Posting Terjadwal?

Assalamu’alaikum..

Baru baca postingan Pak Nukman di sini, lalu mengecek blog yang dimaksud – Strategi Manajemen – (di sini), yang intinya adalah (buat yang males ngeklik link yang gw taro tadi, hehe), Yodhia Antariksa, pemilik blog Strategi Manajemen itu, menjadwalkan update blognya itu adalah setiap hari Senin dan Kamis. Dia mengatakan:

Blog ini di-update tiap hari SENIN dan KAMIS.

Jadi, silakan luangkan waktu Anda untuk mengunjungi blog ini secara reguler. Investasi waktu yang Anda berikan untuk mengunjungi blog ini niscaya akan berbuah optimal <dipotong di sini>

Jadi kepikiran, apakah perlu ya, gw melakukan hal seperti itu? Kalo diliat, selama ini kan postingan gw di blog ini diluncurkan sesuka hati gw aja.. Makanya wajar, pernah sampe 2 minggu ga di-update, dan pernah juga di-update sehari sekali. Ga konsisten kan? Kalo gw pikir-pikir, kasian teman-teman juga sebagai pembaca. Tiap hari bolak-balik ke blog gw ini tapi seringnya ga nemu postingan baru.. Makanya, begitu baca postingan Pak Nukman, jadi kepikiran, perlu nggak ya, gw bikin update posting terjadwal seperti yang dilakukan mas Yodhia tadi? Coba kita list dan bandingkan satu-satu kelebihan dan kekurangannya antara gw melakukan posting terjadwal seperti yang mas Yodhia lakukan, dengan posting asal sesuka hati gw seperti yang biasa gw lakukan.

Yuk kita bandingin:

POSTING TERJADWAL

Kelebihan

  • Konsistensi dan persistensi dalam menulis lebih terjaga
  • Temen-temen semua para pembaca yang paling diuntungkan, karena pasti membaca tulisan baru dalam jangka waktu tertentu.

Kekurangan

  • Dikhawatirkan nanti setiap postingan feel-nya itu karena memenuhi jadwal aja, sehingga belum tentu sepenuh hati dan pikiran

POSTING SESUKA HATI SEPERTI BIASA

Kelebihan

  • Tulisannya benar-benar dari hati dan penuh cinta (cie..). Coba baja tulisan pak Nukman tentang itu di sini.

Kekurangan

  • Konsistensi kurang terjaga, jadi bisa aja dua minggu temen-temen semua ga nemu tulisan baru di blog ini.

Wah, ternyata cuma nemu segitu aja kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Gimana menurut temen-temen semua, baiknya seperti apa? Ada tambahan tentang kekurangan dan kelebihan masing-masing metode itu nggak? Dan kalo ternyata teman-teman lebih suka posting terjadwal, usulan temen-temen itu dijadwalkanm di-update setiap hari apa ya?

Atas jawaban dan perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Muhammad Ilman Akbar

Lho, kok jadi kaya bikin surat?

11 pemikiran pada “Posting Terjadwal?

  1. Dengan skedul yang teratur, para pembaca juga lebih tahu kapan dia mesti harus berkunjung ke suatu blog. Jadi ada semacam dorongan membuat “habit” bagi para readers….Misal, tiap Senin dan Kamis punya jadwal rutin untuk berkunjung ke blog Strategi + Manajemen 😛

    Soal feel, kan menulisnya tetap bisa sewaktu-waktu, tinggal pas publish di jadwalkan sesuai skedul (di-timestamp). Saya menulis post-post saya tiap hari Sabtu pas libur (dua post sekaligus), lalu di set untuk dipublish tiap Senin dan Kamis.

    Cuman, yeah, butuh ketekunan yang amat kuat untuk melakukannya dalam jangka panjang….apalagi kalau menulis post-nya perlu riset dan data yang berkualitas. Juga perlu self-disclipline yang yang kokoh.

    Anyway, semuanya tetap berpulang ke hati masing-masing….😛

    Suka

  2. @Blog Strategi + Manajemen
    Wah, mas Yodia, terimakasih udah komen di sini..

    Saya sependapat banget dengan mas Yodhia yang tentang self-discipline itu.. Dalam ngblog, saya sekarang belum punya self-discipline yang kuat. Yang baru ada di saya sekarang adalah self-mood yang amat kuat. Update tergantung mood aja..

    Mungkin karena blog ini adalah blog personal juga ya mas, sehingga bebannya berbeda daripada niche blog seperti yang mas kelola itu..

    @Praditya
    wah, dikau enak, punya banyak bandwidth dan banyak waktu.. :mrgreen:

    nah, kalo ane.. hehe.. harus berjuang di sela2 ngerjain tugas, kepanitiaan, dan kesibukan lainnya..

    apapun itu, yang penting mah kita masih jadi blogger.. betul?

    Suka

  3. kalo gw mah lebih milih posting sesuka hati soalnya..
    prioritas man.. prioritas.. hehe

    kadang kan kejadian2 dalam hidup setiap harinya itu unpredictable..

    jadih yah, karna gw menempatkan posting di blog bukanlah prioritas yang terutama maka.. gw lebih memilih posting sesuka hati.. bgituh hehe

    yang penting man, kegiatan yang sharusnya jadi prior utama tidak menjadi tganggu because of others

    peace ah..🙂

    Suka

  4. @ilm@n & @Strategi + Manajeman

    soal mana yg lebih baik ato banyakan mana keuntungannya..saya rasa semua seimbang bahkan sering sekali kekurangan justru menjadi kelebihan kita seperti yg pernah darren rowse posting-kan..

    oh ya saya setuju juga sih kalo dengan posting terjadwal kita bisa lebih memanfaatkan timestamp…

    trus..

    kalo kita ngakterjadwal sebenernya saya lebih suka salah satu alasannya adalah “” weblog saya tidak menjadi seperti web berita yg terjadwal ” bedanya kalo mereka terjadwal tiap hari harus posting…🙂

    dengan tidak terjadwal saya sering sekali bisa langsung ngasoh comment & langsung dapet balesannya karna dia waktu itu sedang online, jadi interaksinya lebih cepet…

    M@n, project web yg dah lo buat apa aja yah?…kalo boleh mo ngetes securitynya….ntr gw bwt reportny…
    😎

    man banner Univind gw pasang di http://road-entrepreneur.com yah

    Suka

  5. Man, kayak puasa sunat aja ya kalau Senin dan Kamis….
    atau sekalian aja puasa Daud (selang satu hari puasa –update–).
    Itulah man guna blog pribadi, waktu dan sikon semua tergantung pribadi – no meeting, no action, no anywhere – gak masalah semua keputusan tanggung sendiri.
    Itulah hidup pasti berubah – tidak mesti dengan hal yang besar, update blog juga sebagai salah satu contohnya. betul tidak?😛

    Suka

  6. aduh…gw sih masih belum bisa rutin nge-update blog. Kadang, ada momen bagus dan pengen ditulis di blog…..cuma karna sering bentrok ama tugas,dll, dengan terpaksa harus ditunda….dan akhirnya malah jadi ngerasa udah basi buat diposting di blog….So, terlewatlah sudah kesempatan emas itu….
    😥 😥

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s