With Great Power, Comes Great Responsibility

Tidak-tidak, itu bukan hanya perkataan Paman Ben ke Peter Parker.. Quote itu juga bukan hanya berlaku buat si Spiderman, yang berbicara dengan dirinya sendiri,

Whatever life holds in store for me, I will never forget these words: “With great power comes great responsibility.” This is my gift, my curse. Who am I? I’m Spider-man.

Hal itu tentu juga berlaku buat kita semua, sesuai konteks keadaan masing-masing, sesuai dengan tempat dan waktu dimana kita berada. Makin besar power kita, dalam hal apapun, makin besar pula tanggung jawab yang kita emban. Mau contoh sederhana? Contohnya diambil aja ya, dari gw?

Dulu, saat masih bocah, belum bisa apa-apa, kerjaan kita pasti cuma main kan? Nah, saat kita punya power sehingaga jadi mengenal makhluk yang namanya duit, kita jadi punya tanggung jawab buat disuruh-suruh belanja ke warung sama emak-babe kita. Bener kan?

Nah, nambah lagi saat kita (maksudnya gw) udah bisa naik sepeda dengan lancar. Tanggung jawab kita nambah lagi, nggak hanya belanja di warung, tapi juga belanja di pasar, beli telor, beli makanan, dll, dll.. Iya kan?

Saat gw lebih gede lagi dan belum bisa nyetir motor, bokap gw lah yang punya tanggung jawab buat nganter adik-adik ke sekolah. Tapi, saat gw bisa naik motor, lebih-lebih saat udah punya SIM C, gw jadi punya tanggung jawab buat nganterin adik-adik gw ke sekolah, bergantian dengan bokap gw. Bisa naik motor asik kan? Tapi tanggung jawabnya jadi nambah tuh..

Nah, sekarang kan gw belum bisa nyetir mobil (lebih tepatnya belum bisa nyetir mobil manual, karena nyetir mobil matic insya Allah udah pernah bisa, bahkan sampe lewat tol segala). Gw udah disuruh-suruh bokap buat latihan mobil, karena gw jarang banget nyempetin waktu buat belajar mobil. Coba kita bayangin, seandainya gw sudah punya power untuk menyetir mobil, tanggung jawab apa yang akan bertambah ke gw? Ya, sebagian tanggung jawab bokap gw dalam hal pernyetiran mobil akan pindah ke gw selaku anaknya yang paling ganteng eh besar ini..

Mulai dari belanja bulanan ke supermarket bersama nyokap, mengantar barang2, sampai ultimate challenge-nya: mudik ke Semarang naik mobil! Mungkin setahun setelah gw punya SIM A, gw masih jadi pemain pengganti bokap gw untuk menyetir, tapi setelah itu, rasanya gw bisa jadi pemain inti deh.. Kalo pemain bola mah pasti seneng jadi pemain inti, nah kalo kasus gw? Hmm..

Betul kan, with great power, comes great responsibility? Makin besar kemampuan yang kita miliki, makin besar akses untuk mengatur orang lain, makin besar sumber daya keuangan kita, makin besar umur kita, makin besar tim kita, makin besar pula tanggung jawab yang kita miliki untuk memanfaatkan power tersebut di jalan kebaikan. Tanggung jawab kepada siapa? Tentu saja kepada Tuhan YME, juga orang tua, masyarakat sekitar, atau minimal tanggung jawab buat diri kita sendiri.

Takut punya power besar karena takut menghadapi responsibility-nya? Spiderman aja nggak takut,

Whatever life holds in store for me, I will never forget these words: “With great power comes great responsibility.” This is my gift, my curse. Who am I? I’m Spider-man.

masa kita takut?

sumber quotes:

IMDb – Memorable Quotes of Spider-man (2002)

Iklan

6 pemikiran pada “With Great Power, Comes Great Responsibility

  1. hmmm, gaq asiq man kalo harus pake [MORE], waqtu ngeklik-nja jadi agaq lama, mendingan ditampilin semuanja aja

    hmmm, quote terkerennja nih:
    “The power; it feels good. But you’ll lose yourself to it. It’ll destroy you.” ~Spiderman

    “I like being bad. It makes me… happy… ” ~Venom

    hohoho

    Suka

  2. #1 blacque
    hah, ada spiderman 4? bukannya katanya cuma sampe 3 ya?

    #2 Arham
    hmm, disuruh2 gimana maksudny ham?

    #3 dodot
    pertanyaan refleksi diri yang sangat bagus dot.. ~jadi malu karena masih suka nggak tanggung jawab

    #4 Bang Ganteng
    Soalnya, kalo dipanjangin semua, load halamannya jadi gede mal.. Kasian yang buka pertama kali, apalagi dari telkomnet.. Lama.. Selain itu, cepet ngabisin bandwidth blog ini..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s