Tips Merawat Laptop

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Harga laptop yang semakin lama semakin turun menyebabkan laptop sudah bukan menjadi barang mewah lagi, tentu bagi sebagian orang. Di kalangan mahasiswa sendiri, yang penulis berada di dalamnya, makin banyak orang yang memiliki laptop. Tidak hanya bagi mahasiswa komputer yang memang membutuhkan interaksi yang sering dengan komputer, tetapi juga mahasiswa-mahasiswa fakultas lain, seperti fakultas sosial, ilmu pengetahuan alam, maupun teknik. Salah satu penyebabnya mungkin karena fasilitas internet nirkabel (Wi-Fi) yang semakin menjamur di berbagai tempat di kampus.

Tentu sebuah kemajuan besar bagi Indonesia dengan semakin banyak orang yang melek teknologi informasi dan internet karena banyaknya yang memiliki laptop. Untuk menjaga kemajuan bangsa tersebut, laptop sebagai salah satu pendukung harus dirawat dengan baik. Lewat tulisan yang Insya Allah bersambung ini, penulis akan sedikit berbagi cerita dan pengalaman tentang bagaimana merawat laptop supaya panjang umur, tetap dalam kondisi baik, dan tetap bisa menjadi pendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Bagian pertama dari tulisan bersambung ini adalah tentang merawat laptop secara fisik

I. Merawat Fisik
1. Penting! Jangan menaruh beban berat di atas laptop. Jangan menginjak, menaruh buku yang berat, maupun hal-hal lain yang memberikan tekanan pada laptop. Berdasarkan pengalaman pribadi, tekanan pada bagian atas laptop akan menyebabkan goresan permanen pada layar LCD.
2. Badan laptop (bagian atas/penutup laptop dan bagian di sekeliling keyboard) yang terbuat dari plastik adalah bagian rentan goresan. Jika memungkinkan, gunakan plastik pelindung yang ditempelkan ke badan laptop untuk menutupi bagian-bagian tersebut. Biasanya, plastik tersebut tidak diberikan oleh produsen laptop, melainkan oleh toko. Ada beberapa toko laptop yang memberikan plastik penutup sebagai bonus. Jika tidak, coba tanyakan ke toko tempat membeli laptop, apakah bisa membeli plastik pelindung itu.
3. Sebisa mungkin, jangan bawa laptop di dalam tas yang penuh berisi barang-barang. Laptop bisa terkena tekanan (lihat nomor 1), juga memperbesar peluang tergoresnya badan laptop. Kalau bisa gunakan tas laptop yang terpisah dari tas barang-barang lainnya. Walaupun sedikit lebih merepotkan dan membuat peluang tas laptopnya tertinggal (pengalaman pribadi, baca: ), ini adalah tips perawatan laptop yang cukup penting.
4. Minimalkan peluang laptop tergencet-gencet walaupun ada di dalam tas, seperti berada dalam bis maupun kereta yang penuh. Bagi yang pulang pergi naik kendaraan yang penuh, sebaiknya laptopnya jangan dibawa, karena berisiko tergencet. Selain alasan tergencet, alasan kemanan juga penting.

Tunggu tulisan selanjutnya. Bagian II. Merawat Layar Laptop
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

8 pemikiran pada “Tips Merawat Laptop

  1. ass.wr.wb
    kalau sudah setahun lap top yang kita miliki isi dalamnya pasti sudah kotor nah bagaiman cara membersihkannya???
    atau ada yang semacam kain atau apa saja yang khusus untuk membersihkan lap top???
    tolong jawabannya

    Suka

  2. maaf temen-temen semua, artikel ini belum sempet saya lanjutin lagi.. padahal kerangkanya udah ada, tinggal ditulis aja.. maaf sekali lagi maaf..

    @efu
    wa’alaikum salam wr.wb..
    maksud efu itu, atasnya itu adalah lid penutup laptop kan, bukan LCDnya? berdasarkan pengalaman dan hasil baca-baca artikel, kalo mau ngebersihin bodi laptop, gunakanlah kain biasa yang lembut. jangan pake tisu, karena serpihan2 tisu yang kering bisa nyelip ke sela-sela keyboard..

    kalo ngelap LCD, paling gampang pake lap kacamata aja yang udah dilembabkan dengan air..

    terus, isi dalemnya itu maksud efu hardware di dalem laptopnya ya? kalo pengalaman saya sih, debu2 di dalem itu banyaknya nggak terlalu signifikan, sehingga nggak terlalu butuh dibersihin.. lagi pula, karena laptop itu dimasukin tas laptop, jadi lebih bersih dibanding komputer desktop (PC)..

    Suka

  3. mas saya mau tanya. beberapa hal:
    1. adakah batasan waktu maksimal laptop jika dihidupkan dalam sehari . karena kan beda dengan PC. jika PC hidup seminggu juga gak apa2 asalkan mempunyai powerSupply yang bagus ( listrik tetap stabil) nah bagaimana dengan laptop sendiri?
    2. saya sendiri menggunakan Laptop Toshiba satellite. jika saat berada dirumah saya menggunakan listrik langsung dari rumah hanya bantuan stavol yg menggunakan motor regulator agar listrik tetap stabil dan battrei laptop saya lepas. dan sebelum saya lepas battrei saya kosongkan dulu, artinya tinggal beberapa menit (antara 5-3 menit) baru saya lepas.karena saya melihat di buku manual handycam saya jika ingin tidak digunakan dalam jangka waktu yg lama battrei harus dikosongkan. nah yg ingin saya tanyakan trik seperti ini saya terapkan pada laptop. apakah dapat membantu umur laptop dan battrei bertahan lama?

    mohon infonya. dan salam kenal dari saya. sekian terima kasih……….

    by rony at jogja..

    Suka

  4. @rony_rasta
    maaf baru bisa bales setelah dua hari.. salam kenal juga ya.. mau coba jawab deh
    1. Saya tidak pernah baca artikel maupun berita tentang adanya batasan menghidupkan laptop dalam sehari. Akan tetapi, yang namanya barang elektronik apapun kan memiliki umur, dan umur panjang bisa didapat apabila barang elektronik itu digunakan dengan cara yang benar dan dalam batas yang aman, tidak berlebihan. Yang pasti, seriring seringnya dicharge, batere laptop lama kelamaan berkurang daya tahannya..

    2. Cara tersebut (melepas batere saat ada di rumah dan menggunakan listrik dari rumah) sudah bagus untuk memperpanjang umur batere, karena mengurangi frekuensi batere laptop dicharge.

    Tentang mengosongkan batere lalu dilepas jika tidak digunakan dalam jangka waktu lama: Menurut saya, definisi lama di sini adalah batere tersebut tidak dipakai sampai berbulan-bulan. Biasanya, di berbagai buku panduan penggunaan alat elektronik yang menggunakan batere, disbutkan bahwa jika batere tersebut tidak digunakan dalam waktu lama (bisa lebih dari 1 bulan), sebaiknya batere dicopot dari alat elektronik, untuk mengawetkan batere dan alat elektronik itu.

    Kalo kebiasaan saya (dulu) sih, setelah batere laptop sudah penuh 100%, baru saya lepas baterenya dan menggunakan listrik tembok. Soalnya, apabila suatu saat akan menggunakan laptop di tempat yang tidak memiliki listrik, saya masih punya batere yang full.. Kalau dikosongin dulu baru dilepas, saat nantinya mau make laptop di tempat yang tidak ada listrik, jadi sulit make laptop dong.. Ini menurut hemat saya..

    Spesifik tentang batere, coba baca tulisan dan komentar di http://www.ilmanakbar.com/?p=149

    Suka

  5. Assalamualaikum,,,
    saya mahasiswa di PTN terkemuka di Depok. Saya masih awam terhadap hal-hal yang berhubungan dengan IT. Baru-baru ini saya membeli sebuah notebook. Namun, kemarin saya mengalami trouble dengan notebook saya. Setelah saya menggunakan fasilitas hotspot di kampus saya, memorinya ( setelah dilihat di menu Windows Task Manager ) melebihi kapasitas.Hal tersebut menyebabkan loadingnya menjadi lama. Mohon saran dari saudara Ilman supaya notebook saya ada dalam kondisi yang normal.
    Salam kenal dari saya, terima kasih.

    Suka

  6. @Mardi
    Salam kenal juga mardi.. Maaf saya baru bisa membalas ini sekarang..

    Hmm, pertanyaannya masih kurang spesifik nih.. Banyak faktor yang bisa membuat hal itu terjadi.. Bisa jadi karena memang program yang jalan terlalu banyak, atau setelah memakai hotspot, ada virus/spyware masuk..

    Kalo mungkin, saya minta tolong mardi untuk mengirimkan screenshot Task Manager bagian Application, Processes, dan Performance ke email saya.. pyrokinesis88@yahoo.com, supaya bisa dianalisa program apa aja yang jalan saat laptop mardi menyala..

    Suka

  7. mas ni laptop saya kalo buat main game yang kapasitasnya gede. kok kadang-kadang blank.gtu mas, kira-kira apa ya masalahnya?
    apa vganya kurang gede.

    Suka

Tinggalkan Balasan

