Oleh-oleh dari Pesta Blogger 2007

Pesta Blogger 2007

Assalamu?alaikum..

Teman-teman semua, Alhamdulillah akhirnya Pesta Blogger 2007 selesai juga diselenggarakan. Nah, sebagai sedikit oleh-oleh bagi yang belum diberi kesempatan menghadiri acara itu, gw mau sedikit bercerita tentang apa aja yang diadain di sana. Ini bukan reportase lengkap, tapi ini cuma dari sudut pandang gw aja sebagai salah satu peserta di sana. Cerita lengkap susunan acaranya bisa dilihat di sini. Atau kalo mau live report-nya bisa dilihat di sini dan sini.

Total peserta ada hampir 500 orang. Subhanallah ya!

Cerita Acaranya

  • Dateng sekitar jam 10.45, karena agak nyasar (nggak tahu gedung Grand Indonesia itu yang mana). Setelah masuk Blitz Megaplex, langsung ke depan meja registrasi. Karena gw Alhamdulillah termasuk 100 orang pertama yang dapet free pass. Dapet goodies bag yang isinya barang-barang dari sponsor. Tapi Alhamdulillah isinya bagus-bagus kok.. Daftar lengkapnya bisa dilihat di sini.
  • Sambil menunggu acara dimulai, di sana ketemu Narpati dan ibunya Narpati yang jadi fasilitator breakout session dengan tema Women’s Issues. Ternyata ada lagi anak Fasilkom (tepatnya sudah alumni) yang jadi peserta Pesta Blogger 2007. Ada mas Ananta, mas Amir, keduanya angkatan 2001. Juga ada mas Riri Satria, Fasilkom UI angkatan 1988!
  • Lalu acara pun dimulai di auditorium (hm, lebih tepatnya ruang pemutaran film) yang gedenya wow, 500 orang muat! Suasana riuh rendah saat beberapa komunitas Blogger di Indonesia satu persatu dipanggil oleh MC. Selanjutnya, Mas Enda Nasution selaku Ketua Panitia Pesta Blogger 2007 memberikan kata sambutan. Mas Enda yang memberikan kata sambutan dengan membawa teks terlihat sangat kaku di depan. Bahkan banyak blogger menceploskan (dengan bercanda, tentunya) ledekan-ledekan terhadap Mas Enda, seperti “posting aja di blog!”. Lengkap pula dengan MC yang ikut meledek Mas Enda. Tampaknya beliau tegang banget di awal tadi.. Ini dia link lengkap teks sambutannya.
  • Lalu, Pak Menkominfo kita, M. Nuh, memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menantang para Blogger, yang beritanya bisa dilihat di detikinet ini. Dan yang paling penting, Pak Menkominfo mencanangkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.
  • Setelah itu, ada sesi talkshow, yang dimoderatori oleh bang Wimar Witoelar. Narasumbernya ada 4, yaitu Enda Nasution, Budi Putra, Andrianto Gani, dan Pak Menkominfo M. Nuh. Talkshow ini intinya mencari arti apa itu “Suara baru Indonesia”. Bang Wimar ahli banget ya, mimpin talkshow kaya gini, soalnya beliau interaktif banget terhadap audience, karena audience juga diberi kesempatan bicara. Ini beberapa blogger selain narasumber yang diberi kesempatan bicara (maaf kalo ada yang kelupaan, soalnya ga dicatet :mrgreen: ) oleh bang Wimar (tolong tambahin ya, soalnya saya yakin ada yang kurang): Nila Tanzil, Wazeen, Iyo peserta termuda (masih SMP lho), dan masih ada lagi..
  • Setelah talkshow, akhirnya masuklah acara yang ditunggu-tunggu! Apalagi kalo bukan makan siang! Apalagi setelah melihat makanannya, wow, prasmanan! Tapiii.. Ternyata saat giliran gw di depan panci2 (atau apalah namanya tempat menaruh makanan) dan siap mengambil makanannya, nasi dan lauknya sudah habis! Gw ‘cuma’ makan satu cangkir kecil sup buntut.. Enak sih, tapi tetep aja porsinya masih kurang.. Ini nih satu minor bugs dari Pesta Blogger 2007 ini tapi dengan cepat bisa dimaafkan kok..
  • Setelah makan, gw (dan Smel) pergi ke mushola.. Dan tahukah teman-teman, dibandingkan dengan luasnya Blitz Megaplex yang satu lantai penuh Grand Indonesia (berapa tuh luasnya? pokoknya luas deh) dan indahnya arsitektur ruangan-ruangan di Blitz, ternyata musholanya: hanya sekitar 4×4 meter. Dipotong tempat wudhu di dalemnya, ruang yang tersisa untuk sholat hanya sekitar 2×4 meter.. Pembuat Blitznya mungkin sadar, di antara ribuan pengunjung Blitz setiap harinya, yang Muslim dan sempet untuk inget buat sholat di sela-sela hura-hura nonton film mungkin hanya segelintir, jadi buat apa bikin mushola gede-gede.. Betul kan? Oke, kembali ke Pesta Blogger..
  • Acara berikutnya, yaitu breakout session, dimulai pukul 14. Selama waktu abis sholat ke jam 14, gw berkeliling-keliling aja, mencoba mencari kenalan blogger lainnya. Ternyata selama waktu itu, gw belum nemu blogger yang biasa gw baca tulisannya.. Mau kenalan sama blogger baru, belum siap mental (alias masih malu.. hehe)..
  • Jam 14 kurang gw pun pergi ke ruangan kecil tempat breakout session diadakan. Topik yang gw pilih tidak jauh-jauh dengan bisnis gw sekarang, yaitu tentang Internet Marketing and Sales. Fasilitator breakout session ini tidak lain tidak bukan adalah Pak Nukman Luthfie, sang legenda (maaf kalo berlebihan ya Pak 😉 ) internet marketing Indonesia. Yang didiskusiin bareng adalah tentang bahwa blog itu membuka jalan munculnya netpreneur-netpreneur baru, lalu seputar iklan blog, dan tentang online branding cycle (ato apa sih nama benernya?).. Pak Nukman sempet ngebecandain dan ngeledek gw tentang website yang dibikin mahasiswa paling cuma 5 jutaan.. Haha.. Dan satu hal yang menarik lagi, adalah gw bisa melihat langsung wajah-wajah orang-orang yang bisnis di internetnya sering diceritain Pak Nukman di blognya.. Dan alhamdulillah gw bisa berkenalan dengan beberapa di antara mereka: Mbak Ollie (salah satu pendiri kutukutubuku.com), dan Catur PW (spesialis personal branding).
  • Setelah itu kembali lagi ke auditorium utama, dimana acara berikutnya adalah presentasi singkat dari masing2 fasilitator breakout session tentang apa kesimpulan yang dibicarakan tadi.. Dipimpin lagi oleh Bang Wimar.. Acara di sini menurut gw sedikit membosankan, karena audience cuma mendengar aja, ditambah lagi auditorium menjadi lebih sepi (nggak se-full pagi tadi). Tapii, tiba-tiba auditorium menjadi lebih ramai, karena Maylaffayza, salah satu blogebritis Indonesia yang di Pesta Blogger ini jadi fasilitator breakout session Blog Selebriti, naik juga ke atas panggung. Nggak mau cerita ah, kenapa tiba-tiba jadi rame :mrgreen:
  • Lalu, tibalah saat yang cukup ditunggu-tunggu (bukan makan sore loh), yaitu pengumuman blog terbaik untuk setiap kategori yang divoting. Hasil lengkap dan beritanya ada di detikinet sini. Yang mantep, Lidya Wangsa, juara kategori pendatang baru terbaik, dia dapet handphone Nokia baru.. Selamat ya Lid, semoga makin mantep nge-blognya.
  • Setelah foto-foto, pada pukul 15.15, Pesta Blogger 2007 resmi ditutup. Mudah-mudahan Pesta Blogger 2008, dengan jumlah orang yang lebih banyak dan acara yang lebih seru lagi bisa terlaksana.. Amiin..
  • Dan gw masuk ke bagian yang paling seru, yaitu berkenalan dan berfoto-foto dengan banyak blogger.. Gw ceritain di bawah aja ya..

Kenalan sama siapa aja?

Alhamdulillah gw berhasil berkenalan dan foto-foto dengan banyak blogger. Beberapa blogger memang sering gw lihat tulisan-tulisannya, dan beberapa lagi memang benar-benar baru kenal saat itu.. Ternyata, rasanya mengenal orang yang sudah kita kenal sebelumnya lewat tulisannya di blog memang menakjubkan! Apa yang kita bayangin bisa jadi beda dengan kenyataan, dan yang kita bayangin lebih terasa mantep saat kenal orangnya secara pribadi..

Ini daftar beberapa blogger yang gw berhasil kenalan di sana.. Gw saling bertukar kartu nama, atau kalau dia tidak punya kartu nama, tetep gw kasih kartu nama gw dan gw catet alamat blognya. Daftar ini gw masukin juga ke sebuah kategori sendiri yaitu ‘Alumni’ Pesta Blogger 2007 di halaman link gw

Sedikit foto-fotonya

Meskipun bawa kamera, yang gw foto lewat kamera gw nggak terlalu banyak dan ga terlalu bagus.. Cuma seadanya aja nih.. Sisanya cari aja ya, di flickr.. Cari dengan tag pb2007

Foto bareng Narpati. Dia bukan seleblog, tapi temen satu kampus, makanya foto bareng..

Foto bareng Wimar Witoelar. Nah, yang ini baru seleblog, sekaligus pengamat politik yang oke

Pak Nukman dan Boy Avianto saat ngisi breakout session tentang internet marketing and sales

Juara-juara blog terbaik hasil vote peserta Pesta Blogger 2007. Juara kategori pendatang baru terbaik itu yang pake baju kuning di sebelahnya pak Wimar. I wish I could stand there..

Foto bareng Mas Rane. Beliau adalah podcaster alias penyiar, dan beliau satu ide dengan gw dalam mengajak orang ngeblog.

Tiba-tiba aja diajakin foto bareng sama teman-teman Blogfam. Ya ikut aja.. Difoto sih.. Hehe..

Name tag Pesta Blogger 2007.. Disainnya sederhana dan bagus..

Penutup

Terlepas dari beberapa kekurangan kecil dari acara ini, Pesta Blogger 2007 bisa gw simpulkan berhasil! Kenapa gw bilang berhasil, pertama, adalah karena lewat acara ini, Indonesia memiliki Hari Blogger Nasional. Artinya, blog sudah diakui oleh negara. Kedua, blog sudah diakui menjadi satu media tempat menyuarakan suara dari akar rumput. Artinya, suara baru Indonesia adalah suara-suara yang langsung disuarakan oleh rakyat, bukan oleh media-media konvensional seperti media cetak maupun tv/radio. Ketiga, para blogger menjadi semakin yakin bahwa menjadi blogger adalah sebuah ‘jalan kebenaran’ yang harus ditempuh setiap orang, terutama di Indonesia.. Keempat, perbincangan-perbincangan yang terjadi antar para blogger di sela-sela maupun di akhir acara Pesta Blogger adalah acara terbaik yang dipersembahkan oleh panitia Pesta Blogger 2007. Apabila bekerjasama di dunia maya saja sudah menghasilkan blog-blog yang bagus, bagaimana kalau kerjasama itu diinisiasi dari dunia nyata? Insya Allah akan lebih bagus lagi bukan?

Gw semakin yakin menjadi seorang blogger. Gw yakin, bahwa menjadi blogger itu adalah sebuah langkah mencerdaskan diri sendiri dan bangsa Indonesia. Mudah-mudahan Pesta Blogger 2008 benar dilaksanakan adanya, dan apabila sekarang pesertanya cuma 500an, tahun depan harus sampai 1000an.. Kalo jumlah blogger sekarang cuma 130ribuan, tahun depan angka itu harus meningkat menjadi satu jutaan.. Yakin bisa? Gw yakin bisa..

Sampai jumpa di Pesta Blogger 2008 nanti teman-teman!

Wassalamu?alaikum..

Iklan

25 pemikiran pada “Oleh-oleh dari Pesta Blogger 2007

  1. Sip…!!!

    Nih baru namanya acara “akar rumput” Bnr gtu ya….!!!!

    Mbaca nih postingan, rasanya ikut hadir di PB 2007, dan gak bisa dibilang gagal, dan itu adalah sebuah hari monumental bangsa kita.

    Selamat atas hari jadi Hari Bloger nasional “27 Okt”

    Semoga di thun2008 benar2 kita Ktmu….

    Bravo Bloger Indonesia :mrgreen:

    Suka

  2. iLm@n said:
    Pembuat Blitznya mungkin sadar, di antara ribuan pengunjung Blitz setiap harinya, yang Muslim dan sempet untuk inget buat sholat di sela-sela hura-hura nonton film mungkin hanya segelintir, jadi buat apa bikin mushola gede-gede.. Betul kan?

    Bukan di situ aja, Man… Di tempat belanja komputer yang sering jadi referensi juga begitu. Gak tau deh, besok makanya kalo buat rumah, bikin musholla yang gede (dan selipin kamar di sebelahnya), Amin…

    *Semoga ke depan blog-ku kuisi…* :mrgreen:

    Suka

  3. kereeen man.. reportingnya…eh nyesel gw ngak foto sama bareng sama blogger2 😕

    Batre gw yang skarat gtu, dari HP sampe CamDigi gw…. ah cuubanget deh… eh bagi alamat link dong, semuanya lho bkn sebagian..eh ya .. masih online kah….? bales yo…

    anyway gw dah posting nih, tapi minta dikoreksi dong english gw mlm ini kayaknya ancur banget deh… gw teler gtu… :mrgreen:
    http://road-entrepreneur.com?p=36

    tapi tetep pegen ngepost…eh ya.. kapan2 sumbang click-nya yah.. jagn banyak2 ntar dicurigain Google 😎

    Suka

  4. Ilman,
    Laporannnya bagus banget. Ehh sorry foto-foto belum sempat up load. sepulang dari Blitzmegaplex terus menjemput tamu dari Yogya, ngobrol sampai malem, paginya terus ke kondangan…antar ke bandara…sampai rumah teler.

    Hari inipun masih ada meeting, mudah2an ntar malem sempat nulis2 dan up load ya…maklum kerjaan juga menunggu….

    Suka

  5. wah, terimakasih ya udah pada ngomentarin.. alhamdulillah seneng banget bisa punya teman seperti temen-temen semua..

    dijawab satu-satu ya..
    @Agus
    masih kurang ngakar rumput gus, soalnya kurang banyak lagi.. mudah2an pesta blogger 2008 besok pesertanya bisa lebih banyak lagi.. hidup blogger Indonesia!

    @Fisto
    mudah2an PB2008 beneran dilaksanain.. tukeran link yuk mas..

    @kunderemp
    thank you for the reminder.. i have edited the text..

    @nico
    jangan lupa buru-buru daftar ya tahun depan.. 🙂

    @Ollie
    makasih mbak Ollie.. mudah2an kutukutubukunya juga makin sukses.. Tunggu orderan saya ya.. :mrgreen:

    @Arif Ade
    Kalo aku punya mall, nanti tempat sholatnya itu bakalan ada di hall di tengah-tengah mall yang bisa dilihat dari lantai atas mall.. ntar kalo udah waktu sholat, semua pengunjung dan penjaga toko sholat bareng di sana.. hehe, ngayal..

    Ditunggu ya rif, postingan terbarunya..

    @Arham
    udah gw komenin tuh ham.. insya Allah kapan2 nyumbang ngeklik deh.. :mrgreen:

    @rifie
    Thanks, rifie.. nice to meet you too..

    @cempluk
    kalo PB2008 jadi diadain, kita ketemu di sana ya.. salam kenal ya ndi, tukeran link yuk..

    @rendy
    kuponnya berlaku sampe kapan nih ren? soalnya dalam waktu dekat ini belom ada rencana buat sewa domain hosting lagi nih.. 😀

    @Lidya
    terimakasih lid.. Amiin, sampai ketemu di lain kesempatan ya lid.. nanti kita foto bareng di sana deh..

    @icha
    iya, di sana kita nggak sempet saling bertemu.. gebrakan pesta blogger tahun depan ya? mungkin pemecahan rekor muri 1juta blogger? apapun itu, yang penting ada manfaatnya buat Indonesia.. salam kenal ya mbak, tukeran link yuk..

    @Praditya
    iya dit, silakan dinikmati..

    @edratna
    terimakasih tante.. tapi nggak usah repot2 ya tante, nanti aja kalo udah lebih lowong waktunya..

    @Amir Karimuddin
    makasih mas.. sudah ku-update tulisannya..

    @catur pw
    mas catur kebalikannya, terlihat lebih gemuk dari foto di aboutnya..

    Suka

  6. @Rizki Krisnaldi
    Terimakasih mas.. Alhamdulillah kita bisa kenalan di sana..

    @Riri Satria
    Maaf mas Riri, salah tulis.. maksudnya itu, tapi salah tulis.. 🙂 kuganti ya, dengan Fasilkom UI angkatan 1988

    @Adityo Ananta
    Mas Ananta.. maaf banget.. kemarin agak ragu nama panggilannya antara anta atau nanta.. 🙂 sekarang kupanggil mas ananta aja deh..

    Suka

  7. Illman, sesuai janji kemarin waktu di pesta blogger, aku inform ttg event”A Brand You World – 2007 Global Telesummit”.

    Free dan sangat bagus untuk develop personal branding kita 😉

    Suka

  8. Assalamualaikum…brother!!…ini kunjungan dari Alumni pesta bloggers..sampe ada kriteria temannya segala ya Man..gmna khabarnya Depok….oiya, jadi lewat jalur yg ane tunjukkin?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s