Alhamdulillah, Keluarga Kecil, Terimakasih Banyak!

Alhamdulillahirobbil ‘alamiin..

Cuma rangkaian kalimat syukur berulang-ulang yang bisa saya ucapkan baik itu secara lisan maupun dalam hati, setelah Rapat Kerja (Raker) BEM Fasilkom selesai diselenggarakan Sabtu-Minggu, 21-22 Juni 2008 lalu. Bagaimana tidak bersyukur, kalau sejak persiapan sampai selesai acara, banyak rizki, bantuan, dan kemudahan yang datang secara tidak diduga-duga. Gimana tidak bersyukur, kalau anak-anak BEM yang dateng raker jumlahnya banyak, dan semuanya bersemangat tinggi!

Tidak banyak yang bisa saya katakan lagi, selain bersyukur kepada Allah SWT, dan berterimakasih kepada semua Keluarga Kecil BPH BEM Fasilkom yang telah bekerjasama untuk menyelenggarakan Raker ini.. Apresiasi khusus saya berikan buat Agung yang telah dengan sukses memimpin Keluarga Kecil untuk mempersiapkan Raker di sela-sela kesibukannya KP, buat Zahra yang Alhamdulillah telah membuat Raker ini berjalan di tempat yang sangat menakjubkan, buat Zebew, eh Ari Wibowo, yang sangat berdedikasi dalam urusan transportasi (nyari bus, dan juga nyetir! hehe..), buat Lutfi yang berhasil bikin acara-acara kita seru dan efektif, buat Irsyad yang sangat bersemangat untuk bantu-bantu, buat Irene yang nggak jadi bebas tugas (karena akhirnya nyari warung buat beli nasi juga, hehe), buat Toni yang udah bikin game outbond, buat pak Chamat dan Rama yang ngurusin perlengkapan outbond. Juga buat Keluarga Kecil lainnya yang udah bikin suasana makin meriah dengan ikutan jadi peserta juga, seperti Meri, Leni, Dhiemas (jangan jadi mahasiswa malas mas!), dan Sidik yang perannya bikin ilfil, hehe.. Terakhir buat Chandra yang akhirnya nyusul dan nggak nyesel udah dateng (ya iyalah Chan, tempatnya subhanallah bagus banget kan!)

Mudah-mudahan, segala keberhasilan dan pencapaian ini menunjukkan bahwa BEM Fasilkom 2008 insya Allah diberkahi oleh Allah SWT. Mudah-mudahan pula, keberkahan ini bisa kita jaga bersama-sama, sehingga kita bisa menjadi Keluarga Kecil yang menginspirasi Keluarga Besar BEM Fasilkom untuk terus berjuang menjadikan diri kita bermanfaat, berkontribusi dalam kompetensi! 

Jumlah Kegagalan Akan Lebih Banyak Daripada Jumlah Keberhasilan: Analogi dengan Pertandingan Sepak Bola

Masih dalam suasana Euro 2008, mau bikin postingan tentang sepak bola lagi ah.. Lanjutan dari tulisan gw yang ini: Gawang, Tanggung Jawab Siapa: Kiper atau Semua Tim?

Mungkin teman-teman semua udah pada tahu cerita, katanya Thomas Alva Edison sudah melakukan ribuan percobaan gagal, sebelum akhirnya berhasil. Atau banyak cerita tentang orang yang selalu gagal, tapi selalu bangkit lagi, dan akhirnya berhasil. Artinya, jumlah kegagalan selalu lebih banyak daripada jumlah keberhasilannya. Di sini gw pengen ngasih sudut pandang lain tentang hal ini. Karena gw adalah penggemar bola (main dan nonton), maka gw mau ngasih sudut pandang dari sepak bola, sesuai dengan analogi yang gw ambil dari sebuah pertandingan sepak bola. Baca lebih lanjut

Udah Miskin, Ngerokok Pula. Ga Heran Nggak Kaya-kaya..

Sorry to say, bukannya nggak peduli atau nggak empati dengan kaum miskin, tapi gimana mau kaya, kalau hal-hal nggak penting seperti ngerokok tetep dilakukan?

Gw bukan perokok (dan insya Allah tidak akan menjadi perokok), jadi gw nggak tahu berapa harga sebatang atau sebungkus rokok. Tapi, secara common sense, bukankah lebih baik uang buat rokok itu dialokasiin untuk ditabung sebagai modal usaha, atau paling tidak untuk makan?

Hhah, gimana pengangguran atau orang miskin di Indonesia mau berkurang, orang mereka yang belum kaya aja berani-beraninya sombong nghabisin uang secara sia-sia, padahal mereka pasti butuh uang itu..
~Abis nonton acara Balada di Trans TV, Selasa, 17 Juni 2008 jam 11 kurang. Ceritanya tentang pawang monyet yang miskin, dan mencari uang untuk membiayai pelatihan monyetnya dengan memulung. Ada banyak scene dimana dia sedang bicara mengharukan, tapi sambil megang rokok yang lagi berasap.. Hiss, ironi..

~Gw juga miskin, belum punya penghasilan tetap, makanya gw nggak mau ngabisin uang gw secara sia-sia..

Blogger, Partner Baru Membangun Brand-Awareness Perusahaan?

Teman-teman, media online yang bernama blog ini, beserta para blogger dan komunitas-komunitasnya sedikit demi sedikit, perlahan-lahan, semakin lama semakin mendapat tempat serius di masyarakat. Sebelumnya, blogger sudah diakui oleh pemerintah yang menyatakan 27 Oktober adalah Hari Blogger Nasional dan dianggap sebagai bagian dari keluarga besar pemerintah. Lalu, para artis beserta para tokoh-tokoh publik di Indonesia pun tidak ketinggalan memiliki media personal yang bernama blog ini.

Dan mulai baru-baru ini, kita-kita para blogger pun mulai ‘dilirik’ oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia sebagai ‘teman dekat’ perusahaan. Sebelumnya, pada bulan Februari 2008 lalu, beberapa blogger diundang oleh Toyota Astra Motor Indonesia di peluncuran All New Toyota Corolla Altis. Pada saat itu, sekitar 15 blogger, sebagian adalah blogger-blogger ternama Indonesia, seperti Pak Nukman, Ndorokakung, Paman Tyo, Ong Hock Chuan, Pitra, diundang untuk makan siang bersama di Hotel Ritz Carlton Jakarta sekaligus menghadiri peluncuran mobil itu.

Dan minggu lalu, tepatnya Jum’at, 13 Juni 2008, acara serupa juga diselenggarakan oleh Nokia. Beberapa blogger, termasuk saya (kaget lho, saya diundang juga!), diundang oleh Nokia dalam acara bertajuk Blogger Gathering: “Join The Things That Matter To You”. Tempatnya di restoran Neo Vanity, Menara Baru Standard Chartered, Jakarta. Ceritanya, mas Budi Putra diminta oleh Nokia untuk mengajak beberapa blogger dari berbagai kalangan dan berbagai topik blog. Dan mas Budi Putra pun akhirnya mengundang 10 blogger yang memiliki topik blog berbeda-beda, dari IT, fashion, boga, teknologi komunikasi, tulis-menulis, dan blog tentang blog. (more…)

Main Minesweeper

Teman-teman, tahu tidak? Udah hampir 10 tahun gw mengenal game Minesweeper di komputer, baru belakangan ini aja gw paham betul cara mainnya! Iya, gw kenal Minesweeper dari zaman gw SD dan belum punya komputer. Gw main komputer (tepatnya main game) cuma di kantor bokap gw aja waktu gw ke sana. Dan tahu tidak, gw dulu main Minesweeper gimana? Lihat gambar ini: Baca lebih lanjut

Gawang, Tanggung Jawab Siapa: Kiper atau Semua Tim?

Mumpung Euro, iseng-iseng nulis tentang bola ah..

Ini suatu pertanyaan yang muncul tiba-tiba saat nonton Italia lawan Perancis (yang hasilnya dimenangkan oleh Italia, hore!): Penjagaan gawang suatu tim (mencegahnya dari kebobolan), kira2 itu tanggung jawab siapa ya? Apakah oleh kiper, yang dalam bahasa inggrisnya adalah goalkeeper (penjaga gawang), yang memang kerjaannya duduk manis dan diam eh maksudnya berada di bawah mistar gawang untuk menjaganya sampai titik darah penghabisan? Atau apakah oleh pemain belakang, yang jumlahya 4-5 kali lipat lebih banyak daripada kiper? Atau oleh pemain tengah? Atau oleh pemain depan? Atau oleh semua anggota tim? Baca lebih lanjut

Semanggi = Semangat Tinggi!

Selasa, 17 Juni 2008, 01.00

Belum bisa tidur sampai saat ini. Entah mengapa.

Duduk selonjor di sofa di depan TV di ruang keluarga. Memangku laptop, walaupun katanya ini tidak sehat untuk kesehatan alat reproduksi pria.

Baru saja blogwalking sekedarnya ke blog aggregator sahabat-sahabat saya seangkatan.

Terinspirasi oleh tulisan Chandra di sini. Ingin terus menjadi orang yang bisa mewujudkan berbagai harapan.

Tiba-tiba rindu dengan aktivitas yang sudah satu tahun ditinggalkan: disain vektor.

Ingat dengan ide disain yang sudah datang sejak lama: semanggi, semangat tinggi!

Ide ini sangat sesuai dengan kondisi sekarang yang sedang bersemangat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari

Jadilah disain ini:

Semanggi, Semangat Tinggi!

Jika ingin berbagi tingginya semangat kepada orang lain, silakan download wallpaper ini. Ukurannya wide (1280 x 800), tapi dicoba di 1024 x 768 hasilnya pas juga.

Tulisan ini selesai ditulis pada saat Jerman vs. Austria selesai menyanyikan lagu kebangsaannya masing-masing, dan insya Allah di-publish pada hari Kamis tanggal 19 Juni 2008.

Semanggi! semangat tinggi!