Yuk, Sambut WordPress 2.5!

Awalnya gw hanya googling-googling saja, menikmati malam minggu yang cerah 🙂 , 8 Maret 2008 lalu. Lupa memasukkan keyword apa, tiba-tiba gw tidak sengaja membuka sebuah website yang berisi informasi bahwa WordPress versi 2.5 akan segera dirilis. Karena penasaran, ya sudah, gw pun segera mencari informasi tentang ini lebih banyak lagi dengan memasukkan keyword “WordPress 2.5” di Google.

Gw pikir, wah, makin lama gw makin cinta WordPress nih, karena gw bisa tahu kapan WordPress setiap versi itu dirilis. Sebelumnya kan gw seminggu sekali buka halaman download WordPress buat ngecek apakah ada versi terbaru yang dirilis pengembangnya. Eh, sekarang gw bisa tahu jadwal rilis versi-versi berikutnya dari WordPress.. Dan versi 2.5 ini akan keluar esok (atau mungkin hari ini saat temen-temen membaca tulisan ini), tanggal 10 Maret 2008..

Nah, katanya nih, akan ada beberapa perubahan dan fitur-fitur baru di WordPress versi 2.5 ini. Buat para pembuat themes (waduh, gw termasuk kategori yang ini nih), juga para pengembang plugins (kalo gw cuma pengguna aja kok), ada beberapa hal yang harus siap-siap dilakukan buat menyambut WordPress versi 2.5 ini.

Perubahan besar yang kelihatan sih ada di sisi dashboard (Admin Panel), karena tampilannya yang berbeda. Kalo mau ngeliat screenshot-nya, bisa dilihat di sini, atau kalau mau coba sekalian, bisa buka ini. Kesan pertama gw setelah mencoba dashboard-nya: ANEH! Yah, ini pasti karena belum terbiasa sih. Ala bisa karena biasa bukan?

Oh iya, mungkin masih ada temen-temen yang bingung apa bedanya WordPress.org dengan WordPress.com? WordPress.com itu penyedia jasa blog gratis, seperti halnya Blogger.com. Semua yang daftar di WordPress.com akan punya blog yang beralamat http://namasendiri.wordpress.com/, persis dengan Blogger/Blogspot. Kalo WordPress.org, dia menyediakan engine atau sistem websitenya, yang hanya kita pake kalo kita sudah menyewa (bayar) jasa hosting dan memiliki nama domain sendiri. Ya contohnya www.ilmanakbar.com ini.. Info lengkap tentang bedanya 2 hal itu bisa dilihat di sini.

Oke, WordPress 2.5 sudah akan tiba esok hari. Apa yang bisa kita lakukan untuk menyambutnya? Kalo gw, ada PR besar buat gw, yaitu upgrading 3 blog yang gw kelola: iLm@N’s Blog ini, Ayo ngeBlog!, dan anakUI.com. Mudah-mudahan aja plugins yang gw pake di ketiga blog itu cocok semua dengan WP versi 2.5 nanti. Mudah-mudahan juga para pengembang plugins itu segera update plugins-nya biar cocok dengan WP versi 2.5.. Kalo nggak, waduh, bisa berabe urusannya.. Bisa-bisa gw nggak upgrade dulu nih, menunggu sampe semua plugins itu beres semua..

Update 12 Maret 2008

  • WordPres 2.5 ditunda peluncurannya satu minggu, menjadi tanggal 17 Maret 2008. Lihat berita di sini dan sini.
Iklan

5 pemikiran pada “Yuk, Sambut WordPress 2.5!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s