Cobaan baru

Assalamu’alaikum wr.wb..

Teman-teman, saya mendapat satu cobaan dari Allah SWT.. Cobaan apakah itu? Apakah cobaan yang berupa musibah? Ternyata, yang namanya cobaan itu bukan cuma musibah aja.. Coba liat ini:

35. Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. (QS Al-Anbiya 21: 35)

Kebaikan-kebaikan, rizki, harta, ilmu, dan segala hal yang baik-baik yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita juga merupakan cobaan bagi kita. Cobaan apa? Cobaan bagi manusia agar manusia tidak memamer-mamerkan rizki yang ia dapat, saling bermegah-megahan atas harta, atau merendahkan orang lain yang belum mendapat rizki tersebut. Juga cobaan agar manusia bisa memanfaatkan rizki atau harta tersebut dengan sebaik-baiknya, agar orang lain bis merasakan manfaat dari rizki kita itu. Juga merupakan cobaan agar kita bersyukur atas hal-hal tersebut.

12. Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS Luqman 31: 12)

Dan (alhamdulillah atau astaghfirullah ya?) saya mendapatkan rizki dari Allah SWT berupa sebuah laptop baru, dan ini adalah sebuah ujian/cobaan yang besar banget. Ujian apakah saya bisa bersyukur dengan adanya laptop ini, ujian apakah saya bisa memanfaatkan laptop ini sebaik-baiknya untuk mendukung semua aktivitas saya, ujian apakah saya bisa menjadi seseorang yang ‘lebih’ dibandingkan iLm@N yang belum memiliki laptop kemarin, dan sebagainya..

Assalamu’alaikum wr.wb..

Kisah Bahagia Hari Ini

Assalamu’alaikum..
Alhamdulillah, lagi-lagi diberi karunia oleh Allah SWT berupa hari ‘baik’, yang di dalamnya banyak kebahagiaan..

Mau sharing sedikit ah..

Tadi malem (abis maghrib tidur sampe jam 8, abis itu ngerjain sampe jam 1, abis itu tidur lagi sampe sahur), gw mulai ngerjain tugas 2 SDA (Baca postingan sebelumnya untuk mengetahui apa itu SDA.. Eh, emang gw nulis kepanjangan SDA ya?).. Meskipun baru dibilang 30%, tapi alhamdulillah gw seneng banget.. Karena dengan ngerjain lebih awal (deadline seminggu lagi, tgl 20 Oktober), gw bisa dapet nilai lebih bagus, karena banyak waktu buat ngerjain.. Dan tentu saja, gw nggak mau kejadian tugas 1 kemarin terulang lagi..

Yang kedua, tugas individu mata kuliah Basdat (Basis Data I) sudah selese.. Dikerjain tadi pagi dari jam 9 sampe jam 11 di lab komputer.. Meskipun agak2 nakal sedikit karena nggak masuk kuliah PPW.. Hehehe.. Sebenernya dibilang selese nggak juga sih, karena salah satu nomer di tugasnya masih ditulis tangan, belum digambar di komputer.. Insya 4JJI malam ini diselesaikan, karena besok mau didemoin ke asisten..

Yang ketiga, ini salah satu hal yang cukup penting yang membahagiakan gw hari ini.. Tadi siang, ba’da sholat Jum’at, ada seorang yang alhamdulillah mendapat hidayah dan masuk Islam.. Beliau (kalo tidak salah) namanya Yohanes Wahyu, katanya anak FIB.. Setelah sholat Jum’at, beliau mengucapkan dua kalimat syahadat, dan karena itu, beliau alhamdulillah masuk Islam, dan dijamin masuk surga.. Setelah dia mengucapkan dua kalimat syahadat, seluruh umat muslim yang nonton di MUI pada takbir, dan menyalami dan memeluknya satu persatu.. Gw juga termasuk yang menyalami dan memeluknya.. Ya Allah, merinding.. Alhamdulillah, engkau memberikan jalan kebenaran kepadanya..

Yang keempat, tadi sore sampai malam Fasilkom ramai banget.. Ada apa gerangan? Ada buka puasa bersama keluarga besar Fasilkom.. Semua staff, janitor, mahasiswa, orang kantin, satpam, tumplek blek jadi satu di aula, dengerin kajian, dan setelah adzan maghrib berkumandang, berbuka bersama.. Setelah sholat maghrib berjama’ah, kita makan bareng2.. Alhamdulillah, nuansa kebersamaan inilah yang bikin bahagia.. Ini cukup membuktikan bahwa kekeluargaan di Fasilkom masih kental..

Yang kelima, apa ya? Oh iya, jangan lupa teman-teman.. Sekarang sudah masuk 10 hari terakhir bulan Ramadhan.. Rasulullah SAW menyunahkan kita untuk i’tikaf (berdiam diri untuk ibadah di masjid).. Akan tetapi, sepertinya pemerintah dan pihak fakultas tidak menyadari bahwa 10 hari terakhir seharusnya menjadi hari yang di dalamnya kita full ibadah mendekatkan diri kepada Allah.. Kenapa? Karena pemerintah menetapkan cuti bersama pegawai negeri itu mulai dari hari senin tanggal 23.. Itu kira-kira H-1 lebaran.. Mepet banget bukan? Mahasiswa (terutama Fasilkom) sami mawon.. Bukannya diliburkan agar mahasiswanya bisa fokus ibadah, 10 hari terakhir Ramadhan yang sekaligus minggu terakhir kuliah sebelum libur Lebaran, malah diisi dengan Ujian-ujian, deadline-deadline tugas (gw sendiri ada 3 tugas yang deadlinenya minggu terakhir ini..) Yah, bagaimanapun, kita nggak boleh nyerah pada keadaan kan? Kita akalin aja.. Ngerjain tugasnya siang-siang, malamnya usahain ke masjid buat i’tikaf.. Paginya kuliah lagi.. Begitu seterusnya sampe lebaran.. Mudah2an gw sendiri juga bisa konsisten melakukan apa yang gw bilang itu.. Amin..

Mungkin cukup sekian cerita hari ini.. Berita bahagia harus dibagi-bagi, karena insya4JJI kalau orang lain bahagia juga karena kita, kita juga ikut senang kan?

Sekian postingan hari ini..
Assalamu’alaikum wr.wb..

Pujian dan Kritikan

Assalamu’alaikum wr.wb..

Gw baru nemu tadi, kalo gw itu orangnya nggak boleh dipuji.. Karena kalo dipuji dikit, gw langsung terbang setinggi langit.. Bener, ini nggak boong loh.. Kalo dipuji, gw jadi kehilangan keikhlasan (tadinya melakukan sesuatu karena Allah, setelah dipuji orientasinya jadi berbeda-karena ingin dipuji), gw jadi seperti lupa dengan kelemahan-kelemahan gw.. Padahal seharusnya gw mikirin kekurangan2 gw yang harus diperbaiki daripada mikirin pujian atas kelebihan gw yang, alhamdulillah, emang udah diberikan Allah SWT..

Oke teman2? Jangan pernah puji gw ya.. Gw suka banget dikritik, tapi jangan menggunakan bahasa to the point ya.. Pakailah bahasa kritikan yang indah, karena kadang2 gw orangnya perasa juga..

Oke teman2? Jangan pernah puji gw, dan sbagai gantinya banyak2lah kritik gw.. Oke?

Assalamu’alaikum…

Makhluk yang bernama SDA (2)

Assalamu’alaikum..

23:27
Aku malu: Pada diri sendiri, pada target yang telah gw buat, pada teman2 yang telah bersama-sama saling menyemangati.. Malu karena semua orang bisa ngerjain ini.. Malu karena semua orang tetap bersemangat sampai detik terakhir.. Malu karena gw terbukti kalah terhadap tantangan ini.. What a great mistake.. Astaghfirullah..

Bukannya menyerah atau apa, tapi setelah mengukur dan mengevaluasi kemampuan diri, gw memutuskan selesai mengerjakan tugas ini.. Ini jadi sebuah keberhasilan yang tertunda (baca: kegagalan =D ) yang sangat besar.. Ini evaluasi diri yang sangat besar..

Hikmah yang bisa diambil:
1. ( programming != mie instan )

Nggak ada lagi yang namanya ‘karir ngoding’ (ngambil istilahnya hening di blognya) instan.. Yang ada adalah ini:
“[edited]

Saya sharing pengalaman membuat tugas#1, sebelum membuat
program saya membuat konsep terlebih dahulu di kertas. Saya
membuat kasus-kasus untuk setiap perintah dan saya membuat
algoritma tertentu untuk setiap kasus. Semua itu dilakukan
di kertas. Setelah selesai membuat konsep, saya baru
membuat programnya berdasarkan konsep di kertas itu dan
terbukti lebih cepat, serta lebih bersih dari bug.
Jadi saya berharap dan memberi saran bagi teman-teman untuk
membuat konsep (kasus dan algoritma) sejelas-jelasnya di
kertas sebelum membuat program supaya dalam membuat program
mempunyai arahan yang jelas.

Semoga saran saya membantu.
Terima kasih.”

Itu adalah kata-kata Ricky Suryadharma, seorang Grand Master Programming di Fasilkom khususnya, dan Indonesia umumnya.. Ini nggak berlebihan lho..

2. Niat ngerjainnya harus dikuatkan
Itulah mengapa gw nggak selesai ngerjain tugas ini: Gw ketiduran dua malam berturut-turut.. Jadinya dua malam terlewat sia-sia..

3. Contoh dan tanyalah para ahli
Jangan gengsi, banyak2lah bertanya..

4. Malulah kalo orang lain bisa, cuma kita sendiri yang nggak bisa.
Jangan malah berapologi karena kita emang nggak ngerti.. Kalo hampir semuanya bisa, berarti emang suatu tugas itu emang bisa dikerjain dengan level kita.. Kalo kita menyerah dan kalah, itu artinya kitalah yang benar2 bodoh dan nggak normal..

5. Jangan mau cuma jadi programmer.
Jadi programmer itu capek.. Jadilah direkturnya!

Assalamu’alaikum..

Makhluk yang bernama SDA

Assalamu’alaikum..

20:46
Masih 20, dan insya Allah still counting up..
Mau menyerah, tapi malu dengan diri sendiri..
Nggak jadi nyerah ah.. Kan masih ada beberapa jam lagi..
Ayo semangat! Allahu Akbar!

Assalamu’alaikum..

Tugas Programming Baru, Semangat Baru!

Assalamu’alaikum..
Ada tugas programming baru! Tepatnya tugas programming untuk mata kuliah SDA (Struktur Data dan Algoritma)..

Ayo iLm@N.. Semangat! Jangan sampai jadi deadliner lagi ya..
Allahu Akbar!

Assalamu’alaikum..