duit tambahan buat Acer Extended Warranty, gw mungkin bisa ngasih sedikit patokan, apakah laptop teman-teman perlu perpanjang garansi. Berdasarkan pengalaman gw, sebuah laptop itu sebaiknya diperpanjang garansinya kalo:

Pertama, laptop itu adalah laptop utama buat kehidupan kita sehari-hari. Jika laptop itu nyala berjam-jam sehari karena kita beraktivitas pake laptop itu, kesempatan buat errornya terjadi pun akan lebih besar.

Kedua, laptop itu sering kita bawa-bawa kemana-mana. Kalo di bawa kemana-mana, laptopnya kan goyang-goyang terus, bisa jadi kepentok-pentok sesuatu, maupun ketindihan benda lainnya..

Ketiga, jika temen-temen adalah orang yang slebor (baca: ceroboh) kaya gw. Buat yang suka jatuhin laptop kaya gw (mm, agak ekstrim sih, tapi bener), dan yang ga terlalu bisa ngerawat laptop.

Keempat, jika laptop itu kerja di lingkungan yang agak nggak ideal. Misalnya, listriknya suka naik turun..

Kelima, jika temen-temen suka main game di laptop. Kasus LCD gw bergaris itu misalnya, kata mbaknya, terjadi karena laptop itu sering dipake main game. Mbaknya bener, karena gw juga sering main game di laptop..

Menurut gw, sebuah laptop nggak terlalu perlu diperpanjang garansinya kalau peluang untuk errornya sedikit, kalo alasan-alasan di atas nggak terpenuhi.. Misalnya, laptopnya dipake cuma sebentar tiap hari, laptopnya ditinggal di rumah atau di kantor aja.. Soalnya sayang kan, kalau udah ngeluarin uang gede, tapi nggak kepake (baca: nggak ada yang diklaim garansinya).. Mbak-mbaknya juga bilang, ada yang kecewa udah beli Acer Extended Warranty karena nggak rusak-rusak laptopnya..

Jadi begitulah pengalaman gw dengan Acer dan layanan purna jualnya. Mau pake Acer Extended Warranty? Itu semua terserah teman-teman saja ya.. Intinya, kalo lagi ada kelebihan rezeki, beli aja perpanjangan garansi itu, karena bikin tenang.. Dan pengalaman gw menunjukkan hal itu..

Iklan

25 pemikiran pada “ACER: "Agak Cepat Rusak", Pengalaman Gw Dengannya

  1. hm, klo daftar acer axtended warranty-nya stlh ada kerusakan di laptopnya bs ga? cz laptop acer pny tmn ketumpahan air dan kena motherboardnya. klo dibenerin ktnya nyampe 4jt, cz LCDnya kena jg ktnya..
    klo kasusnya gitu, bisa gak ya?

    Suka

  2. kalo aq ndak ada masalah…. udah 3tahun lho… padahal sering dibawa kemana-mana… maupun ditempat yang lain…. paling cuma sistemnya saja yang error…. Acer 4710 Z gitu

    Suka

  3. acer=awas cepat rusak,bisa ya bisa tidak
    saya punya dua acer,PERTAMA tipenya travelmate beli thn 1997 an pentium 4, masih kuat dipake sampek sekarang 2009, meski battery nya agak drop(cm 10-15menit MATI)
    dan KEDUA ACER ASPIRE 5930G kalau yg ini baru beli bulan 3/2009,belum sampai 1 thn sudah rusak KELUAR MASUK SERVICE CENTER 7 kali.
    kerusakan waktu beli : HARDISK,KEMUDIAN UDAH 6 BLN AN: KAMERA, DISUSUL RJ-45(LAN PORT YG PUTUS2),KEMUDIAN BLN KE-7 VISTA GAK ISA MASUK, KEMUDIAN BLN KE-8:LCD ISA PUTIH ABU2 KELUAR GARIS2.
    biar mulut saya berbusa,
    GARANSI CUMA 1 THN GAK ADA KOMPENSASI PENAMBAHAN dan orang acer gak mau ganti unit baru(kecuali laptop itu benar2 mati dan gak ada spare partnya), cm tuker2 spare part di dalam aja.padahal hari 1 udah rusak hardisknya.
    Saran saya jangan beli acer yg produk nya high level, maksud nya space nya jangan terlalu tinggi, yg standart aja dah, antara 6-9 jt an($400-$700).

    Kalau mau beli yang high level pilih aja merk HP(Hewlett-Packard) nomer 1 didunia.

    Suka

  4. assalam mas, kol mw service k acer center tuh apa software2nya harus asli?? trus, gni, laptopku acer 4736 baru 6 bulan,pke seven trial,bru dpake skitar stengah jam,tiba2 eror,mouse g bsa dgrakin,keyboard mati,pkoknya systemnya eror,bisanya cuma dimatiin scara paksa dgn cara tahan tombol off sampe lama,tp ak ykn cara ini g baik buat ksehatan lepi,apakaH kyk gtu trmasuk bs dgaransi mas?? mohon bimbingannya.. wassalam

    Suka

  5. #7
    wa’alaikum salaam..
    software nggak harus asli kok, mereka nggak ngeliat softwarenya kalo lagi ngecek..

    dari pengalamanku, kalo masalah hardware kaya gitu, masih kecover garansi kok.. itu bukan karena kesalahan pengguna kan ya? (misalnya kesiram air, jatuh, kepukul, dsb). kalo bukan kesalahan pengguna, jadi ujug2 aja errornya, itu tetep kecover garansi..

    Suka

  6. terus terang saya kecewa dengan layanan acer. saya punya monitor 16″ tapi ga bisa di garansikan dengan alasan kena benda katanya, padahal monotir itu dipakai 24 jam di warnet. dan yang lebih mencengangkan harga servicenya Rp. 1.400.000,- padahal belinya cuma Rp. 1.035.000,- Apa ga gila tu harga mendingan beli monitor 19′ baru dengan merk beda daripada harus ganti monitor 16′ dengan harga selangit. betul-betul menyebalkan…

    Suka

  7. Yang punya masalah dengan layar lcd dan ganti baru silahkan sms 085711665051. Menyediakan layar lcd merk LG.Philip, Samsung dan AUO yang di pakai oleh produsen laptop Acer, HP, Toshiba, Dell, AXIOO dll

    Suka

  8. Assalamu’alaikum
    Salam buat pengguna Laptop.

    ketawa dulu ah
    Wakakakakaka..
    gw udah berkelana menjelahahi dunia maya yg intinya pengen liat tentang laptop Acer, ternyata dari sekian banyaknya comment banyak banget keluhan tentang Acer y..
    gw saranin beli ASUS aj brother…
    selama 8 bulan gw make ASUS makenya selalu gila2an.
    ASUS gw K40IN.
    paling parah gw pake maen game Cossacks II Napoleon Wars
    dari jam 9 malem sampe jam 5 pagi (ini si udah parah).
    eit, tp laptop gw masih dingin2 aj… beneran sumpah, suhunya gw monitor pk program speedfan cuma 35 derajat doank, mungkin klo acer dah berasep gw rasa.. haha.
    gw jg sering bikin2 program tugas kuliah ampe lama jg. cz bikin program kn makan waktu lama, yg panas bukan laptop gw, tp otak gw yg overheat alias ngehang. wkwkwkwkwk.

    gw ngenet pake laptop biasanya 8 jam sehari klo lg gk ada kuliah.

    Acer Motherboard’y gk bagus.. klo ASUS kn udah pengalaman bikin motherboard sm VGA, jd udah pasti paling bagus. (buktinya laptop gw)
    lyt aj di warnet2 game, motherboardnya kebanyakan pake ASUS.

    Suka

  9. saran:
    Klo abis make laptop dalam penggunaan waktu yg lama, gw saranin laptopnya di balik abis di pake, soalnya kn motherboard sm hardisk kn letaknya dibawah, nah klo di balik akan kena tiupan angin alam atau dari AC, jd bakal cepet dingin lg komponen2’y.
    pembuangan panas jg harus di jaga dari debu. harus diperiksa secara berkala.
    OK semoga bermanfaat. khususnya bwt pengguna Acer.
    (^_^)

    Suka

  10. eh sob, bener banget tuch soal acer. Gue udah punya laptop acer aspire 4540. baru 6 bulan dari bulan mei ini. Eh tiba2 lcdnya ada garis vertical warna merah gitu. Tapi laptop gue masih ada garansinya. Kira kira berapa yach biaya buat memperbaikinya?

    Suka

  11. hy tmn”
    aq bingung bgt+bgt (ACER 4730z) punya aq LCD lyr 14″ monitornya di vonis hrs d ganti MOHON kl ada tmn yg mau Jual confirm ya secepatnya !!!
    tp ada yg tau ga kira” hrg baru atau secound brp ???

    Suka

  12. Apakah anda pernah mengalami:
    1) Beberapa tombol tidak berfungsi,
    2) Tombol macet,
    3) Hubungan pendek pada jalur pcb (muncul huruf yang berbeda),
    4) Penekanan tombol agak keras

    Hanya ada 2 kategori:
    1) 1 – 5 tombol rusak/error Rp 100.000,-
    2) 6 – ke atas tombol rusak/error Rp 150.000,-

    Serahkan masalah anda ke kami, insyaallah masalah anda dapat kami selesaikan dalam tempo 24 jam, dan bergaransi.

    Hubungi : Ahmad Firdaus, Telp : 0411-5015049, alamat : Jl. Tamalate I Blok 15 No. 6 (Depan TK Budi Dharma Utama) Makassar Sulawesi Selatan

    Suka

  13. sayajg punya laptop acer 4736. baru pake 3 bln eh, tiba2 lcd nya bergaris trus laptopnya mati total……
    teman2 ada yang tau g t penyebabnya apa????
    trus apa yang harus diganti???

    Suka

  14. teman2,

    untuk notebook Acer, selama kerusakannya tidak mengindikasikan adanya kerusakan fisik akibat cara pakai yang agak” aneh… itu masih bisa diklaim garansi (jika statusnya masih garansi),

    kalo penyebab LCD display garis2… itu biasanya karena faktor penggunaan yang agak” slebor…

    klo standby jgn ditutup unitnya klo nyimpen unit jgn ditumpuk2 ato ketindihan ama barang2 yg laen…

    LCD tu kan emg rentan, baik LCD notebook, monitor, maupun LCD handphone….

    trus klo untuk keluhan mati total,
    plis cek arus listrik di rumah, stabil kagak?
    trus tu laptop makenya gimana? klo dipake seharian semaleman ya KO…. apalagi plus ditambah pakenya sambil colok ke listrik… dibiarin aja lagi pas batere nya udah full… ya dijamin deh board receiver arus listriknya konslet atuh… jadina mati total…

    belum lagi klo lu maenan laptop seharian ato semaleman di atas kasur… wah… aliran udara panasnya gak keluar atuh… jadi bisa menimbulkan korsleting pada komponen microchip di mainboardnya… klo dah gitu ya… mati total…

    klo soal keyboard mah…
    biasa itu klo cepet KO…
    apalagi klo chatingan mulu, atau ngegame mulu…
    struktur keyboard notebook kan tidak sekokoh keyboard PC… mana kabelnya kecil2 pula…

    terkadang kita menganggap diri kita sudah sangat paham soal teknologi komputer…

    padahal…

    kita masih “NUll”

    cuma sok gaya doank… bisa beli bisa gaya kaga paham cara penggunannya…

    Suka

  15. Dari pengalaman gue… sebagai pengembara…

    sebagian besar user pengguna Lappy… masi rada oon..

    Lu mungkin kaga pernah nemu kasus- gini :

    – lappy gosong & meleleh ampe casingnya N Hardisknya lebur gara2 dipake maen di dapur di samping kompor…

    – lappy membatu gara2 sering dibawa maen ke pantai (kena udara asam & uap asin, membuat komponen berkarat & membatu)

    – lappy ketumpahan kopi ama es krim (diduga usernya nih hobi nongkrong di kafe trus jelalatan liat cewek cakep kaga sadar klo kopinya tumpah di laptopnya)

    – lappy ada nasinya (gue kagak abis pikir koq bisa banyak nasi di dlm keyboardnya)

    – lappy cemong2… (isinya pada gosong semua… pin2 mainboardnya pada meleleh, gue heran ini pakenya gimana koq bisa begitu)

    – lappy berasap… (klo dipasang batere langsung berasap n bau hangus)

    – lappy berendam di air susu (gara2 di taro dlm tas, disatuin ama bungkusan es susu, tuh kan apa gue bilang oon bgt makenya… udah tau barang elektronik eh malah dicampur ama aer yg bisa bikin konslet, cari mati namanya)

    – lappy OS nya eror mulu (udah bawaan Os ori eh diinstalin lagi macem2 uda tau spec gak memadai masi ja maksa… ya jadinya loadingnya lamaaaaaa bgt, cuma mo masuk windows aja musti tunggu hampir 45 menit, lappy tuh bukan bahan uji coba kegilaan elu2 atas game2 baru… atau software2 aneh ya….)

    Suka

  16. Menurutku, yang juga tukang ngerusak laptop..wwkwkwk
    ( sadar Sepenuhnya)..
    Kerusakan laptop pada umumnya dilakukan oleh kita selaku user (pengakuan dosa)..bukan pada laptopnya..

    Faktanya:
    *kita kalo sudah keasikkan ngegames browsing dan lain sebagainya sering lupa waktu kalo laptop udah dipake sekian lama tanpa istirahat. Mnrt tukang servis laptop yg gw tanya ..idealnya laptop di istirahatkan barang setengah jam setelah dipakai 4 jam nonstop.
    *Pada kasus Dead pixel atau garis pada lcd selain disebabkan overdosis maen games, juga disebabkan posisi saat menutup / melipat layar yang tidak tepat. kata tukang servis juga baiknya menutup atau melipat layar posisinya tekan pada bagian tengah2 laptop. jgn disebelah kiri atau kanan. krn tekanan pada lcd menjadi tidak rata, efeknya bisa merusak lcd.

    *Penggunaan kipas pendingin eksternal tidak banyak memberikan pengaruh terhadap panas laptop. karena mesin pendingin hanya mendinginkan sebagian dari bagian bawah laptop. Sedangkan pada pendingin prosesor yang seharusnya mendapatkan pendinginan lebih malah tidak tersentuh.

    * Kata tukang servis juga baiknya kalo laptop digunakan menggunakan colokan listrik langsung baeknya batre di lepas aja(tapi ga tau jg kalo yg ini pengaruhnya..)

    Itu aja dulu deh info tambahannya..semoga bisa membantu,,
    salam

    Suka

  17. Gan ..
    Notebook ane Retak..

    Retaknya ini mungkin gara2 di taro tas,, Kepentok kaga apa kaga ,,

    Klo ane minta garansi ke acer kira2 di terima apa di Tolak mentah2..

    Suka

  18. permisi bro , numpang tanya ..

    pertanyaan

    netbook acer saya .. LCDnya retak lalu saya ganti lcdnya ….

    nah permasalahannya …

    tampilan di windowsnya jadi 1/2 ke arah vertikal gan …

    Suka

  19. Update harga lcd laptop 28-01-2011
    Led 10.1 acer aspire one A0 531 , Dell mini, HP 210 hanya Rp 800.000
    Led 14.0 acer 4732 4736 4740 4741 emachine D725 Hanya 900.000
    led 10.1 acer aspire one AOD 255 dan Happy hanya 900.000
    call: 0821 1666 5551 or 0857 1166 5051 (maskur)

    Suka

  20. Saya juga punya pengalaman kurang enak dengan laptop, ngehang terus, jadi dipensiunkan lebih dini tuh laptop.
    Sekarang balik lagi ke desktop pc, walaupun tdk praktis n nggak bisa dibawa-bawa tapi tahan banting banget

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s