Blogwalking atau Program RSS Reader?

Assalamu’alaikum..

Ceritanya..

Baru aja download dan nginstall sebuah program RSS reader, namanya RSSOwl, lalu meng-aggregate beberapa blog anak-anak Fasilkom 2005 yang mengaktifkan fitur RSSnya..Sedikit info, RSS (singkatannya Rich Site Summary atau Really Simple Syndication) adalah sebuah teknologi dalam dunia web, yang intinya adalah mentransfer isi sebuah website (dalam hal ini adalah blog) ke dalam sebuah format tertentu, dan isi website tersebut bisa dibaca di tempat lain dengan menggunakan sebuah program bernama RSS reader/feeder.

Contoh penggunaan lainnya adalah buat aggregator blog (misalnya yang terkenal itu planet terasi, atau home CSUI05). Di aggregator blog tersebut, postingan para blogger yang tergabung di dalamnya akan ditampilkan di halaman aggregator blog tersebut secara otomatis setelah para blogger tersebut menulis postingannya di blognya masing-masing.. Intinya, dengan menggunakan RSS itu kita dapat mengetahui isi sebuah situs tanpa masuk di blognya.. Kalo pake program RSS reader, setiap kali blog yang RSSnya udah dimasukin ke dalam program RSS itu diupdate, program ini akan mengupdate dan mendownload isi blog tersebut ke komputer kita, sehingga blognya bisa dibaca secara offline di komputer kita.

Tampaknya menyenangkan bukan?

Begitulah, sampai akhirnya gw menyadari bahwa kita bisa saja kehilangan sebuah kegiatan menarik di dunia blog yang disebut blogwalking saat menggunakan program RSS reader. Blogwalking itu sendiri artinya berjalan-jalan mengunjungi blog orang lain, ngeliat-liat template blognya, membaca tulisan-tulisannya, meninggalkan jejak kalo kita pernah blogwalking ke blognya dengan cara mengomentari tulisannya atau mengisi shoutbox, atau mengajak untuk bertukar link..

Intinya, blogwalking itu silaturahimnya dunia blog, karena dengan blogwalking, kita bisa nambah temen blogger, nambah referensi baru, nambah ilmu baru, atau bahkan nambah rezeki baru.. Bahkan nggak jarang kita nambah temen bukan dengan blogger yang kita blogwalking-in, melainkan dengan blogwalker lainnya yang kebetulan mampir.. Intinya, ada nuansa kekerabatan yang erat saat kita melakukan ritual blogwalking..

Bagimana dengan menggunakan program RSS reader?

Seperti yang tadi udah gw bilang di awal, dengan menggunakan program RSS reader, tulisan di blog orang bisa kita baca tanpa kita harus ngebuka websitenya.. Keuntungannya jelas, menghemat waktu kita banget2, karena tidak perlu repot2 membuka berbagai alamat blog.. Nah, kerugiannya ini, membuat ritual blogwalking tidak berjalan dengan baik, karena kita cuma baca tulisannya doang, nggak ikutan timbal balik..

Nah, gw baru ngeh, ngapain ya? gw nginstall program RSS reader semacam RSSOwl gini, padahal gw ga sibuk-sibuk amat, dan gw belum terlalu gaul di dunia blog.. Lebih baik tingkatkan pergaulan dengan rajin blogwalking..

Tapii..

Gw tetep perlu pake program RSS reader, karena banyak banget blog di luar sana yang bagus-bagus (dari segi tema maupun tulisan) dan sering banget di-update! tapi karena gw jarang ngebuka, gw jadi jarang baca tulisan-tulisan itu.. Makanya RSSOwl ini kepake banget, soalnya kalo gw nemu ada blog yang tulisan-tulisannya bagus, tapi gw ga sempet buat ngajakin tukeran link, ya langsung aja gw klik tombol RSS yang ada di samping address bar di browser gw.. Kemudian secara otomatis, langsung masuk di RSSOwl deh.. Dan ke depannya setiap kali gw online, RSSOwl bakal ngupdate tulisan2 di blog itu secara otomatis..

Jadi, buat blog2 teman-teman terdeket gw (baik itu temen-temen online maupun offline) seperti yang udah gw daftarkan di menu link di blog ini, insya Allah akan di-blogwalking-in, bukan di-aggregate di RSSOwl.. Sedangkan blog yang gw baca lewat RSSOwl itu adalah blog-blog yang bertema khusus, atau yang tulisannya bagus, atau yang sering banget di-update..

Gitu.. Jadi tidak usah bingung buat milih mau blogwalking atau pake program RSS reader ya…

Assalamu’alaikum..

Iklan

3 pemikiran pada “Blogwalking atau Program RSS Reader?

  1. Kalau saya sih pakai rss reader karena untuk menghemat waktu dan bandwidth (walaupun saya ga termasuk fakir bandwidth) tetapi biasanya jika di rss reader tersebut saya menemukan posting menarik saya biasanya langsung menuju ke TKP untuk sekedar memberi komentar dan sekalian blogwalking.
    RSS reader buat saya menjadi semacam rangkuman dari sekian banyak blog dan berita yang tersebar di dunia maya 😀

    Suka

  2. Saya juga menggunakan kombinasi keduanya..walaupun porsi yang terbesar masih blogwalking…dengan blogwalking bisa meninggalkan “fingerprint” seperti di blog ini, siapa tau nantinya sudi untuk kunjungan balik (ngarep..hehe)

    salam kenal mas, wah jarang saya nemu blogger anak UI (satu almamater nih..hehe)

    Suka

  3. @Yuda
    wah, saya suka istilahnya mas: ‘RSS reader adalah rangkuman dari sekian banyak blog dan berita”

    tapi kadang-kadang pas browsing dan nemu blog bagus malah suka lupa neken tombol ‘feed’nya.. hehe..

    @Goslink
    salam kenal juga.. alumni UI ya mas?

    Insya Allah semua yang komen di sini saya kunjungin balik kok..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s