Dibalik “Blog Adalah Trend Sesaat”: Sebuah Tambahan Sudut Pandang

Tanpa bermaksud membela atau menyerang pihak manapun, postingan ini dilatar belakangi oleh keinginan meredam tekanan negatif para blogger kepada Roy Suryo, terutama akhir-akhir ini saat panas-panasnya penerapan UU ITE. Jika kita memahami apa yang ada di pikirannya, kita pasti akan memahami pula kenapa beliau bersikap demikian hingga saat ini. Tulisan ini bertujuan untuk mengurai latar belakang pendapat populernya Roy Suryo: Blog itu satu tren saja, yaitu dengan cara memberikan pendapat lainnya dari orang yang ahli tentang ini. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi bahan diskusi sebelum terjadinya dialog antara Roy Suryo dengan blogger.

Blogger mana sih yang tidak tahu salah satu quote favorit RS tersebut? Coba saja googling dengan keyword tersebut, atau keyword ‘blog adalah trend sesaat’, dan muncullah banyak komentar para blogger menanggapi hal tersebut.

Dari sejak saya pertama kali mendengar pendapat tersebut hingga hari ini, saya tidak habis pikir, mengapa blog bisa dikatakan tren sesaat. Bagaimana bisa, sebuah aktivitas yang mengglobal ini, aktivitas yang masih relatif baru bagi masyarakat Indonesia ini, aktivitas yang pertumbuhannya amat pesat ini, aktivitas yang banyak blogger merasakan manfaatnya, dan aktivitas yang sampai pemerintah memberikan kita sebuah hari khusus segala, disebut sebuah tren saja. Bukankah ini adalah sebuah budaya baru yang amat bermanfaat: membaca dan menulis? Kenapa dikatan sebuah tren sesaat saja?(selengkapnya di Ayo ngeBlog!)

Iklan

4 pemikiran pada “Dibalik “Blog Adalah Trend Sesaat”: Sebuah Tambahan Sudut Pandang

  1. iya man, kalo dulu orang dulu bilang indonesia kurang membaca dan menuis, maka Ngeblog adalah solusinya bahkan kita bisa saling sharing tanpa ada yg menggurui, jadi belajar serasa di cafe gtu… 🙂

    btw nt dateng ngak man , ke budilihur dateng yok

    Suka

  2. Aslm

    Saya baru aja terjun ke dunia blog, liat blognya ilman saya langsung keder…

    Tp saya pengen belajar untuk bisa kayak gitu,,

    Pengennya c bukan cuma ngikutin tren sesaat,,

    Klo sempet, mampir ke http://brokenbrain89.blogspot.com/
    (namanya aneh, soalnya tadinya kirain cuma mau asal ngeblog ajah)
    baca artikel ttg film fitna, tyuz komenin yc…

    TQ

    Suka

  3. Yaaa… nanti juga kemakan ama omongannya sendiri.. tenang aja.. blog itu kan juga bisa menjadi media narsisme, karena saya liat juga RS orang narsis, pasti dia ga tahan.. sapa tau dia punya blog tapi cuma running di localhost… hehehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s