dosen telat?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pernahkah berpikir kenapa beberapa dosen suka menyelesaikan kuliahnya di luar waktu (baca: selesai kuliahnya telat)? Hal ini terjadi pada beberapa dosen mata kuliah di Fasilkom semester ini. Ada yang selesai 5 menit setelah jadwal seharusnya, ada yang 10 menit, bahkan ada yang sampai 20 menit. Mahasiswa di kelas tentu semakin tidak fokus, semakin ngedumel, dll.. Kira-kira apa sebabnya ya?

Tentu saja, ini adalah sebuah masalah yang tidak sepele. Karena ada sesuatu yang dikorupsi: waktu. Kalo korupsi uang definisinya adalah mengurangi uang yang seharusnya diterima (mencuri uang), korupsi waktu rasanya bisa didefinisikan sebagai proses menambahkan waktu dari jadwal yang seharusnya (mencuri waktu).

Ada yang tahu apa sebabnya? Karena kita diharuskan introspeksi diri (mencari kesalahan dalam diri) dulu sebelum mencari kesalahan tersebut pada orang lain, maka seharusnya mahasiswa introspeksi diri terlebih dahulu. Menurut gw, salah satu hal dari mahasiswa yang menyebabkan dosen telat menyelesaikan kuliah adalah karena mahasiswanya juga telat masuk kuliah! Mahasiswanya sudah korupsi duluan. Ini memang hanya perkiraan saja, bukan riset psikologis. Tapi rasanya dosen boleh berpikir, “Kalo mahasiswanya telat dateng, boleh dong, selesainya kuliah telat juga..”.

Tapi ada juga penyebabnya lainnya: dosennya juga telat masuk kuliah. Hal ini lebih parah bukan? Dan ini memang benar terjadi adanya. Dan masih ada penyebab lainnya kenapa kuliah selesai terlambat: materi kuliah yang terlalu banyak. Masih ada juga penyebab lainnya: kurikulum pendidikan yang tidak disusun dengan optimal. Dan semua penyebabnya bisa ditimpakan kepada pihak yang memiliki hak untuk mendidik (baca: fakultas, dekanat, dan dosen-dosen), bukan kepada pihak yang menerima pendidikan itu (baca: mahasiswa).

Apakah ada mahasiswa yang sependapat dengan saya? Jangan-jangan, mahasiswa tidak merasa waktunya dikorupsi? Bagaimana pendapat Anda?

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s