Menjadi Blogger Sebelum Profesi Apapun, Mau?

Assalamu’alaikum..

Tampaknya saya semakin gemar blogging nih. Walaupun beberapa minggu lalu sempat sedikit down dalam blogging, saat ini saya berada dalam kondisi cukup fit untuk melakukan pekerjaan blogging saya ini.

Oh iya, omong-omong nih, sebetulnya berapa banyak sih, blog localhost/ilman05 ini dibuka orang setiap harinya? Dan siapa saja yang rutin membuka blog iLm@N ini? Mungkin teman-teman pembaca setia blog iLm@N ini pernah bertanya-tanya demikian. Tulisan ini mencoba menjelaskan kondisi localhost/ilman05, blog kesayangan teman-teman semua (halah!).

  • Berdasarkan data di Google Analytics, dalam satu hari rata-rata orang membuka localhost/ilman05 sebanyak 80 kali. Banyak? Tentu tidak, karena blog-blog terkenal dibuka lebih dari 1000 kali dalam satu hari. Jangan bandingkan dengan detik.com yang dibuka jutaan orang dalam satu hari.
  • Berdasarkan observasi dan Google Analytics juga, pengunjung setia yang rajin bertandang ke blog iLm@N ini rata-rata berasal dari teman-teman angkatan saya (Fasilkom 2005), juga beberapa mahasiswa Fasilkom angkatan lainnya. Ada lagi beberapa teman-teman saya di Blogger Family. Ada juga beberapa entrepreneur, dan orang-orang lain yang kenal dari dunia maya ini. Saya perlu lebih memperluas pasar blog iLm@N ini nih..

Kenapa yang membuka blog iLm@N masih sesedikit itu? Padahal saya sendiri punya target menjadi blogger yang serius di dunia blog ini. Ini beberapa alasannya.

  • Tidak ada topik niche (khusus) yang ditulis di blog iLm@N ini, sehingga hampir tidak ada pembaca setia yang membuka blog iLm@N ini untuk melihat tulisan tentang topik khusus yang biasa saya tulis. Memang sih, blog iLm@N ini lebih ditujukan sebagai blog personal, sehingga isinya boleh apapun.
  • Sebetulnya, meskipun tidak menulis topik yang niche, blog seseorang bisa ramai dibuka, apabila bloggernya adalah orang terkenal. Contohnya misalnya Mas Romi maupun Pak Wimar. Sayang, saya bukan orang terkenal, jadinya tidak banyak yang membuka, hehe..

Apapun itu, ke depannya saya akan tetap menjadi seorang blogger. Saya percaya menjadi blogger akan membawa banyak manfaat bagi diri kita, terutama untuk perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Jadi gini, pengguna internet di Indonesia kan belum seberapa banyak. Nah, dari yang belum seberapa banyak itu, yang menjadi blogger lebih sedikit lagi. Nah, ke depannya, insya Allah jumlah pengguna internet di Indonesia akan meningkat, begitu pula dengan jumlah blogger di Indonesia. Oleh karena itu, menjadi blogger akan turut membantu perkembangan trend internet di Indonesia bukan?

Saya punya quote baru, kami adalah seorang blogger sebelum profesi apapun kami. Jadi, setiap kita harus menjadi seorang blogger sebelum menjadi ilmuwan, dokter, karyawan, maupun direktur. Jadi, menjadi blogger sebelum profesi apapun, apakah kamu mau?

7 pemikiran pada “Menjadi Blogger Sebelum Profesi Apapun, Mau?

  1. man, pernah dengar soal plugin Stats buat WordPress nggak? sebenarnya ini feature dari WordPress.com, tapi belakangan bisa juga dipakai di self-hosted WordPress. cukup komprehensif, day-to-day view.termasuk, top-posts per harinya.

    untuk stats sih sebenarnya bisa juga pakai Webalizer yang ada di CPanel,tapi nggak sekomprehensif yang ada di Stats-nya WordPress, sih.

    ::

    ngomong-ngomong soal blogging, sebenarnya ada juga sih ‘idealisme blogger’: mau menulis demi traffic, atau menulis demi mengekspresikan diri dan pemikiran?

    anyway, ada sebuah quote yang inspiratif soal tulis-menulis:

    Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

    -Pramoedya Ananta Toer-

    silakan diinterpretasikan😉

    Suka

  2. @yud1
    yang plugin wordpress stats sudah terjawab lewat percakap langsung =P

    wah, idealisme blogging ya? hmm, kalo gw, ingin men-share knowledge yang gw miliki, supaya sedikit ilmu yang gw miliki sekarang bisa tetap eksis dan bermanfaat bagi masyarakat, meskipun gw sudah meninggal nanti..

    gw setuju dengan quotenya pramoedya ananta toer

    Suka

  3. Assalamu?alaikum..

    umm.. kurang mau. ah,ato kalaupu profesi itu karna terpaksa banget gw ngak maw jadi dokter, ngak maw jadi ilmuwan, dosen, apalagi karyawan…hehe my Entrepreneur it’s really fire up now…:mrgreen:

    gw maw jadi Professional blogging…seperti yaro starak..lo taw yaro starak Man….?

    eh kalo tertarik sama di email gw yah…ntar ngak kasi ebook nya…keren.. lho..usefull tips…

    http://entrepreneurid.wordpress.com

    LordXcalibur@gmail.com >> wa iya lupa kan dah ad di DB yah.. ngpp deh…

    Suka

  4. aslm.

    “kami adalah seorang blogger sebelum profesi apapun kami”

    maaf kak, saya belum bisa memahami arti dan makna tulisan ini. Tolong jelaskan apa saja sich, keuntungan jadi blogger. Thanx be4….

    Suka

  5. Assalamu’alaikum.. Teman-teman, maaf baru merespons sekarang, dari kemarin saya hanya bisa membuka blog, tapi tidak sempat membalas..

    #arham
    wa’alaikum salam..
    Yaro Starak? Barusan baru googling dan buka blognya, tapi blom baca2 isinya..

    Blog lo gw link ya ham..

    #agung
    wa’alaikum salam..
    maksudnya gung, secara otomatis kita adalah seorang blogger, sebelum kita memilih suatu profesi.. contohnya gini: dokter yang blogger, arsitek yang blogger, karyawan yang blogger, pengusaha yang blogger..

    gitu maksudnya gung..

    Suka

  6. Menjadi seorang blogger adalah suatu anugerah yang tidak dimiliki oleh semua orang. Oleh karena itu bagi yang merasa fokus di dunia blogging bisa bersyukur karena blogging ini bisa dijalankan tanpa menganggu pekerjaan sehari-hari kita. Salam sukses…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s