Refleksi Diri 2007: Apa Saja yang Sudah Gw Dapat?

Assalamu?alaikuum..

Kenapa sih, malam tahun baru selalu dirayain dengan kegiatan hura-hura yang, in my opinion, nggak ngebawa banyak manfaat bagi diri sendiri dan orang lain? Kenapa malam tahun baru selalu dirayain dengan konvoi di jalan raya, atau niup terompet, atau menyalakan kembang api dan petasan, atau kumpul lalu begadang sampai pagi?

Kenapa juga, kelihatannya seperti nggak ada niat untuk mengingat-ingat apa saja yang sudah kita lakukan, apa pencapaian yang kita dapat, dan apa kesalahan yang telah kita lakukan sepanjang tahun yang sudah lewat ini, supaya di tahun berikutnya kita bisa meningkatkan pencapaian kita, menjaga diri agar tidak melakukan kesalahan yang sama, membuat target-target prestasi, dan meningkatkan kemampuan diri kita?

Kenapa budaya sebagian besar masyarakat kita seperti itu? Kenapa seperti tidak ada yang sanggup menjadi trendsetter pengubah kebudayaan tidak bermanfaat itu?

Apapun itu, malam ini gw tidak merayakan tahun baru dengan perayaan yang seperti disebut sebelumnya. Gw malam ini merayakan tahun baru dengan menulis blog dan membagi kepada teman-teman apa saja yang sudah gw lakukan dan apa saja yang sudah gw dapat di tahun 2007.. Penulisan ini alhamdulillah terbantu banget dengan adanya agenda kegiatan yang gw tuliskan di kalendar di komputer, juga di kalendar HP gw. Sekedar info aja, dari dulu hingga akhir Oktober 2007 gw selalu menuliskan agenda kegiatan gw di komputer, menggunakan program Rainlendar. Akan tetapi, sejak gw diwarisin HP Nokia 6230i sejak sekitar bulan September hingga sekarang, gw akhirnya selalu mencatat agenda gw di HP.. Pencatatan agenda di komputer sudah resmi gw tiadakan sejak itu..

Kalo ga ada pencatatan agenda-agenda itu, mungkin gw cuma inget 50% dari ini.. Mudah-mudahan apa yang gw tulis ini bermanfaat.. Amiin.. Mohon maaf apabila postingan yang akan teman-teman baca ini terlalu panjang.. Oh iya, daftar ini gw tulis secara random aja sesuai ingetan gw, ga berdasarkan urutan waktu..

  • Univind ulang tahun yang ke 2, ditandai dengan berubahnya nama dari ApaDonk menjadi Univind, ditambah dengan adanya perubahan struktur dan perencanaan masa depan. Alhamdulillah perubahan tersebut terbukti positif, dengan adanya dua buah proyek sepanjang tahun 2007 ini.
  • Alhamdulillah punya banyak kenalan di tingkat UI karena aktivitas gw yang cukup banyak (ikut-ikut seminar, kepanitiaan, atau acara) di tingkat universitas.
  • Tahun 2007 ini gw ngerasa dekeet banget sama angkatan 2005 gw tercinta karena kita udah sama-sama kerja bareng buat mempersiapkan PMB 2007 ini, dari sejak maba 2007 belum mulai mendaftar SPMB, sampe bareng-bareng menyelesaikan MK dengan sukses.. Terimakasih banyak atas bantuan dan semangatnya satu tahun ini.. Mudah-mudahan bisa jadi penguat kekompakan kita sampai kita tua nanti.. Amiin..
  • Selain karena ada PMB, anak-anak 2005 kerasa kompak banget cos yang dateng di buka puasa angkatan tahun ini jauh lebih banyak dari tahun lalu.. Postingan ke situ udah gw tulis di sini.
  • Gw cukup banyak ngikutin seminar dan pelatihan, terutama tentang sosial politik, dan lebih banyak lagi tentang bisnis. Di agenda gw, gw mencatat ada sekitar 5 kegiatan yang gw ikutin. Kalo ada kegiatan seperti itu, jangan dilewatin lagi ya! Insya Allah bisa ngebuka pikiran kita..
  • Alhamdulillah mendapat free entry Pesta Blogger 2007. Dapet banyak banget ilmu dan kenalan blogger di sana. Postingan khususnya sudah gw buat di sini.
  • Gw tanding di kompetisi futsal tingkat universitas, yaitu SPARE, yang diadain oleh Senat Mahasiswa FKM. Ini kompetisi futsal kedua tingkat universitas yang gw diajak ikut (menjadi kiper, tentu saja) setelah Olimpiade UI 2006.
  • Lagi-lagi diajak menjadi BPH BEM Fasilkom. Setelah di kepengurusan sebelumnya (periode 2006/2007) gw diamanahin Yudi menjadi Kepala Bidang Kastrat, di periode 2007/2008 ini gw diamanahin Franova menjadi Koordinator Bidang 1 yang mengkoordinir bidang Kastrat, Profesi dan Keilmuan (P&K), dan Olahraga dan Kreasi Seni (Orkres).
  • Dapet 2 proyek kerjaan atas nama pribadi. Yang pertama adalah proyek dari anak Psikologi untuk menjadi disainer poster, spanduk, baliho, name tag, tiket, dan kaos acara Senat mereka yang namanya Piastro. Yang satu lagi proyek ngebikin website pernikahan kakaknya anak 2001 Fasilkom. Meskipun gw punya Univind yang bergerak di bidang disain web, tapi proyek ini gw garap atas nama pribadi, karena dananya nggak seberapa, selain Univind saat itu sedang ada proyek. Link ke proyek ini dapet dari Yudi Ariawan.
  • Kedua kalinya ikut kompetisi karya tulis ilmiah. Yang sekarang, gw diajak ikut bikin proposal PKM (Proyek Kreativitas Mahasiswa) bareng Chandra si ketua kelompok, Sidicx, Arief Furqon, dan Toni. Nambah pengalaman banget nih, bikin-bikin karya tulis ilmiah kaya gini.. Kalah nggak jadi soal, yang penting pengalamannya. Kalo menang nih, yang jadi soal, karena harus bekerja keras ngebikin produk seperti yang sudah dituliskan di proposal PKM itu..
  • Karena laptop gw rusak (layar LCDnya sering gelap dan berkedip-kedip), gw mendapat pengalaman berurusan dengan customer service dari Acer. Gw jadi punya pengalaman kalo kapan-kapan ada barang elektronik lain yang rusak, gw insya Allah punya bayangan gimana cara ngurusinnya.
  • Karena semester 5 ini gw mengikuti mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang e-learning, gw jadi punya pengalaman mengikuti video conference. Pasangan video conference dari UI adalah Univ. Negeri Riau. Gw jadi tahu gimana rasanya video conference. Insya Allah ini bakal berguna, kali-kali aja gitu, gw harus rapat dengan klien bisnis gw yang ada di ujung dunia, atau gw harus menjadi pembicara seminar yang pesertanya jauh di mata.. Hehe, ngayal..
  • Tahun ini, gw pertama kali menyodok mata kuliah. Mata kuliah yang seharusnya diambil semester 5 gw ambil semester 4 (paruh pertama tahun 2007). Alhasil, beban kuliah gw lebih berat (lebih dari 20 SKS) dibandingkan semester2 sebelumnya yang di bawah 20 SKS. Tapi alhamdulillahnya, dengan memaksa diri gw seperti ini, IPS gw naik dibandingkan semester2 selanjutnya yang selalu turun teratur sejak semester 1.
  • Melewati banyak sekali momen kerja tim (team work) di semester 5 ini. Bayangin, dari 6 mata kuliah yang gw ambil, 4 di antaranya ada tugas kelompok. Dan semuanya bukan sembarang tugas kelompok, karena bobot nilai akhirnya besar banget.
  • Terlepas dari segala kekurangan, kebodohan, kelalaian, maupun ketidakamanahan yang gw lakuin selama diberi amanah selama 1 semester menjadi PO Masa Bimbingan (Mabim) PMB Fasilkom 2007, gw sangat bersyukur bisa menjalani momen ini. Dengan adanya PMB, alhamdulillah gw dapat banyak banget pelajaran dari sekitar gw: dari Mia dan Alex partner gw di komite PMB satu semester ini, dari BPH2 PMB yang tak pernah mengeluh, dari seluruh panitia, dari para mahasiwa baru, dari bapak/ibu di dekanat Fasilkom, dari para elemen Fasilkom, juga dari para alumni.. Pelajaran-pelajaran itu, yang datang dalam berbagai bentuk manis dan pahitnya, gw rasain udah berhasil mengubah diri gw ke arah yang insya Allah lebih baik.. Terimakasih semuanya.. I?ll never forget this moment..
  • Gw memberanikan diri membuat sebuah blog lagi untuk menampung semangat-semangat gw dalam dunia blog, yaitu Ayo ngeBlog! Alhamdulillah gw bisa mengajak blogger lainnya yang punya semangat yang sama dengan gw untuk menjadi penulisnya juga. Dengan mengurusi blog lainnya, gw berharap bisa lebih belajar banyak lagi tentang blog, dan benar-benar merasakan dan membagi manfaat dari kegiatan blogging ini.
  • anakUI.com diluncurkan! anakUI.com ini adalah produk dari Univind, yang intinya adalah sebuah website komunitas dimana seluruh anak UI bisa berinteraksi dan berdiskusi. Sampai sekarang alhamdulillah tanggapannya dari anak-anak UI positif. Gw sendiri yang diamanahin Univind buat memimpin anakUI.com ngerasa sangat enjoy dengan ini, dan ada beberapa rencana buat memajukan anakUI.com..

Mudah-mudahan di tahun 2008 yang tinggal hitungan jam ini (mungkin saat teman-teman baca tulisan ini sudah masuk 2008 ya?) kita bisa mengoptimalkan segenap waktu dan potensi yang ada pada diri kita untuk bisa bermanfaat bagi orang lain, mengembangkan diri kita, dan menjadi pribadi yang selalu lebih baik.

Iklan

3 pemikiran pada “Refleksi Diri 2007: Apa Saja yang Sudah Gw Dapat?

  1. HAPPY NEW YEAR 2008, ILMAN!

    New Year, New Hope, New Life (uuummm I guess so!), New Spirit!

    Semoga 2008 membawa lebih banyak hal positif dibanding 2007, untuk membuat kita lebih baik dari sebelumnya.

    Suka

  2. @1. meitymutiara
    happy new year juga mbak meity!

    amiin, mudah2an di 2008 nanti resolusi2 dan harapan2 kita tercapai, lebih banyak manfaat yang dapat kita berikan bagi orang lain juga.. amiin..

    Suka

  3. just want to know….,
    who you are…..,
    ada salah satu temanku yang namanya juga ilman….,
    aku iseng2 cari identitasnya di google..,eh…, ada juga ilman yang lain…,
    tentang kuliah…., emg berat yach…,
    keep smile, yoa. man ! chao…, 😆

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s