Bosan dengan Blog Ini?

Sudah lama ya, blog gw ini nggak di-update? Tidakkah teman-teman bertanya-tanya, kenapa gw sekarang jarang update blog ini?

Jujur, gw bosen!

Tidak-tidak, bukan bosen ngeBlog! Gw nggak bosen ngeBlog, karena gw merasakan sendiri manfaat-manfaat dan efek positif dari aktivitas ngeBlog ini. Bahkan karya tulis yang gw ikut sertakan di kompetisi mahasiswa berprestasi (Mapres) Fasilkom 2008 ini pun tentang Blog: Blog dan Pemanfaatannya dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa (klik itu untuk mendowload papernya). Lebih-lebih, insya Allah karya tulis lainnya yang diikutsertakan di Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) 2008 ini pun tentang Blog: Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif.

Apa yang gw bosankan?

Gw kehilangan fokus dalam mengurus blog ini. Gw juga kehilangan minat dalam mengurus blog ini. Karena ini adalah blog personal yang memang campur-campur, tulisan yang ada di dalemnya pun campur-campur pula. Karena ini adalah blog campur-campur, ide-ide yang mau gw tuliskan pun terkadang bermunculan sangat banyak (sampe nggak ditulis karena saking banyaknya), atau bisa juga tidak ada ide sama sekali.

Mohon maaf, entah kenapa, gw sekarang cukup males buat membalas komentar yang masuk. Komentarnya hanya dibaca, dan jari-jari gw tidak tergerak untuk me-reply-nya. Entah, apakah karena komentar yang masuk jumlahnya relatif sedikit dibandingkan dengan blog gw lainnya, atau karena memang pada dasarnya gw sedang bosan?

Kondisi kebosanan ini juga berefek besar kepada pengunjung blog ini. Teman-teman gw yang biasa membuka blog gw secara rutin mulai jarang berkunjung.

Lihat hasil statistik Google Analytics ini:

Jumlah pengunjung yang datang lewat search engine sudah melebih jumlah pengunjung rutin (yang membuka blog gw karena memang kenal gw). Artinya, teman-teman pengunjung setia blog ini sudah mulai melupakan blog gw dan jarang berkunjung, karena gw-nya juga jarang ng-update..

Pendapat Mas Budi Putra benar buat gw, bahwa mengelola blog tentang topik yang niche atau spesifik itu lebih mudah karena kita tidak perlu banyak ‘menongkrongi’ banyak topik. Gw pribadi sebetulnya cukup suka juga memperhatikan banyak hal, terutama topik-topik yang lagi hot saat ini. Akan tetapi, itu dia, gw kesulitan menuliskannya ke dalam blog personal ini.

Apakah blog ini harus ditutup untuk sementara waktu sampai gw menemukan topik lainnya yang emang bener-bener gw sukai dan gw minati, seperti blog gw yang satunya ini? Gw memang mulai menemukan kesukaan gw yang nantinya akan menjadi jalan hidup gw di suatu bidang khusus, yaitu bidang bisnis, web, dan internet. Tapi gw merasa belum terlalu mumpuni tentang itu. Masih harus banyak belajar. Tapi apakah gw harus menunggu sampai gw benar-benar merasa bisa berbagi ilmu? Selama itukah gw harus menunggu untuk terus ngeBlog?

Iklan

11 pemikiran pada “Bosan dengan Blog Ini?

  1. JANGAN…………

    kasusnya sama, Man… (sok nyama-nyamain :mrgreen:) Kebanyakan ide, terutama yang nggak dijaring di notes. Ada tulisan, setelah dibaca ulang agak terlalu kasar, terutama redaksinya. Kalau diturunkan, bisa memancing kontroversi (duile… siapa yang baca coba?).

    Tapi jangan, Man. Kalau aku dateng setiap di-update, dan nggak menutup kemungkinan kalo lagi mau aja, numpang baca komen yang masuk. Tapi kalo ditutup, hm… berkurang satu dong, bahan bacaanku dari sedikit teman yang masih aktif nge-Blog…

    Kalo inget ntar bikin blog “Support iLm@n’s Blog” ah… :mrgreen:

    Suka

  2. waduh man…

    jangan sampe ente mengecewakan salah seorang pengunjung setia blog ente…

    Ane ndak pernah bosen kok, melihat-lihat blog ente…=p

    Suka

  3. jangan dipaksakan, kalau lagi nggak mood, hiatus aja dulu, ntar kalau udah mendingan baru dah kembali nulis lagi, kan dapet ide tuh selama hiatus.

    kalau gue kan udah hibernasi, dari hibernasi gue akhirnya memutuskan untuk pindah rumah. Dari dodot menjadi quelopi, alamat nya pun pindah.

    nah… skarang gimana? hiatus apa nggak, alamat ini jangan ditutup yah boss

    Suka

  4. 😯

    Ayo man, semangat lagi… Emang sih, ngurus blog yang membicarakan topik tertentu lebih enak… Tapi blognya ilman juga bagus kok, menginspirasi 🙂

    Watermelon, man… :mrgreen:

    Suka

  5. Sama man…
    Dan kayaknya udah harus diambil langkah preventif nih… Aku ada kepikiran beralih dari blog personal, ke topik yang lebih khusus (niche).
    Bener kata kamu… kadang kalau kita membicarakan banyak hal, susah…. tergantung mood.
    Nah kalau sudah niche, kita akan fokus dengan itu. Dan mudahan bisa jadi expert di bidang yang kita bahas…
    Aku sih rencanya pengen ngeblog tentang motivasi diri dan belajar aja… karena menurutku, post ku kebanyakan tentang itu…
    kalau km man ?

    Suka

  6. hari ini gw posting “para blogger yang hiatus”
    sesuatu yang dijalani terus menerus akan mengalami kejenuhan. Itu siklus normal.
    kalo udah gak semangat, kembali ke tujuan awal ngeblog…
    ingat-ingat lagi deh…
    salam kenal dari gw

    CHAYOOOOOOO!!!!!!!

    Suka

  7. #1 Arif Ade’
    terimakasi banyak rif atas dukungannya.. boleh juga tuh idenya: blog Support iLm@N’s Blog, hehe..

    #2 Hamba Allah
    terimakaih fi.. ane jadi terharu, *hiks.. ane coba berusaha untuk tidak mengecewakan temen-temen semua ya.. tapi ane mau mencoba tidak terlalu terasa terbebani dalam mengurus blog personal ini.. soalnya memang kenyataan, ngurus blog gado-gado lebih susah daripada nulis blog spesifik..

    #3 quelopi
    insya Allah alamat ini nggak bakal ditutup *selama masih ada duit buat bayar hosting+domain :mrgreen:

    kepikiran juga buat hibernasi, tapi takut mengecewakan temen2 pengunjung setia blog gw ini hehe.. :mrgreen:

    #4 diana_bochiel
    tukeran link? boleh juga nih..

    #5 Romy
    kalo ngeBlog sih insya Allah masih semangat, tapi yang nggak semangat itu kalo ngeblog di blog gado2 ini.. btw, terimakasih atas semangatnya ya rom!

    #6 Charles
    terimakasih atas watermelonnya char! 😛

    #7 kamal
    nggak kok mal, nggak bosen ngeblog.. yang bosen itu ngeblog di blog gado-gado ini..

    #8 Fadli Wilihandarwo
    tampaknya blog personal ini mau difokuskan buat membangun personal brandingku sebagai (calon) ahli IT, bisnismen, juga ahli web dan internet.. karena emang interest ku di situ.. tapi kapan mau mulai memfokuskan dirinya itu yang masih bingung..

    #9 yella
    salam kenal juga mbak yella.. kok nggak ninggalin URLnya sih? saya sampe googling dulu buat nemu postingannya, hehe.. http://yellashakti.wordpress.com/2008/04/04/blogger-yang-hiatus/

    teman2 semua yang udah komen, terimakasih banyak atas dukungannya.. saya belum mau hiatus kok, di semua blog yang saya kelola (ilmanakbar.com dan http://www.ayongeblog.com).. saya paling semangat memang nulis di ayongeblog.. buat di blog ini, saya masih butuh tambahan waktu lagi untuk mengembalikan semangat dan motivasi untuk diri sendiri..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s