Punya Akses Internet Tanpa Batas di Rumah, Apa yang Akan Kita Lakukan?

Tulisan ini masih berhubungan dengan tulisan sebelumnya: Dicari: Provider Internet Murah Indonesia.

Tidak semua rakyat Indonesia beruntung memiliki akses internet. Hanya rakyat Indonesia yang tinggal di perkotaan saja yang memiliki akses internet. Juga, tidak semua rakyat Indonesia yang memiliki akses internet berkecepatan tinggi. Hanya yang tinggal di kota-kota besar saja yang memiliki akses internet berkecepatan tinggi. Lebih sedikit lagi adalah rakyat Indonesia yang beruntung memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi di rumahnya masing-masing.

Internet memang masih jadi barang mahal di Indonesia, walaupun jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Banyak faktor, dari masalah regulasi pemerintah (salah satunya adalah pembahasan rancangan undang-undang ITE yang belum selesai) sampai masalah infrastruktur, yang mempengaruhi harga internet di Indonesia.

Walaupun internet masih relatif mahal bagi sebagian besar rakyat Indonesia, pasti teman-teman yang membaca tulisan ini tidak terlalu mempermasalahkan itu bukan? Kebanyakan kita alhamdulillah masih punya akses internet dari kampus kita masing-masing, atau dari warnet langganan kita, atau bahkan yang berlangganan internet berkecepatan tinggi di rumah masing-masing. Untuk yang terakhir ini, sayangnya tampaknya tidak banyak rumah tangga Indonesia yang memiliki itu.

Nah, walaupun kebanyakan dari kita tidak memiliki koneksi internet tanpa batas dari rumah kita masing-masing, tidak seperti rumah tangga di Amerika Serikat yang pada tahun 2007 aja ada 55 juta rumah tangga yang ada akses internet di rumah (data dari sini), ayo kita berandai-andai (sekalian berdo’a mudah-mudahan pengandaian kita dikabulkan oleh Allah SWT) kita memiliki akses internet tanpa batas dari rumah kita masing-masing!

Ya, seandainya kita punya akses internet tanpa batas di rumah kita masing-masing sehingga kita bisa kapan saja sepuasnya berinter, hal-hal produktif apa yang akan kita lakukan? Yuk, kita bikin daftarnya bareng-bareng.. Dan satu lagi, hmm, karena kecenderungan kita adalah kita suka melakukan sesuatu yang tidak produktif dari fasilitas bermanfaat yang kita miliki, jadi tampaknya kita perlu mengantisipasinya dengan juga menuliskan hal-hal yang tidak produktif.

Oke, kira2 ini daftar hal-hal produktif dan tidak produktif versi gw yang akan kita lakukan kalau kita punya akses internet tanpa batas di rumah kita masing-masing:

Produktif:

  • Menulis di blog pribadi setiap hari sekali (inilah yang dilakukan oleh Praditya dan Dodot)
  • Membaca blog yang topiknya sesuai dengan bidang kita setiap hari
  • Mendapatkan ide brilian untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dan bersejarah di dunia karena luasnya wawasan kita
  • Mencari bahan-bahan dan inspirasi kuliah
  • Mencari ide untuk mendapatkan uang lewat internet
  • Memperkaya tali persaudaraan lewat chatting dengan sesama blogger
  • Mencari kawan-kawan lama di Friendster maupun Facebook
  • Mendownload film-film yang legal dari situs-situs video sharing seperti YouTube, atau dari komunitas film-film independen misalnya TheForce.net

Tidak produktif:

  • Mendownload film maupun anime illegal
  • Mendownload dan mempertukarkan musik secara illegal
  • Mendownload program-program maupun game bajakan lengkap dengan cracknya.
  • Membuka situs-situs dan konten-konten porno?
  • Main game online yang menghabiskan uang secara berlebihan
  • Lihat-lihat profil temen ataupun bermain-main di Friendster maupun Facebook selama berjam-jam.

Nah, sekarang giliran teman-teman: hal-hal produktif dan tidak produktif apakah yang akan teman-teman lakukan kalau punya akses internet tanpa batas di rumah masing-masing?

Iklan

6 pemikiran pada “Punya Akses Internet Tanpa Batas di Rumah, Apa yang Akan Kita Lakukan?

  1. waduh Dodot masuk promosi nih…

    thank’s Man, ngomong2 bagian yang tidak produktifnya gw setuju banget tuch, n kebetulan nggak suka ama FS, zaiyo…

    eh di bagian yang produktifnya mungkin dengerin radio CVC atau radio RSI atau yang ngalinnya secara streaming masuk kali yach… itu2 nyari inspirasi

    Suka

  2. hmm kebetulan saya punya akses tersebut.. dan ini yang saya lakukan.. produktif ga ya 😀

    – streaming naruto shippuuden! (bukan download yah)
    – baca manga scan naruto shippuuden (ha3.. kecanduan)
    – chatting sama temen2 yg berbeda regio
    – nyari bahan buat kajian pusgerak (poor me.. ^^;)
    – nyari gosip temen2 melalui friendster atau facebook

    PS. ga ada blogging nampaknya man.. gimana ya he3

    Suka

  3. #1 dodot
    kalo aku sih (dulunya) suka sama FS.. tapi ya cuma begitu-begitu aja, ga nyampe segitunya buka terus tiap hari.. kalo fesbuk sih emang ga punya.. sekarang ini jadi ga terlalu tertarik dengan situs social network nih..

    #2 kamal
    alhamdulillah sudah jadi masang mal.. mudah2an bisa mendukung aktivitas kita..

    #3 blacque
    maaf ya mas.. 🙂

    #6 Ibnu
    iya, ngeblog akan mempertahankan peradaban manusia pada level tinggi.

    #7 fio
    yah, fio, kok nge-blog nggak dimasukin? padahal tiap hari ilman selalu nungguin tulisan2nya fio nih.. *agak berlebihan 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s