Apa yang Kita Perlukan untuk Menciptakan Inovasi dan Kesuksesan dalam Hidup?

Teman-teman, apa yang kita perlukan untuk menciptakan inovasi dan kesuksesan dalam hidup? Apa yang kita harus lakukan agar kita tidak hanya menjadi seseorang yang biasa saja dan menghasilkan sesuatu yang biasa saja? Bagaimana caranya agar kita bisa menjadi orang yang kreatif, menciptakan sesuatu bermanfaat yang belum pernah ada sebelumnya, dan menjadi seorang yang penuh inovasi?

Kata kuncinya yang saya dapatkan ada tiga: (1) tekun belajar tentang topik yang kita senangi, (2) berguru dan belajar dari orang yang sering membuat inovasi, (3) memelihara semangat yang ada dalam diri

Saya teringat degan apa yang pernah Pak M. Rahmat Widyanto (Koordinator Program Pasca Sarjana Ilmu Komputer) katakan langsung kepada saya,

Untuk bisa menciptakan sebuah inovasi, kita harus berguru dan belajar dari orang-orang yang memang sering membuat inovasi. Inovasi itu nggak bisa tiba-tiba datang dari langit.

Dia mengatakan itu dalam konteks riset di bidang teknologi informasi, yang merupakan core competence dari beliau. Beliau yang sudah mendapatkan gelar doktornya di Jepang (kalau tidak salah), kembali lagi ke tanah airnya untuk mengembangkan bangsa Indonesia menjadi bibit-bibit baru, inovator-inovator riset dan penelitian teknologi informasi.

Saya juga terinspirasi dengan kisahnya Wilbur dan Orville Wright, Wright Bersaudara, yang tiba-tiba saya ingat setelah membaca ulang komik Archi dan Meidy #3 Pertarungan di Udara, lalu saya lanjutkan dengan membaca ulang komik biografi Wright Bersaudara. Wright Bersaudara, yang tidak lulus SMA, telah menciptakan pesawat terbang, sebuah inovasi yang membuat dunia maju pesat seperti ini. Wright Bersaudara sedari kecil telah mencintai dunia teknik, mengutak-atik mesin dan peralatan, sehingga ketika beranjak dewasa mereka telah memiliki perusahaan sepedanya sendiri.

Tidak berhenti sampai di situ, mereka memiliki mimpi melihat masyarakat bisa terbang seperti burung, dan mereka benar-benar mewujudkannya dengan kerja keras: belajar tentang ilmu penerbangan, melakukan berbagai percobaan dan penelitian, mengikuti perlombaan penerbangan, dan sebagainya. Dan dunia pun melihat Wright Bersaudara seperti sekarang ini.

Tentang tekun belajar, saya ingat kata-kata Pak Nukman Luthfie pada postingannya yang ini,

Saya memang memiliki ketertarikan luar biasa terhadap bisnis Internet, strategi dan marketing ? tentu saja juga teknologi Internet. Itu sebabnya, setiap hari sedikitnya saya belajar selama satu jam mengenai hal ini. Sumber belajar idola saya antara lain Marketing Sherpa, eMarketer, AdaptivePath, Seth Godin, serta Jacob Nielsen. Tentu saja sumber belajar paling mak nyoss adalah pengalaman mengelola begitu banyak klien, berbagai jenis proyek web, serta inisiatif bisnis dotcom yang saya dan tim lakukan

juga yang Mas Budi Putra katakan kepada saya tentang apa yang ia lakukan untuk menjaga kualitas tulisan di blog-nya tentang mobile gadget. Dia mengatakan, setiap harinya dia membaca ribuan RSS feed dari berbagai tentang mobile gadget. Dengan melakukan hal ini, dia dengan cepat mendapatkan informasi tentang mobile gadget terbaru.

Tentang semangat, saya baru saja membaca sekilas kisah hidup Krisdayanti (KD), Diva musik pop Indonesia, di Koran Republika hari Sabtu 22 Maret. Dan saya terinspirasi dengan apa yang ia pesankan kepada pembaca Republika. KD berpesan agar kita mengisi hidup dengan semangat,

Karena hanya semangat tiada henti menjadi modal saya selama ini dan insya Allah akan diberi jalan untuk mendapat rezeki.

Dan kita melihat KD sekarang sebagai sosok yang sukses dalam karier bermusiknya. Coba kalau 10 tahun lalu KD patah semangat dan tidak melanjutkan perjuangannya?

Terakhir, saya kembali harus menuliskan apa yang saya tuliskan di postingan sebelumnya, yaitu quote dari Steve Jobs tentang melakukan apa yang kita percayai sebagai great work,

The only way to be truly satisfied, is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven?t found it yet, keep looking, and don?t settle.

Ya, temukanlah fokus apa yang kita kejar dalam kehidupan kita, banyak belajar, banyak berguru dari orang yang ahli tentang itu, jangan patah semangat, yakinlah apa yang kita lakukan itu adalah great work. Dan suatu hari nanti, Insya Allah kita akan mendapatkan apa yang kita impikan itu..

5 pemikiran pada “Apa yang Kita Perlukan untuk Menciptakan Inovasi dan Kesuksesan dalam Hidup?

Tinggalkan Balasan

