Mau Ngapain di 2008: 8 Resolusi Diri di Tahun 2008

Assalamu’alaikum..

Dapet PR dari Praditya buat dikerjain, yaitu tentang hal-hal apa yang mau dikerjain di tahun 2008 besok (maaf baru bisa dikerjain sekarang dit.. Momennya lebih pas bukan? =D).. Ini juga ngelanjutin postingan sebelumnya, karena refleksi akhir tahun seharusnya bisa dilanjutkan dengan resolusi awal tahun bukan? Kalo refleksi tadi ditulis beberapa menit menjelang pergantian tahun, resolusi ini ditulis beberapa menit setelah pergantian tahun.. Mudah-mudahan sharing yang gw lakukan ini bermanfaat buat teman-teman semua..

Ini dia beberapa target yang akan gw lakukan di tahun 2008 ini:

  • Jadi asisten dosen (asdos) di Fasilkom. Ini cita-cita yang ga kesampaian tahun lalu.. Ada dua mata kuliah yang saya ‘incer’ buat jadi asdos, dan insya Allah mau coba nge-apply salah satunya aja, yaitu mata kuliah Disain dan Pemrograman Berorientasi Objek (DPBO), mata kuliah buat anak2 semester 2, dan satu lagi Aljabar Linier (Alin) buat anak2 semester 4.. Kebetulan dua-duanya Alhamdulillah dapet A.. Tapi gw lebih pede jadi asdos DPBO.. Bismillah, gw mau coba apply itu.. Mudah-mudahan diterima, mudah-mudahan gw bisa ngasih manfaat buat anak2 semester 2 besok.
  • Menambah hafalan Al-Qur’an. Semester ini, hafalan Qur’an gw mandek ga nambah-nambah.. Terakhir kali cuma nambah setengah surat.. Kesibukan aktivitas ditambah banyaknya maksiat (Astaghfirullah.. ampuni hamba ya Allah) membuat hafalan Qur’an susah nambahnya.
  • Kerja Praktek (KP). Kerja Praktek adalah salah satu kuliah wajib di Fasilkom. Kerja praktek ini mirip magang kerja, tapi mahasiswa yang kerja praktek harus bikin laporan kerja praktek dan mempresentasikan apa saja yang sudah dipraktek kerjakan.. Rencana gw, gw mau kerja praktek di perusahaan yang bergerak di bidang web dan internet, supaya gw bisa menambah pengalaman dan ilmu yang bisa diterapkan langsung di perusahaan gw, Univind.
  • Ikut kompetisi Mahasiswa Berprestasi (Mapres). Gw pengen banget supaya di Fasilkom, anak-anaknya nggak cuma mikirin kuliahnya doang, mikirin seneng-seneng doang, tapi bisa juga mencoba menjadikan dirinya bermanfaat bagi orang lain.. Buat itu, salah satunya adalah gw mencoba ikut kompetisi mapres Fasilkom.. Ga peduli menang atau kalah, gw hanya mau membunuh rasa takut berprestasi yang ada di diri gw ini..
  • Mengembangkan Univind. Di tahun 2008 ini, perusahaan disain dan pengembangan web yang bareng2 didiriin gw dan temen2 gw di Fasilkom, namanya Univind, akan berumur 3 tahun. Pada tahun ketiga ini, Univind harus berekspansi lebih luas lagi, agar setelah kita lulus, Univind dapat menghidupi seluruh direksi dan karyawannya. Lebih jauh lagi, agar Univind bisa berkontribusi dalam dunia IT Indonesia.
  • Mengembangkan anakUI.com. Seperti pernah gw tuliskan sebelumnya, anakUI.com adalah produk dari Univind, yang operasionalnya gw yang pegang. Tahun ini, anakUI.com harus lebih banyak diketahui anak-anak UI, dengan target 1000 orang anak UI sudah menjadi anggota anakUI.com. Ini berarti banyak yang harus dipersiapin nih..
  • Revitalisasi blog gw (lagi). Bulan Juli 2008 besok, ilmanakbar.com ini akan berumur genap satu tahun. Gw juga genap 2,5 tahun (walah, itu mah ganjil ya?) menjadi blogger. Gw harus melakukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas blog gw.. Tentu saja gw nggak mau kalah dengan temen-temen gw seperti Kamal, Sidicx, dan Praditya yang sudah mulai ngebut meningkatkan kualitas blog mereka.
  • Meningkatkan kualitas dan pemahaman gw tentang dunia web dan internet. Insya Allah dalam waktu dekat ini gw akan pindah rumah (cerita tentang ini insya Allah menyusul). Bokap gw bilang, insya Allah di rumah baru itu, kita akan pasang internet broadband. Dengan adanya jaringan internet yang selalu on di rumah, tentu saja banyak kesempatan buat belajar tentang bidang minat gw, yaitu web dan internet. Mudah-mudahan ada sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain yang bisa gw hasilkan dari internet gw nanti di rumah..

Ya, itu dia 8 resolusi atau rencana yang akan gw lakukan sepanjang tahun 2008. Beberapa di antaranya akan dilakukan di awal tahun (seperti jadi asdos dan ikut mapres), sebagian lagi di tengah tahun (seperti revitalisasi blog), akhir tahun (seperti kerja praktek), dan sisanya akan gw coba lakukan sepanjang tahun. Mudah-mudahan semuanya bisa terlaksana, dan mudah-mudahan lagi, gw bisa melakukan lebih dari 8 hal itu.. Jika di postingan sebelumnya gw bisa menuliskan 17 hal yang telah gw dapat di 2007, mudah-mudahan di akhir tahun 2008 besok gw bisa menuliskan 30 hal yang telah gw dapat di 2008. Amiin..

Oke, selamat tahun baru teman-teman semuanya.. Sungguh, gw nggak suka kalo momen tahun baru cuma dimanfaatkan menjadi momen senang-senang atau kumpul-kumpul aja tanpa ada perbaikan diri.. Menjadi orang yang lebih baik setiap tahun bukan hal yang merugikan bukan?

Iklan

12 pemikiran pada “Mau Ngapain di 2008: 8 Resolusi Diri di Tahun 2008

  1. dahsyat 😎 :mrgreen: ,

    Jadi asisten dosen (asdos) : smoga …amiinnn eh mungkin lo ngak bakal jadi asdos tapi mungkin bisa jadi dosen, tentu setelah lo lulus…* emang s1 bisa yah jadi dosen 🙂

    Menambah hafalan Al-Qur?an : satu tambahan nih man..bukan cuman apalannya tapi tindakannya semakin banyak yg sesuai dengan Al Quran…

    # Mengembangkan Univind.& anak ui.com nah yg ini coba tuk di seo kan ?…si praditya bisa eh maksudnya lancar tuh….setidaknya ada meta tag nya 🙂

    Suka

  2. @1. Praditya
    iya, ngumpulin di momen yang tepat lebih oke kan? hehe.. muda2an bisa terealisasi dan bermanfaat bagi orang lain..

    @2. fio
    jangan dipaksa fio.. yang namanya resolusi kan harus sesuai dengan diri sendiri.. kalo maksa2, nanti malah nggak tercapai..

    @3. Arham
    terimakasih ham..

    ehm, kayanya yang SEO buat anakUI.com itu boleh juga tuh ham.. kapan2 kita ngobrol tentang ini yuk..

    Suka

  3. emang nt udah 100 SKS man mo ngambil KP??

    moga kita bisa teru berfastabiqul khairat jadi pribadi yang terus menerus menjadi lebih baik dari hari kehari

    Suka

  4. @andi bagus
    sama-sama.. amiin.

    @Leni
    sip, yuk sama2 kita saling mengingatkan dan saling menyemangati..

    @kamal
    insya Allah semester ini udah 100, jadi bisa mulai kape semester besok.. tapi kalo ga semester besok, bisa juga kok pas lagi liburan panjang, atau semester 7nya aja sekalian..

    Suka

  5. Hmmm,,,semoga tercapai man…

    ane udah bikin di coret-coretan, tapi blom sempet di tulis ke blog…insya Allah minggu ini kalo sempet…

    banyak diantara resolusi kita yang samain Man, kayak jadi Asdos dan ikut mapres…hehe.. 😀 😀

    Suka

  6. @toni
    terimakasih banyak bung toni 😀

    @Sidicx
    amiin.. ane tunggu resolusi ente dik, biar sama2 bisa saling dukung..

    @dodot
    amiin.. menulis resolusi ini baru 1/10 keberhasilan.. 9/10nya lagi harus lewat tindakan nyata..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s